Halo Cerdikawan, apakah kamu pernah menggunakan microsoft excel? Software ini satu grup dengan microsoft word, tetapi fungsinya berbeda. Word berfungsi untuk mengetik tulisan sedangkan excel lebih ke dalam pengolahan data. Nah, kamu bisa mengolah data menggunakan sofware microsoft excel ini. Tetapi masalahnya, untuk mengoperasikan software ini kita harus paham mengenai rumus microsoft excel. Bila tidak paham, kita tidak bisa menggunakannya. Tapi tenang, kamu akan paham rumus microsoft excel setelah membaca artikel ini.

Tersedia kumpulan rumus microsoft excel disertai dengan fungsi. Alhasil kamu tidak akan bingung lagi ketika akan mengoperasikan. Sudah siap belajar? Simak artikel ini sampai tuntas ya!

Pengertian Microsoft Excel

Sudah kenal dengan software satu ini belum? Kalau belum, kenalan dulu ya! Kalau kamu melihat software dengan isi berupa kotak-kotak berjumlah banyak, maka kamu sedang melihat microsoft excel.

Mengapa kotak-kotak? Karena nanti pada tiap kotak itu akan diisi dengan angka-angka. Kemudian angka itu akan diolah dengan menggunakan rumus-rumus tertentu sesuai dengan tujuan kamu. Mari kita perhatikan pengertian software ini dulu.

Microfost excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet dari microsoft untuk sistem operasi microsoft windows dengan fungsi utama untuk mengolah data matematis. Fitur dari aplikasi ini antara lain grafik, tabel, kalkulasi, dan lain-lain.

Software ini memiliki fungsi yang sangat banyak dan terwujud dalam berbagai rumus. Menggunakan excel akan mempermudah pekerjaan karena terdapat cara mudah dalam melakukan perhitungan apapun.

Ketika software ini diciptakan, maka ucapkan selamat tinggal pada perhitungan manual. Bahkan kalkulator bisa ditandingi oleh aplikasi ini. Jadi mulai sekarang memang ada baiknya menggunakan software ini karena jauh lebih praktis daripada membuat secara manual.

Tetapi ada syarat untuk menggunakan software ini, yakni kamu harus paham mengenai fungsi rumusnya. Bila tidak, kamu tidak bisa menggunakannya. Maka, kita akan bahas rumus-rumusnya disini.

Rumus Microsoft Excel

Baiklah, mari kita bahas rumusnya mulai dari sekarang. Harap perhatikan dengan betul agar tidak keliru ketika menggunakan ya! Mari kita mulai.

Inilah rumus yang sering digunakan di dalam dunia kerja:

Rumus

Fungsi

SUM

Menjumlah data

AVERAGE

Mencari  nilai rata-rata data

AND

Mencari nilah dengan perbandingan ‘dan’

OR

Mencari nilai dengan perbandingan ‘atau’

NOT

Mencari  nilai dengan pengecualian

SINGLE IF

Mencari nilai dari kondisi ‘benar/salah’

AREAS

Menampilkan jumlah dari satu area (range atau sel)

MULTI IF

Mencari  nilai dengan kondisi ‘benar/salah’ dengan banyak perbandingan

CHOOSE

Menampilkan pilihan berdasarkan nomor indeks

HLOOKUP

Mencari data dari tabel dengan format mendatar

VLOOKUP

Mencari data dari tabel dengan format vertikal

COUNTIF

Menghitung jumlah sel dalam satu range dengan kriteria tertentu

COUNTA

Menghitung jumlah sel yang telah terisi

DAY

Menentukan hari

MONTH

Menentukan bulan

YEAR

Menentukan tahun

DATE

Menentuan tanggal

LOWER

Mengubah huruf menjadi  huruf kecil

MATCH

Menampilkan posisi alamat sel yang ditetapkan

UPPER

Mengubah huruf teks menjadi besar

PROPER

Mengubah karakter awal teks menjadi huruf besar

 

Ingat, untuk mengatur rumus itu kamu harus selalu menggunakan awalan ‘=’. Tanpa menggunakan awalan itu maka fungsi tidak bisa berjalan. Selain itu, ketika hendak menuliskan angka desimal berupa koma, kamu harus ganti dengan titik (6.95). Bila ditulis dengan koma, maka software tidak mampu mengenali.

Penjelasan dari Fungsi Rumus

Mari kita bahas secara lebih detail dari rumus-rumus di atas dengan penjelasan setelah ini. Check it out!

1. SUM

Fungsi dari sum sebenarnya sama dengan penjumlahan. Kamu sebenarnya bisa menjumlah tanpa menggunakan SUM. Tetapi dengan SUM, akan menjadi lebih mudah. Begini cara menjumlah dengan fungsi SUM.

  • Buat tabel sederhana dengan dua data berisi dua kolom dan dua baris.
  • Lalu masukkan rumus =SUM(D2:E2).
    rumus microsoft excel
    Ingat! Untuk menentukan penjumlahan data 1 sampai 2 misalnya, kamu harus gunakan tanda titik dua ( : ).
  • Kemudian tekan enter, maka ditemukanlah hasil dari penjumlahan.

2. AND

Rumus ini berfungsi hampir sama dengan nilai TRUE bila semua argumen yang diujikan bernilai BENAR dan SALAH jika salah satu salah satu argumen bernilai salah.

  • Buat tabel dan masukkan rumus AND untuk tahu TRUE atau FALSE. Masukkan =AND(D2>G2).
    rumus microsoft excel
  • Kemudian enter rumus tadi. Kemudian akan muncul hasil benar atau salah dari data yang kamu operasikan. Ingat, data ini hanya berfungsi untuk benar atau salah saja. Untuk kriteria lain tidak bisa.

3. AVERAGE

Rumus ini digunakan untuk mencari rata-rata dari sebuah data. Maka yang harus kamu lakukan adalah:

  • Buat tabel terlebih dahulu berisi beberapa data. Lalu masukkan rumus =AVERAGE(D2:F2)
    rumus microsoft excel
  • Lalu enter rumus tadi, maka akan kamu dapatkan hasil dari pencarian rata-rata data tabel yang kamu buat.

4. NOT

Fungsi dari rumus ini adalah kebalikan dari AND yakni menghasilkan TRUE untuk kondisi salah dan FALSE bila yang diuji datanya benar.

  • Pertama, buat tabel dan masukkan rumus NOT berikut =NOT(G2<G3)
    rumus microsoft excel
  • Bila rumus sudah dimasukkan, jangan lupakan tombol enter. Maka akan segera diketahui hasilnya seperti di bawah ini:

5. SINGLE IF

If adalah sebuah kondisi. Maka rumus ini berfungsi untuk mengetahui apakah kondisi yang diuji benar/salah dan mengembalikan sebuah nilai bila kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Ini adalah rumus yang sering digunakan dalam berbagai kegiatan karena fungsinya cukup kompleks dan bermanfaat.

  • Inilah contoh penggunaan rumus IF
    rumus microsoft excel
  • Dan inilah hasil dari perhitungan IF

6. MULTI IF

Fungsinya jelas sama dengan SINGLE IF, hanya ini bisa digunakan untuk variabel lebih banyak dan lebih aplikatif. Karena data di realita pasti rumit dan butuh rumus ini untuk memecahkannya.

  • Inilah contoh penggunaan rumus MULTI IF
    rumus microsoft excel
  • Dan inilah hasil dari perhitungan

7. HLOOKUP

Data terkadang harus ditampilkan dalam bentuk vertikal maupun horisontal. Dan fungsi dari HLOOKUP adalah menampilkan data dalam bentuk mendatar. Syarat yang harus dipenuhi adalah penyusunan tabel harus dari besar ke kecil atau urutan naik.

Misalnya, 1,2,3,4 atau dari A menuju Z. Bila kamu membuat acak, urutkan terlebih dahulu secara ascending.

Inilah contoh penggunaan HLOOKUP.

rumus microsoft excel

8. VLOOKUP

Kalau tadi data diurutkan secara mendatar, sekarang diganti secara vertikal. Syaratnya sama, data harus disusun dari kecil ke besar. Atau dengan menu ascending. Simak contohnya di bawah ini:

Itulah contoh rumus microsoft excel disertai contoh dan fungsinya. Kamu sudah mengerti kan? Penggunaan rumus tadi cukup mudah dan tidak sulit sama sekali. Segera praktikkan maka seketika kamu akan paham.

Tadi sudah dijelaskan rumus excel if, rumus excel pengurangan, serta rumus excel sum. Semoga dari penjelasan singkat ini kamu mampu mendapatkan pelajaran dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Baca juga :
1. 9 Cara Belajar Excel Bagi Pemula dengan Mudah dan Cepat
2. Cara Menggunakan Rumus IF Pada Excel Terbaru

Author