Halo Sobat PinterKelas! Selama ini sudah familiar dengan ilmu ekonomi bukan? Nah, untuk memenuhi kebutuhan, manusia selalu melakukan aktivitas ekonomi. Bila kamu ingin meningkatkan kondisi ekonomi, kamu perlu mengetahui pengertian ilmu ekonomi terlebih dahulu.

pengertian ilmu ekonomi
pixabay.com

Kehidupan kita ini sama sekali tidak bisa lepas dari urusan ekonomi. Dulu sebelum ada uang, kebutuhan didapatkan dengan cara tukar menukar. Atau disebut pula barter. Kini setelah ada uang, semua menjadi semakin kompleks. Itulah mengapa kamu harus paham pengertian ilmu ekonomi.

Bila kamu sudah mengerti pengertian ilmu ekonomi, perlahan kamu bisa melakukan berbagai aktivitas ekonomi yang kompleks. Dengan begitu, kehidupanmu akan menjadi lebih baik dari keadaan sekarang. Sudah siap untuk belajar?

Pengertian Ilmu Ekonomi secara Umum

Ilmu ekonomi memiliki banyak pengertian, terlebih dari sumbangan pikiran para ahli. Namun, ada pengertian umum yang bisa dipelajari secara cepat. Karena pengertian ini merupakan kesimpulan dari pengertian yang disumbangkan oleh para ahli.

Pengertian ekonomi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya baik secara perorangan, kelompok, masyarakat, hinga negara dengan tujuan untuk mencapai kemakmuran.

Nah, ekonomi sendiri berasal dari Bahasa Yunani. Terdiri dari kata ‘Oikos’ berarti keluarga/rumah tangga dan ‘Nomos’ berarti hukum/tata aturan. Bisa disimpulkan bahwa ekonomi adalah tata aturan dalam pengelolaan rumah tangga.

Secara khusus, ilmu ekonomi mengkaji segala perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Yang sebagian besar perilaku dipengaruhi oleh kondisi finansial. Yakni uang yang juga berfungsi sebagai alat tukar.

Pengertian Ilmu Ekonomi menurut Para Ahli

Para ahli telah melakukan pengkajian terhadap ilmu ekonomi melalui berbagai riset dan observasi. Sehingga terwujudlah definisi oleh masing-masing ilmuwan. Agar pengertian ekonomi menjadi semakin jelas, mari simak dari beberapa paparan ahli berikut ini:

1. Adam Smith

Selaku Bapak Ekonomi, Adam Smith menuturkan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari perbuatan manusia dalam mengelola sumber daya terbatas maupun tidak terbatas untuk memenuhi satu tujuan tertentu di dalam hidup.

2. Karl Marx

Karl Marx mengungkapkan, ilmu ekonomi ialah ilmu yang berisi pelajaran tentang cara-cara manusia bertahan hidup di dalam struktur kelas sosial yang hubungannya ditentukan oleh pemanfaatan sarana produksi.

3. John Stuart Mill

Pengertian ekonomi menurut John Stuart Mill adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal seputar pengeluaran dan penagihan.

4. Jean-Baptiste Say

Pengertian ekonomi menurut Jean-Baptiste Say adala ilmu yang menjadi cabang dari berbagai kajian mengenai peraturan yang mampu menentukan tingkat kekayaan seseorang.

5. Max Weber

Menurut Max Weber, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pembentukan pola tindakan sosial dan tindakan ekonomi berdasarkan nilai tertentu yang telah diyakini seseorang.

6. Thorstein Veblen

Menurut Thorstein Veblen, ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kemampuan manusia dalam menentukan pilihan produksi, konsumsi, dan distribusi sesuai dengan selera, perasaam, serta nilai kebudayaan dalam lingkungannya.

7. Mohammad Hatta

Definisi ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari proses tercapainya kesejahteraan dan keadalian sosial atas masyarakat.

8. John Maynard Keynes

Ilmu ekonomia dalah ilmu yang mempelajari kondisi kemakmuran sebuah negara yang membutuhkan intervensi dari pemerintah agar tercapai suatu kondisi perekonomian ideal menurut versi tertentu.

Konsep Ilmu Ekonomi

pengertian ilmu ekonomi
pixabay.com

Ada konsep dasar di dalam ilmu ekonomi. Hal ini menentukan bagaimana ilmu ini akan diterapkan. Nah, beberapa konsep dasar itu antara lain:

1. Kegiatan Ekonomi

Ada tiga kegiatan utama dalam ekonomi, yakni:

a. Produksi

Usaha untuk membuat sebuah produk dengan nilai guna lebih dengan memanfaatkan sumber daya tertentu agar bisa dimanfaatkan oleh manusia.

b.Konsumsi

Aktivitas penggunaan barang dan jasa yang telah dibuat dari proses produksi. Tingkat konsumsi tiap manusia berbeda tergantung dengan penghasilan dan kebudayaan setempat.

c. Distribusi

Merupakan kegiatan penyaluran atau penyebaran barang yang diproduksi kepada konsumen sebagai pihak yang mengonsumsi.

2. Tindakan Ekonomi

Manusia dalam rangka mempertahankan hidup akan melakukan tindakan ekonomi tertentu. Ada dua aspek yang mengatur tindakan ekonomi, yakni:

a. Tindakan Rasional

Tindakan berkaitan dengan usaha manusia dalam menentukan pilihan terbaik dan paling menguntungkan yang jelas sesuai dengan kenyataan.

b. Tindakan Irasional

Tindakan berkaitan dengan usaha manusia dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan, tetapi sayangnya tidak sesuai dengan realita.

3. Motif Ekonomi

Selalu ada motif atau niat tertentu ketika seseorang melakukan suatu tindakan di dalam bidang ekonomi. Motif itu antara lain:

a. Motif Intrinsik

Tujuan/motif yang sumbernya berasal dari diri sendiri untuk melakukan suatu tindakan tertentu.

b. Motif Ekstrinsik

Tujuan/motif yang sumbernya berasal dari orang lain/luar individu ketika hendak melakukan sebuah tindakan tertentu.

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

Dalam mengkaji ilmu ekonomi, biasanya dilakukan dengan menggunakan dua metodologi, yakni:

a. Metode Induksi

Yakni dilakukan dengan mengumpulkan berbagai kejadian ekonomi di kehidupan nyata lalu menyusunnya secara sistematis sehingga mendapatkan sebuah kesimpulan umum.

b. Metode Deduksi

Yakni dilakukan dengan menganalisis berbagai teori ekonomi tertentu lalu dipelajari dengan baik sehingga mampu menemukan sebuah kesimpulan khusus.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi memiliki manfaat luar biasa, terlebih dalam hal pemenuhan kebutuhan dalam mencapai kemakmuran. Nah, manfaat dari ilmu ekonomi bagi manusia antara lain:

  1. Membantu manusia untuk memahami pola tindakan dari sebuah masyarakat sehingga bisa diteliti untuk kepentingan ilmu pengetahuan
  2. Memberi masukan kepada manusia dalam rangka mengambil keputusan atas setiap tindakan ekonomi.
  3. Membantu memberi pengertian atas potensi dan keterbatasan dari sebuah kebijakan ekonomi hingga selanjutnya akan dilakukan evaluasi.
  4. Meningkatkan rasa peka manusia teradap permasalahan ekonomi baik skala lokal maupun global.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

pixabay.com

Ada dua pembagian penting dari ilmu ekonomi sesuai dengan ruang lingkupnya, yakni ekonomi mikro dan makro. Dengan pembagian itu, akan tercipta batasan jelas pada pembahasan materi.

1. Ekonomi Makro (Macro Economic)

Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari keseluruhan perilaku ekonomi melalui penggunaan berbagai faktor produki secara efisien demi tercapai kemakmuran masyarakat yang maksimal.

Kegiatan ekonomi dalam cabang ilmu ini diukur dari pendapatan. Berbeda pendapatan akan berbeda pula perilaku ekonominya.

2. Ekonomi Mikro (Micro Economic)

Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai aspek individual dalam melakukan sebuah tindakan ekonomi. Ilmu ini menggunakan analisis konsumen dan produsen di dalam sebuah pasar.

Penentuan tindakan ekonomi diukur dari harga. Pada harga tertentu akan menghasilkan suatu tindakan tertentu. Mikro ekonomi sering disebut sebagai teori harga.

Itulah penjelasan singkat, padat, dan tentu saja jelas mengenai pengertian ilmu ekonomi. Sudah dijelaskan secara umum dan menurut para ahli. Ilmu ini terbilang sederhana jadi kamu pasti tidak akan merasa kesulitan ketika mempelajarinya.

Semoga artikel ini memberi pandangan baru mengenai ilmu ini. Semoga bermanfaat dan jangan pernah lelah untuk belajar.

Baca juga :
1. Informasi Lengkap Sistem Ekonomi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya!
2. Mudah! Ini Cara Menghitung Pendapatan Nasional

Author