Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki keunggulan masing-masing. Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan membuat kedua makhluk itu berbeda. Apakah memang perbedaan itu benar-benar membuat keduanya sangat berbeda?

perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
markijar.com

Untuk mempelajari materi sel, memang paling tepat bila memulai dengan mempelajari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Kedua makhluk hidup ini berperan bagi manusia. Alangkah lebih baik bila kita mengetahui secara detail sel keduanya.

Ketika kamu mampu memahami perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, maka nanti akan lebih mudah dalam memanfaatkan kedua makhluk hidup ini. Perbedaan sel ini berpengaruh pada setiap aktivitas. Bila ingin memanfaatkannya maka harus tahu mekanisme hidup hewan dan tumbuhan.

Pengertian Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sebelum membahas mengenai perbedaan kedua sel ini, alangkah lebih baik bila membahas mengenai pengertian keduanya. Sel hewan adalah satuan unit terkecil dari hewan yang akan mengatur seluruh aktivitas hewan.

Sedangkan sel tumbuhan adalah satuan unit terkecil dari tumbuhan yang berperan dalam mengatur hidup tumbuhan. Meskipun kecil, peran sel itu sangat besar lho! Bahkan aktivitas hewan dan tumbuhan bisa terganggu bila kondisi sel sedang tidak sehat.

Kamu tahu kanker kan? Kanker itu berupa sel, tetapi sel itu mengalami kelainan. Hanya karena satu sel kanker, seluruh organ manusia bisa rusak. Alhasil bisa berujung kematian. Ingat, hanya dari satu sel saja.

Oleh karena itu, urusan sel itu tidak bisa diabaikan. Sel harus dipastikan agar selalu sehat. Termasuk bagi tumbuhan dan hewan. Kerusakan satu sel bisa mempengaruhi kinerja organ lain.

Itulah pentingnya sel. Kecil-kecil tapi berperan besar.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Sel hewan itu lebih kecil. Bentuknya tidak tetap, memiliki sentrosom dan lisosom, tidak memiliki dinding sel, vakuola, dan plastida. Sedangkan sel tumbuhan bentuknya lebih besar. Memiliki dinding sel, plastida, dan vakuola.

Itu perbedaan secara ringkas. Sedangkan detailnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Karakteristik Sel Hewan

  1. Ukuran sel lebih kecil daripada sel tumbuhan.
  2. Tidak memiliki plastida (kloroplas)
  3. Tidak mempunyai dinding sel
  4. Memiliki sentrosom
  5. Mempunyai lisosom
  6. Bentuk sel tidak tetap
  7. Tidak memiliki vakuola. Dan bila ada yang memiliki pun pasti ukurannya kecil.

Karakteristik Sel Tumbuhan

  1. Bentuknya lebih besar daripada sel hewan
  2. Hampir semua tumbuhan memiliki plastida (kloroplas)
  3. Mempunyai dinding sel dan membrane sel
  4. Tidak memiliki sentrosom
  5. Tidak mempunyai lisosom
  6. Bentuk sel tetap
  7. Memiliki vakuola berukuran besar dengan jumlah banyak.

Sudah jelas kan perbedaan antara kedua sel tersebut? Bila masih kurang, akan dijelaskan lagi.

Pembahasan Mengenai Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Tidak lengkap bila tidak disertai penjelasan lebih lengkap kan? Kamu mau penjelasan lebih detail dan lengkap? Simak di bawah ini ya!

1. Ukuran dan Bentuk Sel

Pada umumnya, sel tumbuhan memiliki ukuran sel relatif lebih besar. Sedangkan sel hewan berukuran lebih kecil. Mengenai bentuk, sel milik tumbuhan berbentuk persegi panjang. Mantap dan keras. Sel hewan selain kecil pun bentuknya bulat.

2. Organel Lisosom

Organel lisosom hanya dimiliki oleh sel hewan. Lisosom berada di dalam sitoplasma. Terdapat sejumlah enzim di dalam lisosom yang membantu proses pencernaan intraseluler alias pemecahan zat di dalam sel hewan. Sedangkan tumbuhan tidak memiliki organel ini.

3. Organel Plastida/Kloroplas

Kamu pasti sudah akrab dengan klorofil kan? Nah, plastida inilah yang berperan dalam menciptakan kloroplas atau klorofil. Kloroplas sangat berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan. Tanpa adanya kloroplas atau zat hijau daun, maka tumbuhan tidak akan melakukan proses fotosintesis.

Sedangkan hewan tidak memiliki organel ini. Sebab hewan adalah organisme heterotrof yang tidak mampu membuat makanan sendiri. Tumbuhan merupakan autotrof karena mampu membuat makanan sendiri.

4. Organel Dinding Sel

Sel tumbuhan saja yang memiliki dinding sel dan membrane plasma. Dinding sel memiliki fungsi untuk memberi pertahanan pada bentuk sel dan melindungi sel tumbuhan. Organel ini terdiri dari selulosa dan hemiselulosa.

Hewan tidak memiliki dinding sel tetapi memiliki membran plasma. Fungsi membrane plasma hampir sama dengan dinding sel. Yakni sebagai batas luar dari sel hewan.

5. Organel Vakuola

Umumnya sel tumbuhan memiliki vakuola. Vakuola sel tumbuhan berukuran besar dengan jumlah cukup banyak. Organel ini mengandung air, cadangan makanan, zat sisa, dan zat terlarut lain. Organel ini biasa disebut gudang sel.

Segala hal yang sisa dan masih bisa digunakan biasanya akan diolah di vakuola agar bisa dimanfaatkan kembali. Sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki sel semacam ini.

Dari uraian di atas, kamu sudah tahu dong mengenai perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya. Perbedaan mendasar itu memang harus ada karena kedua makhluk hidup itu memiliki aktivitas yang juga berbeda.

Kalau dengan manusia akan lebih berbeda pula. Ini membuktikan bahwa makhluk hidup diciptakan berbeda-beda sesuai dengan aktivitas yang biasa dilakukan. Jadi bersyukurlah ya guys!

Persamaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan sudah dibahas, lantas apa sih persamaan dari kedua sel tersebut? Perbedaan ada sedikit. Hanya sebanyak 7 poin saja, yang berarti terdapat lebih banyak persamaan dari sel hewan dan tumbuhan.

Apa saja persamaannya? Simak baik-baik di bawah ini:

1. Membran Plasma

Sel hewan dan tumbuhan sama-sama memiliki membrane plasma. Ini dikarenakan kedua sel ini merupakan bagian dari sel eukariotik. Yang mana di luar sel terdapat sebuah lapisan yang berfungsi untuk melindungi sel dari lingkungan luar.

2. Sitoplasma

Persamaan kedua adalah dengan adanya sitoplasma pada kedua sel ini. Apa sih pengertian dari sitoplasma? Yakni cairan dari sebuah sel. Sitoplasma adalah cairan yang tersusun atas air, protein, mineral, lemak, dan enzim-enzim. Sitoplasma akan melumasi sel agar bisa aktif bergerak.

3. Beberapa Organel

  • Nukleus
    Baik sel hewan dan sel tumbuhan sama-sama memiliki nucleus (inti sel). Organel ini berfungsi sebagai pengatur dari seluruh kegiatan sel. Terdapat DNA di dalam organel ini.
  • Retikulum Endoplasma (RE)
    RE berfungsi sebagai penampung protein yang telah disintesis oleh ribosom, dan tempat pembentukan dinding sel.
  • Mitokondria
    Nah, inilah organ terbesar di dalam sel hewan maupun tumbuhan. Tempat pembentukan energi pada sel terdapat di mitokondria. Aktivitas respirasi pun terjadi di organel ini.
  • Badan Golgi
    Badan golgi berfungsi untuk tempat ekskresi sel. Hampir sama fungsinya seperti ginjal. Sintesis polisakarida terdapat di organel ini.

Persamaan sudah, perbedaan juga sudah dibahas semua. Sekarang kamu sudah tahu dong detail mengenai kedua sel ini. Semoga artikel sederhana ini mampu menambah pengetahuanmu. Semoga nanti bisa menjawab soal tentang sel hewan dan sel tumbuhan dengan benar.

Author