Halo, selamat datang di website PinterKelas. Kali ini kita akan membahas mengenai besaran pokok. Sudahkah kamu paham tentang materi fisika yang satu ini? Kalau belum, kamu harus baca artikel ini sampai selesai ya!

besaran pokok
wikipedia.org

Fisika itu akrab dengan berbagai perhitungan. Nah, dari setiap hasil perhitungan itu pasti ada satuan untuk melengkapinya. Itulah fungsi dari besaran pokok. Satuan dari besaran ini berlaku secara internasional sehingga mudah untuk diaplikasikan.

Kamu penasaran dong pastinya dengan berbagai hal mengenai besaran pokok? Pantau selalu artikel di PinterKelas. Berbagai materi penting pun ada di sini. Jangan pernah lewatkan ya!

Pengertian Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran dengan satuan yang telah ditentukan terlebih dahulu. Nilai sendiri tidak diturunkan dari besaran lain. Karena ini pokok, maka ia bersifat pioneer atau paling pertama.

Besaran pokok sifatnya adalah standar dan bisa diterapkan di berbagai wilayah. Bahkan bersifat internasional. Artinya semua orang mampu mengerti dan menerapkan nilai satuan dari besaran tersebut.

Berbeda dengan besaran-besaran tidak resmi seperti jengkal. Ini akan menimbulkan mispersepsi karena jengkal tiap orang itu berbeda-beda. Lain cerita bila kita menerapkan satuan meter. Yang setiap orang paham bahwa satu meter itu berarti 100 cm.

Fungsinya sendiri yakni untuk menjelaskan suatu ukuran dalam skala besar. Bukan lagi skala lokal melainkan skala internasional. Yang mana akan memudahkan dalam hal komunikasi di bidang fisika.

Besaran Pokok dan Alat Ukurnya

Terdapat beberapa unit bagian dari besaran pokok. Sifat dari satuan itu adalah pakem. Tidak bisa diganggu gugat karena sudah menjadi kesepakatan dari banyak ilmuwan fisika dunia. Kira-kira apa saja ya yang menjadi bagian dari besaran tersebut?

Nah, kamu bisa melihat macam besaran pokok beserta alat ukurnya dari tabel berikut ini:

NoBesaran PokokSatuan
1Panjang (I)Meter (m)
2Massa (m)Kilogram (kg)
3Waktu (t)Second (s)
4Temperature (T)Kelvin (K)
5Kuat Arus (I)Ampere (A)
6Intensitas (In)Cendela (cd)
7Jumlah Zat (n)mol

Kali ini kita bahas mengenai tabel besaran pokok dulu. Tabel besaran turunan kita bahas kapan-kapan ya! Intinya, besaran beserta satuan itu tidak bisa diganti. Tidak boleh menggunakan satuan lokal yang hanya dimengerti orang lokal.

Penjelasan dari Besaran Pokok

Nah, di bawah ini akan dijelaskan dengan lengkap mengenai materi tersebut. Check it out!

1. Panjang

Pengertian panjang adalah jarak antara dua titik di dalam satu ruang. Satuan panjang dalam skala internasional (SI) adalah meter (m). Ketika ingin mengkonversi satuan, tinggal mengacu pada tangga satuan panjang.

besaran pokok
tentorku.com

Satuan meter merupakan satuan panjang internasional yang pertama dibuat. Ia terbuat dari campuran bahan platina iridium dan kini disimpan di The International Bureau of Weight and Measure.

Pada tahun 1983, definisi meter ditetapkan menjadi panjang jalur yang dilalui cahaya di dalam ruang hampa udara pada selang waktu 1/299.792.458 sekonu.

2. Massa (kg)

Pengertian massa adalah jumlah materi terkandung dalam sebuah benda. Satuan massa dalam SI adalah kilogram (kg). Satu kilogram dulu dibuat dalam bentuk silinder logam yang terbuat dari campuran platina iridium. Silinder massa pertama disimpan di Lembaga Berat dan Ukuran Internasional Perancis.

Alat ukuran satuan massa antara lain:

  • Pertama neraca lengan, terdiri dua atau tiga lengan.
  • Kedua neraca kimia, biasa digunakan untuk mengukur massa kecil.
  • Ketiga neraca digital/elektronik yang sering digunakan sekarang.

3. Waktu (s)

Definisi waktu pada awalnya 1/86.400 waktu dalam satu hari didasarkan pada rotasi bumi. Satuan SI untuk waktu adalah sekon (s). Nah, untuk mendapatkan pengukuran waktu lebih akurat, digunakan jam atom. Alat ukur waktu sekarang ini adalah:

  • Jam matahari, jam air, jam pasir
  • Arloji
  • Stopwatch

4. Suhu (K)

Suhu adalah ukuran dari derajat panas maupun dingin dari suatu benda. Satuan suhu dalam SI adalah Kelvin (K). Definisi suhu berdasarkan diagram fase air adalah posisi titik tripel air (ketiga fase air berada bersamaan) yakni dengan nilai 273,16 Kelvin. Alat untuk mengukur suhu dengan tepat dalam bentuk angka dinamakan termometer.

5. Kuat Arus Listrik (A)

Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik mengalir melalui satu titik dalam sirkuit dalam satuan waktu. Satuan kuat arus dalam SI adalah Ampere (A). Alat ukur untuk mengukur kuat listrik dinamakan ampere meter.

6. Jumlah Zat (mol)

Jumlah zat dalam satuan SI adalah molekul (mol). Mol telah digunakan sejak 1902 merupakan kependekan dari gram molecule. Satu mol didefinikan sebagai zat suatu sistem yang memiliki entitas elementer.

7. Intensitas Cahaya (Cd)

Satuan SI untuk intensitas cahaya adalah Candela (cd). Candela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi manokromatik di frekuensi 540*1012 Hertz.

Tentang Besaran Turunan

Jika ada besaran pokok, ada pula besaran turunan. Besaran turunan adalah besaran yang merupakan turunan dari besaran pokok. Ciri khusus dari besaran turunan adalah bisa diturunkan langsung dari besaran pokok dan bisa juga tidak.

besaran pokok
alatalatlab.com

Bahkan satuan besaran turunan bisa diturunkan dari dua kali besaran pokok. Nah, perhitungan untuk besaran ini biasanya lebih rumit. Contoh dari besaran turunan adalah luas.

Luas adalah hasil kali dari dua besaran panjang, yakni panjang dan lebar. Nah, luas ini bisa dikatakan sebagai turunan dari besaran panjang.

Ada pula volume yang merupakan kombinasi dari tiga besaran panjang. Ada panjang, lebar, dan tinggi yang sama-sama menggunakan satuan panjang (meter). Dan kamu akan menemukan berbagai besaran turunan lain yang merupakan hasil kali dari beberapa besaran pokok. Sangat menarik bukan?

Manfaat Menggunakan Besaran Fisika

Besaran pokok dan turunan adalah akar dari berbagai perhitungan matematis di bidang fisika. Ini merupakan basis dari penerapan ilmu fisika dalam kehidupan manusia. Jadi kita harus berterima kasih kepada ilmuwan yang menemukan berbagai satuan ini.

Penerapan ilmu fisika menjadi sangat terbantu setelah ditemukan besaran pokok. Sebuah benda bisa dideskripsikan bagaimana bentuknya dengan satuan panjang dan berat. Dan ketika melakukan aktivitas pun bisa dijelaskan dalam satuan waktu.

Misalnya hendak minum. Pasti ingin tahu tentang kondisi minuman yang ingin diminum. Nah, kamu bisa menggunakan satuan suhu untuk menjelaskannya. Hidup kita menjadi lebih mudah setelah ditemukan besaran pokok.

Bayangkan bila besaran ini tidak ditemukan. Entah bagaimana perkembangan ilmu fisika kelak. Oleh karena itu, wajib untuk mempelajari materi ini hingga tuntas. Meski kamu tidak pandai dalam hal lain, paling tidak materi ini kamu harus paham.

Besaran pokok ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan. Meski tanpa hitungan matematis sekalipun. Jangan pernah lelah untuk belajar ya!

Author