Halo Cerdikawan? Kalian pernah merasa tidak bisa mendapatkan suatu barang yang kalian sedang butuhkan pada saat itu juga? Nah, kalian tahu ga nih tentang barang substitusi? Barang substitusi masuk ke dalam pembahasan mata pelajaran akuntansi (ekonomi). Namun tidak menutup kemungkinan barang substitusi dapat membantu kalian ketika tidak bisa mendapatkan barang yang sedang dibutuhkan. Apa sih maksud dari barang substitusi? Kira-kira apa saja yang termasuk dari barang substitusi? Kenapa barang substitusi bisa membantu mencari alternatif pilihan ya? Yuk kita mulai saja pembahasan lengkapnya!

Apa yang Dimaksud ‘Barang Substitusi’?

Barang subtitusi adalah barang yang saling memenuhi kebutuhan manusia, dengan barang yang berbeda tetapi mempunyai kedudukan yang sama. Artinya barang substitusi adalah barang yang berbeda tapi saling menggantikan fungsinya dengan sempurna. Maka, apabila tidak ada barang yang satu, maka dapat digantikan dengan barang lainnya.

Keberadaan barang substitusi ini sangat membantu bagi manusia untuk memiliki pilihan alternatif sebagai pemuas kebutuhannya. Selain itu, keberadaan barang substitusi ini pun memungkinkan manusia agar tak perlu khawatir kekurangan jumlah barang atau jasa, karena selalu ada pengganti atau opsi lain yang memiliki fungsi sama atau serupa.

Contoh-contoh Barang Substitusi

Kompor Listrik dengan Kompor Gas

Sekarang ini merupakan era kecanggihan tekhnologi yang telah merambah ke berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari. Kompor listrik merupakan salah satu bentuk perkembangan tekhnologi sebagai alat yang dapat membantu memudahkan urusan manusia. Kompor listrik harganya cukup mahal dibanding dengan jenis kompor lainnya. Meskipun kompor listrik tidak membutuhkan gas dan bahan bakar, kelemahannya adalah tidak bisa dioperasikan ketika tidak ada sumber listrik karena mengandalkan tenaga listrik.

Contohnya jika mati listrik, kompor listrik tidak dapat digunakan. Kompor gas dapat menjadi pilihan alternatif sebagai alat bantu manusia mengolah pangan menggantikan kompor listrik dengan fungsi yang sama.

foto oleh Pablo García Saldaña @ unsplash.com

Transjakarta dengan Commuter Line

Masyarakat Indonesia saat ini memiliki beberapa pilihan transportasi umum yang telah disediakan oleh pemerintah untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Transjakarta merupakan salah satu pilihan moda transportasi umum yang memiliki akses cukup mudah dengan banyak titik pemberhentian (halte) di berbagai wilayah sekitar Jakarta.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk tidak dapat menggunakan Transjakarta sebagai salah satu opsi transportasi umum. Misalnya, ketika ingin pergi ke suatu tempat titik lokasi yang dituju tidak memungkinkan untuk menggunakan Transjakarta karena terlalu jauh atau bahkan tidak dilewati. Kita dapat menggunakan layanan transportasi umum lainnya seperti misalnya Commuter Line. Commuter Line dapat menggantikan Transjakarta sebagai salah satu opsi transportasi umum untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam menjalani aktiftas sehari-hari.

Transportasi Umum dengan Ojek Online

Transportasi umum merupakan fasilitas dari pemerintah untuk dapat digunakan oleh masyarakatnya. Namun dengan kondisi lalu lintas yang sangat sering terjadi macet, terkadang transportasi umum justru akan lebih memakan waktu.

Beberapa tahun belakangan, muncul fenomena menjamurnya jasa transportasi ojek online. Jasa transportasi ojek online ini hadir dengan berbagai konsep yang menarik, menawarkan berbagai keuntungan salah satunya adalah biaya yang mampu bersaing dengan opsi-opsi transportasi umum dan efisisensi. Dengan fungsi yang sama, ojek online dapat menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat Indonesia dalam mobiltasnya sehari-hari menggantikan transportasi umum.

Senter dengan Lilin

Lampu senter biasanya digunakan ketika membutuhkan alat bantu penerangan saat listrik tidak dapat digunakan. Contohnya adalah ketika sedang mati listrik atau sedang berada di tempat yang sulit menjangkau tenaga listrik misalnya di daerah pelosok. Namun jika kita tidak bisa menggunakan senter, lilin bisa menjadi alternatif sebagai alat bantu penerangan saat listrik tidak tersedia. Maka, lilin dapat memenuhi kebutuhan kita akan alat bantu penerangan saat listrik tidak tersedia menggantikan senter.

Beras dengan Jagung dan Singkong

Masyarakat Indonesia menjadikan beras sebagai salah satu kebutuhan pokok pada kehidupan seharai-hari. Beras dapat diolah menjadi nasi sebagai sumber karbohidrat utama dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, kedudukan beras dapat digantikan oleh jagung dan singkong sebagai fungsi yang sama.

Misalnya, di saat sedang membutuhkan beras untuk dimasak menjadi nasi tapi persediaan beras di pasar sedang sulit, jagung dan singkong dapat menggantikan nasi. Jagung dan singkong dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat pada tubuh kita untuk menghasilkan energi seperti pada beras.

Pulpen dengan Pensil

Ketika menulis di atas kertas atau buku, kita membutuhkan alat tulis agar bisa menghasilkan tulisan. Pulpen adalah salah satu alat tulis yang sering kali digunakan yang berfungsi sebagai alat untuk menghasilkan coretan huruf atau angka di atas buku atau kertas. Namun, pulpen dapat digantikan dengan pensil sebagai fungsi yang sama.

Misalnya ketika sedang mencatat penjelasan guru di kelas, tapi lupa membawa pulpen atau pulpen tiba-tiba habis tintanya, pensil dapat dijadikan sebagai alternatif alat untuk menulis. Maka, pensil dapat memenuhi kebutuhan kita akan alat tulis untuk dapat menghasilkan tulisan seperti pada pulpen.

penjelasan barang substitusi dan barang komplementer

Nasi dan Mie Instan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nasi bagi masyarakat Indonesia adalah sumber energi yang paling sering menjadi pilihan sebagai menu utama dalam kebutuhan pangan. Namun, ada kalanya ketika kita tidak bisa mendapatkan nasi sebagai menu utama.

Contohnya adalah ketika kondisi ekonomi sedang melemah dan dengan harga beras yang cukup membutuhkan biaya, kita dapat menggantinya dengan mie instan. Harga mie instan yang terbilang terjangkau, dapat dengan mudah didapatkan jika dibandingkan dengan harga beras atau nasi yang ditambah lauk pauk lainnya sebagai pilihan menu. Jadi, mie instan dapat memenuhi kebutuhan kita akan karbohidrat untuk dapat menghasilkan energi seperti pada nasi.

Produk Makanan Diolah dengan Produk Makanan Kemasan

Saat ini kita dihadapkan dengan berbagai pilihan yang lebih mengutamakan sisi kepraktisan. Salah satunya adalah berbagai pilihan produk makanan dan minuman yang tersebar di pasaran. Banyaknya varietas produk pangan dalam kemasan ini disebabkan oleh semakin tingginya permintaan pasar akan produk pangan yang praktis untuk dikonsumsi. Alasannya dapat berbagai macam, tapi efisiensi terhadap waktu dan energi merupakan alasan utamanya.

Misalnya saja saat kita sedang terburu-buru. Atau juga di saat tidak memiliki waktu untuk mengolah makanan yang cenderung menghabiskan banyak waktu dan energi, kita dapat menggantikan produk makanan tersebut dengan produk makanan kemasan atau cepat saji. Contohnya adalah mengonsumsi produk makanan kalengan untuk mengganti produk makanan yang harus diolah terlebih dahulu. Maka, produk-produk pangan dalam kemasan tersebut dapat menjadi alternatif dengan fungsi serupa dari produk pangan yang diolah sendiri.

Premium dengan Pertalite

Bagi para pengguna kendaraan bermotor, bahan bakarnya didapatkan melalui SPBU yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini, bahan bakar jenis premium adalah bahan bakar dengan harga yang paling murah dibandingkan dengan jenis bahan bakar lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu, saat ini bahan bakar premium semakin langka untuk didapatkan. Pemerintah beberapa waktu belakangan mengeluarkan jenis bahan bakar baru yang disebut pertalite dengan beberapa keunggulan kualitas dibanding bahan bakar premium. Walupun harganya sedikit lebih mahal, pertalite dapat dijadikan alternatif pilihan sebagai pengganti premium.

foto oleh Javier Allegue Barros @ unsplash.com

Sofa dengan Kursi

Sofa adalah salah satu perabot rumah tangga yang dibutuhkan di dalam rumah. Fungsi dari sofa sendiri adalah sebagai tempat untuk duduk yang nyaman karena bahan yang digunakan cenderung lebih nyaman. Namun harga sofa dengan kualitas yang bagus memang cenderung lebih mahal. Kursi memiliki fungsi yang sama dengan sofa dalam perabot rumah tangga. Keduanya sama-sama perabotan rumah tangga yang dapat digunakan sebagai tempat untuk duduk. Meskipun, kursi bisa saja tidak memiliki kenyaman yang sama dengan kenyamanan yang ditawarkan sofa. Namun kursi dapat menjadi alternatif sebagai perabot rumah tangga untuk tempat duduk menggantikan sofa.

Author