Halo Sobat PinterKelas! Kamu pasti sering melihat berbagai hal yang berhubungan dengan bank. Saat ini, kita memang tidak bisa lepas dari bank dan perbankan. Sebelum memutuskan untuk terjun lebih dalam, baiknya kamu pelajari dulu pengertian bank deh!

pixabay.com

Bank itu tidak sekadar tempat menabung dan menarik uang tunai. Tidak sekadar itu. Ada fungsi lebih dari adanya sebuah bank. Mempelajari pengertian bank akan membuka wawasanmu secara lebih luas dari bank ini.

Setelah paham akan pengertian bank, kamu bisa menggunakan beberapa produk dari bank. Karena produk bank itu cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Nah, pilihanmu sudah tepat bila membaca artikel ini.

Pengertian Bank secara Singkat

Pertama, mari kita bahas pengertian secara singkat. Nah, bank adalah sebuah lembaga keuangan yang mempunyai wewenang untuk menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian disalurkan ke masyarakat pula dalam bentuk pinjaman modal.

Pinjaman modal ini nanti mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan diberi pinjaman, masyarakat bisa mengembangkan usaha. Bila usaha mampu berkembang dengan baik, alhasil kesejahteraan bisa didapatkan.

Istilah bank lahir dari Bahasa Italia. Berasal dari kata ‘banco’ yang artinya bangku. Yang dimaksud adalah bangku tempat operasional para bankir dulu dalam melayani nasabah yang datang.

Agar lebih mendunia, istilah ‘banco’ ini diubah menjadi bank. Saat ini dari belahan dunia manapun memahami istilah bank. Bahkan di tiap negara ada bank tersendiri yang memiliki wewenang untuk mengatur keuangan negara. Termasuk di Indonesia.

Pengertian Bank menurut Para Ahli

Para ahli pun memberi sumbangsih dalam memberi pengertian kepada bank. Nah, apa saja pengertian dari para ahli tersebut? Simak di bawah ini.

1. GM. Verryn Stuart

Menurut GM. Verryn Stuart, bank adalah badan usaha dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan kredit, baik dengan uang sendiri maupun uang yang diperoleh dari orang lain. Bank juga berperan dalam mengedarkan alat penukaran barang berupa uang.

2. Pierson

Bank adalah badan usaha penerima kredit tetapi tidak memberikan kredit. Dalam hal ini, bank dinilai hanya mampu menerima titipan saja. Atau tempat untuk menabung saja! Tidak mau menerima fungsi keuangan lain.

3. Jerry M. Rosenberg

Bank adalah sebuah organisasi/perusahaan yang melakukan penerimaan giro dan deposito dalam jangka waktu tertentu, memberi pinjaman, membayar bunga, membuat pencatatan diskon, melakukan investasi dalam pemerintah maupun surat berharga lain.

Nah, pemikiran Jerry M. Rosenberg sudah sangat sesuai dengan yang dilakukan sekarang. Sekarang ini fungsi bank semakin luas lagi!

4. Dr. B.N. Ajuha

Bank ialah tempat menyalurkan modal dari masyarakat yang tidak mendayagunakan uang tersebut untuk fungsi lebih produktif. Alhasil uang itu ditabung di bank agar memberi manfaat bagi yang membutuhkan dan membatasi penggunaan dari pemilik uang.

Prinsipnya bank menjadi pihak ketiga yang menjamin keuntungan bagi peminjam modal dan pemilik modal.

5. T. Gilarso

Bank ialah lembaga keuangan yang tugas pokoknya menghimpun dana, memberi pinjaman dan jasa, serta mengatur lalu lintas peredaran uang.

6. PSAK No. 31

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 31 menyatakan, bank ialah lembaga dengan peran sebagai perantara keuangan antara pihak yang memiliki kelebihan dana dan yang membutuhkan dana. Bank berperan sebagai pelancar lalu lintas perjalanan uang.

7. UU RI No. 10 Tahun 1998

Berdasarkan UU ini, bank memiliki pengertian sebagai badan usaha yang bertugas menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup khalayak.

Tujuan Bank

pengertian bank
pixabay.com

Bank didirikan dengan harapan untuk memenuhi beberapa tujuan. Inilah tujuan dari didirikan sebuah bank, antara lain:

  • Membantu pelaksanan pembangunan nasional
    Pembangunan nasional bila berjalan lancar akan mampu mencapai pemerataan, pertumbuhan ekonomi, serta kesejahteraan hidup bagi masyarakat.
  • Mengelola dan menghimpun dana
    Pada era serba celengan, ada resiko besar yang harus dialami oleh pemilik uang. Pencurian relatif besar, alhasil uang yang terkumpul raib secara sia-sia. Sejak ada bank, uang menjadi lebih aman. Sekaligus bisa membantu pihak yang memang butuh pinjaman.

Produk Bank

Bank bisa dibilang sebuah bisnis pula. Tentu pihak bank mendapat keuntungan dari aktivitas perbankan. Nah, sebagai sebuah lembaga profit, bank memiliki beberapa produk yakni:

  • Tabungan
  • Deposito
  • Jasa pengiriman uang (transfer)
  • Jasa pembayaran gaji, pensiun, dan lain-lain.
  • Jasa setoran berbagai keperluan seperti pembayaran tagihan air, tagihan telepon, listrik, dan lain-lain.
  • Penyedia kredit
  • Dan lain-lain

Sekarang produk bank semakin bertambah. Bahkan bank bisa membantu dalam mengatur kebutuhan seperti pendidikan maupun kesehatan. Jadi memang perbankan itu benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Fungsi Bank

Fungsi bank secara umum adalah sebagai pihak yang menghimpun serta menyalurkan dana kepada masyarakat. Nah, secara detail, ada lagi nih fungsi dari bank. Simak di bawah ini:

1. Agent of Trust

Menitipkan uang pada seseorang terkadang tidak dianggap cukup meyakinkan. Namun, orang-orang mau menitipkan uang di bank. Ini berarti ada kepercayaan yang ditaruh masyarakat kepada bank.

Masyarakat percaya bahwa uang yang dititipkan itu dijaga dengan baik. Juga uang itu bisa diambil kapan pun. Bank dipercaya mampu menjaga uang titipan. Itulah prinsip dari agent of trust.

2. Agent of Development

Pembangunan infrastruktur maupun bisnis harus terus tumbuh demi kemajuan bangsa. Namun, pembangunan akan macet bila tidak diiringi dari segi finansial. Bank mampu menjamin urusan finansial.

Uang terhimpun tadi bisa disalurkan bagi pihak yang menginginkan investasi maupun kegiatan ekonomi lain. Alhasil proses pembangunan berjalan dan masyarakat bisa mengalami perkembangan karena hal ini.

3. Agent of Service

Bank pada dasarnya adalah menjalankan bisnis dibidang jasa. Semua produk yang disediakan berupa jasa. Itulah mengapa bank disebut sebagai agent of service.

Jenis Bank

pengertian bank
pixabay.com

Ada berbagai jenis bank di dunia, simak di bawah ini:

1. Berdasarkan Fungsi

a. Bank Sentral : bank milik negara untuk mengawasi aktivitas keuangan negara.
b. Bank Umum : melakukan aktivitas bisnis perbankan secara konvensional/syariah dan berperan memberi jasa lalu lintas pembayaran.
c. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) : bank bertugas menghimpun dana lalu menyalurkan saja. Tidak ada fungsi lain.

2. Berdasarkan Kepemilikan

a. Bank Milik Negara : Kepemilikan berada di tangan negara
b. Bank Milik Swasta : Milik perusahaan swasta
c. Bank Milik Asing : Milik asing
d. Bank Campuran : Kepemilikan kolaborasi dari berbagai kepemilikan

3. Berdasarkan Status

a. Bank Devisa : Bank untuk transaksi secara internasional tanpa batas.
b. Bank Non Devisa : Bisa transaksi ke negara tetapi terbatas.

4. Berdasarkan Cara Menentukan Harga

a. Bank Konvensional : Dijalankan sesuai dengan tingkat suku bunga
b. Bank Syariah : Dijalankan sesuai dengan aturan syariah Islam

Itulah penjelasan mengenai pengertian bank. Semoga bermanfaat ya!

Baca juga :
1. Informasi Lengkap Sistem Ekonomi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!
2. Ini Lho Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli Lengkap dengan Unsur, Fungsi, dan Jenisnya

Author