Hai sobat PinterKelas. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagian bagian bunga nih. Apakah di antara kalian ada yang sudah pernah menerima materi ini? Jika sudah, perdalam lagi yuk agar kalian makin pinter!

Oh ya, sering kali kita melihat bunga di lingkungan kita. Baik di pekarangan maupun di taman bahkan di alam bebas. Saat kita amati satu bunga dengan bunga yang lain ternyata beda ya sob? Entah itu dari segi bentuk, warna maupun ukuran dan aromanya. Bagian bagian bunga juga menjadi pembeda antara bunga yang satu dengan yang lainnya.

Jenis – Jenis Bunga

Tahukah kalian bahwa bunga juga terbagi menjadi 2 jenis?

Ya, bunga memang terbagi dari 2 jenis yaitu bunga lengkap atau bunga sempurna dengan bunga tak lengkap atau bunga tak sempurna.

Bagian bagian bunga sempurna lebih lengkap dibandingkan bunga tak sempurna. Yang membedakan dari keduanya adalah kelengkapan masing – masing bagiannya.

Bagian bagian bunga sempurna :

  1. Putik bunga
  2. Benang sari
  3. Mahkota bunga
  4. Bakal biji
  5. Kelopak bunga
  6. Dasar bunga
  7. Tangkai bunga

Berikut adalah gambar bagian – bagian bunga lengkap atau sempurna :

bagian bagian bunga
mengakujenius.com

Itulah bagian bunga sempurna, lain halnya dengan bagian bunga tak sempurna. Bagian – bagiannya tidak selengkap bunga sempurna.

Lalu, apa saja bagian bunga tak sempurna?

Secara umum bunga tak sempurna hanya memiliki putik saja atau benang sari saja. Contohnya adalah bunga jagung, bunga pepaya dan sebagainya.

Aroma Bunga

Saat kita mencium aroma bunga rose atau yang lebih terkenal dengan bunga mawar maka semerbak wanginya akan terasa sekali dirongga hidung. Wangi dan menenangkan aromanya.

Namun tak semua bunga memiliki aroma wangi loh. Ada yang tidak beraroma ada pula yang beraroma menyengat seperti bunga bangkai.

Nah pada kesempatan ini kita akan kupas tuntas tentang bunga yang cukup aneh ini. Ya, bunga bangkai. Bernama latin raflesia arnoldi. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh Joseph Arnold pada tahun 1818 di hutan hujan Indonesia.

Bunga ini kemudian dijuluki bunga bangkai karena aromanya yang menyengat seperti bangkai. Lain halnya dengan bunga – bunga pada umumnya yang memiliki aroma harum.

Selain dijuluki sebagai bunga bangkai, bunga ini juga ada yang menyebutnya bunga raksasa sebab ukurannya memang sangat besar dibandingkan bunga pada umumnya. Diameter bunga ini mencapai 20 cm bahkan ada yang lebih.

Oh iya sobat PinterKelas. Ngomong – ngomong soal bagian dari bunga, bunga bangkai ini memiliki bagian yang berbeda dengan jenis bunga lain misalnya seperti bunga matahari.

Nah seperti apa bagian bagiannya bunga bangkai? Yuk perhatikan gambar di bawah ini!

Gambar Bunga Bangkai

mongabay.co.id

Ini lho bagiannya yang ada pada bunga bangkai:

  1. Annulus luar
  2. Annulus dalam
  3. Anther
  4. Cakram
  5. Helai perigon
  6. Jendela
  7. Diaphragma
  8. Lubang diaphragma
  9. Prosesi
  10. Gigir cakram
  11. Bercak
  12. Tabung perigon
  13. Ramenta
  14. Kolom tega
  15. Brakta
  16. Kopula
  17. Inang

Itulah bagian dari bunga bangkai yang merupakan inti dari bahasan kali ini. Ternyata bagiannya berbeda dengan bunga lain ya guys …! Sangat kompleks dan unik. Tentu itu membuatnya lebih menarik.

Nah sudah kita kupas tentang bagian bagian bunganya, sekarang kita cari tahu ciri -ciri nya yuk! Siapa tahu salah satu dari sobat PinterKelas ada yang belum pernah lihat bunga unik yang satu ini sebab keberadaannya juga sudah langka.

Sebelum masuk ke ciri – ciri, amati dahulu gambar berikut!

bagian bagian bunga
bobo.grid.id

Nah, ke dua gambar di atas merupakan gambar bunga bangkai ya sob! Meskipun bentuknya berbeda namun kedua bunga itu memiliki ciri yang hampir sama. Kesamaan yang paling kentara di antara keduanya adalah aromanya yang tidak enak.

Ciri – Ciri Bunga Bangkai

Yuk langsung saja simak apa saja yang menjadi ciri-ciri umum dari bunga bangkai. Berikut daftarnya!

1. Menghasilkan aroma busuk

Layaknya bangkai, bunga ini mengeluarkan bau yang tak sedap dan menyengat. Sehingga tidak heran jika bunga ini kemudian disebut sebagai bunga bangkai. Tentunya lain sekali dengan bunga lain seperti bunga melati, mawar ataupun bunga Wijaya Kusuma.

2. Tidak berbatang

Kenali ciri ini! Bunga bangkai tidak memiliki batang melainkan langsung tumbuh dari tanah. Coba kalian perhatikan gambar di atas tadi!

3. Memiliki ukuran yang besar

Bunga bangkai pada umumnya memang memiliki ukuran yang besar, sekalipun besarnya bunga bangkai ini ditentukan oleh kondisi alam sekitar. Di daerah yang lembab, bunga ini akan tumbuh lebih besar dibandingkan dengan bunga bangkai yang tumbuh di daerah yang kurang lembab.

4. Warna

Ciri – ciri warna tumbuhan ini adalah merah hati agak keungu – unguan. Satu jenis bunga bangkai lainnya adalah berwarna jingga dan terdapat titik – titik.

5. Pemakan daging atau serangga

Apakah kalian pernah membaca atau belajar mengenai tumbuhan kantong semar? Jika sudah, bunga bangkai ini memiliki ciri mirip dengan kantong semar yaitu tumbuhan yang memakan serangga. Unik ya? Seperti punya mulut saja.

Ke lima ciri di atas seharusnya dapat mengantarkan imajinasi kalian tentang bunga bangkai. Apalagi jika kalian sudah mengamati gambarnya. Jika kalian hidup di lingkungan desa, paling tidak kalian pernah menjumpai bunga yang super unik ini.

Dahulu bunga bangkai tumbuh begitu saja di alam. Namun, saat ini telah dibudidayakan atau telah diadakan konservasi terhadap bunga bangkai dikarenakan jumlahnya yang semakin langka.

Ada yang menyebut, bunga bangkai ini merupakan bunga dari tanaman suweg. Apakah kalian mengerti apa itu suweg? Suweg adalah jenis umbi – umbian yang banyak mengandung pati. Di daerah jawa timur kini suweg telah di budidayakan sebagai bahan baku pembuatan pangan yaitu jelly.

Nah, jadi kalian gak perlu lagi ragu memakan suweg ya, mentang – mentang bunganya bau bangkai kemudian menyimpulkan bahwa umbinya beracun. Malahan kandungan pati yang ada pada suweg baik untuk pencernaan. Tuh, buktinya di budidayakan sebagai tumbuhan pangan.

Sekali lagi, bagian bunga bangkai tidak sama dengan halnya bunga mawar atau bung lain ya. Sebab, kelengkapan bunga ini sangatlah berbeda. Struktur bunganya pun sangat jauh berbeda dengan bunga – bunga lain yang ada.

Nah,bagaimana sobat? Sudah paham kah dengan materi yang dijabarkan di atas? Jika kalian masih belum merasa puas dengan hanya melihat contoh gambarnya, kalian bisa kok mencarinya di sekitar atau datang ke lokasi dimana bunga bangkai ini di konservasi.

Salam lestari untuk kalian sobat PinterKelas yang peduli dengan keragaman tumbuhan. Sampai di sini dulu bahasan kita kali ini, sampai berjumpa lagi di materi berikutnya ya! Bye bye … !

Baca juga :
1. Mengenal Secara Lengkap Tumbuhan Paku yang Sangat Unik!
2. Lengkap! 15 Gambar Flora Berdasarkan Penyebaran Wilayahnya di Indonesia