Halo halo halo, Cerdikawan? Halonya banyak sekali ya? Hanya ingin memastikan, supaya kalian jangan bosan ya menggali berbagai ilmu di PinterKelas! Hehe. Ngomong-ngomong, kalian ada yang tahu ga nih tentang ‘bioma’ pada pelajaran geografi? Bioma memiliki banyak kategori, kurang lebih ada 6 kategori untuk bioma yang terdapat di daratan bumi. Bioma tundra adalah salah satu di antara keenam kategori tersebut. Kalian pasti ingin tahu lebih dong mengenai pengertian bioma, apa saja jenis dari bioma tundra, penjelasannya, bagaimana kondisi iklimnya apa saja yang dapat hidup di wilayah bioma tundra, dan masih banyak lagi! Nah, untuk itu kali ini kita akan membahas semua bersama-sama!

Namun, sebelum kita memasuki pembahasan yang lebih dalam, kalian akan diarahkan untuk memahami terlebih dahulu mengenai penjelasan bioma tundra secara etimologi dan umum. Yuk langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

Bioma: Tundra

Penjelasan

Bioma tundra merupakan salah satu dari enam kategori bioma yang ada pada daratan di bumi. Berdasarkan etimologinya, ‘tundra’ berasa dari bahasa Rusia yakni, ‘тундра (tûndra)’ yang artinya ‘dataran tinggi’ atau ‘daerah pegunungan tanpa pohon’. Bioma tundra adalah sebuah bioma dengan daerah yang menghambat proses pertumbuhan tanaman yang disebabkan oleh pengaturan suhu lingkungan di sekitarnya yang lebih rendah. Alasan tersebut membuat tundra sering disebut sebagai tempat atau daerah tanpa pohon.

Jenis-jenis Bioma Tundra

Bioma tundra terdiri dari dua jenis, yakni tundra arktik dan tundra alpine.

tundra arktik. Foto oleh alaskaconservation.org

Tundra Arktik

Bioma tundra arktik adalah tundra yang telah lama terbentuk di bumi sejak jaman prasejarah. Perkiraan waktu terbentuknya tundra di arktik pertama kali adalah sekitar 15.000 tahun lalu. Tundra arktik disebut juga sebagai daerah paling muda atau yang paling baru terbentuk di dataran bumi. Wilayah tundra di arktik ini biasanya bersuhu rendah dan tertutup salju hampir sepanjang tahunnya. Tundra arktik terletak di antara kutub utara.

tundra alpine di alaska. foto oleh edition.cnn.com

Tundra Alpine

Bioma tundra alpine letaknya di atas permukaan pegunungan dengan ketinggian yang mencapai titik tertinggi dan dengan suhu paling dingin di seluruh dunia. Kondisi tanah di sekitar tundra alpine ini telah terkuras dan tidak memiliki nutrisi yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. Alasan tersebut yang menjadikan tundra alpine menjadi mustahil bagi jenis-jenis pepohonan untuk tumbuh dan berkembang biak.

Maka, tundra alpine ini dikenal dengan kondisi tanahnya yang sangat kering. Vegetasi tundra alpine lebih didominasi oleh tumbuhan sejenis rumput alang-alang, perdu, lumut daun, dan lichen.

apa itu bioma tundra?

Kondisi Iklim Bioma Tundra

Ciri iklim yang khas di wilayah bioma tundra adalah; bagian bumi dengan intensitas musim dingin yang panjang dan jarang terpapar sinar matahari, wilayah dengan musim panas yang panjang, wilayah yang terang terus-menerus, wilayah dengan curah hujan yang rendah. Bioma tundra tersebar di beberapa wilayah bumi, misalnya di belahan bumi sebelah utara (lingkaran antartika), di sekitar antartika, atau di sekitar dataran tertinggi (misalnya pada puncak pegunungan).

Berikut adalah penguraian secara rinci mengenai iklim bioma tundra:

a. Wilayah dengan intensitas hujan salju. Pada wilayah ini sangat menguntungkan ekosistem di sekitar tundra. Contohnya pada kehidupan tumbuhan dan hewan di sana karena salju menyediakan lapisan isolasi pada permukaan tanah.

b. Daerah tundra memiliki kondisi iklim yang cenderung dimiliki oleh daerah-daerah pada dataran tinggi atau daerah lintang tinggi.

c. Wilayah tundra biasanya memiliki musim yang berkembang dengan realtif singkat sekitar 7 sampai 15 minggu.

d. Ketika musim dingin tiba, daerah kawasan bioma tundra akan mengalami musim dingin yang sangat dingin, panjang, dan hampir tidak terpapar oleh sinar matahari. Musim dingin ini akan berlangsung sekitar 6 sampai 9 bulan dengan suhu per bulannya mencapai di bawah 31 ° F atau 0 ° C.

e. Daerah di sekitar tundra memiliki curah hujan yang sangat rendah, yakin sekitar kurang dari enam inci per tahunnya. Keadaan ini diperparah dengan intensitas angin kering yang lebih mendominasi.

Flora di Sekitar Bioma Tundra

Kondisi tanah beku yang permanen tidak menjadikan tundra sebagai ekosistem yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. Keberagaman flora di wilayah ini tidak terlalu banyak. Hanya ada beberapa tanaman dengan karakteristik khusus yang mampu bertahan pada kondisi ekosistem tundra yang termasuk dalam iklim dan cuaca ekstrem. Dari kedua di antara tundra arktik dan tundra alpine, berikut ini adalah uraian kondisi-kondisi yang menjadi alasannya:

a. Terdapatnya lapisan es yang tebal pada daerah tundra mencegah munculnya akar tanaman dalam proses pertumbuhan suatau tanaman.

b. Oleh karena itu, sebagian besar tanaman yang tumbuh di sekitar tundra berjenis semak pendek, ganggang, lumut-lumutan dan lumut daun.

c. Di wilayah tundra arktik, tanaman dengan jenis rerumputan seperti misalnya rumput kapas mekar menjadi mayoritas flora yang paling banyak ditemui di sana. Jenis rerumputan seperti rumput kapas mekar memiliki karakteristik tumbuhan yang lebih sesuai dengan kondisi ekosistem yang ada di tundra arktik. Dengan kemampuan bertahan hidup tersebut, jenis rerumputan di sana mampu berkembang dengan baik.

d. Selain 1.700 spesies tanaman yang berbeda, tundra arktik memiliki kurang lebih sekitar 400 jenis bunga yang mekar saat musim tanam datang.

e. Meski sulit untuk menjadi ekosistem yang menguntungkan bagi tanaman untuk dapat tumbuh dan berkembang, ada kurang lebih sekitar 1.700 spesies yang berbeda dari tanaman yang tumbuh di tundra arktik.

f. Tanah di wilayah bioma tundra akan dibuahi oleh kotoran hewan; tanah rendah nutrisi dan mineral.

g. Jenis flora yang paling mendominasi di bioma tundra alpine adalah jenis lumut-lumutan. Seperti misalnya lumut daun. Selain lumut, tundra alpine juga banyak ditumbuhi dengan jenis rerumputan, contohnya rumput abadi.

Fauna di Sekitar Bioma Tundra

a. Kondisi ekosistem bagi beaneka ragam fauna di daerah bioma tundra tidak jauh berbeda dengan kondisi ekosistem bagi flora di sana. Bagi fauna di wilayah bioma tundra, hewan-hewan di sana harus memiliki karakteristik khusus agar dapat bertahan hidup di tengah kondisi iklim dan cuaca yang ekstrem. Karakteristik yang khusus ini diperlukan membantu hewan-hewan di sana bertahan hidup dengan ekosistem yang tersedia.

b. Namun, sayangnya tundra tidak banyak memiliki keanekaragaman fauna. Di kedua bioma tundra, setidaknya ada sekitar 48 macam spesies mamalia darat dan ada juga beberapa jumlah untuk spesies lainnya.

c. Tundra di bagian Amerika Utara memiliki kawanan rusa dalam jumlah besar yang bertahan hidup dengan memakan tumbuhan di sekitar tundra.

d. Sementara itu, predator dari wilayah tundra adalah beruang kutub, rubah arktik, serigala dan beberapa mamalia kecil seperti lemming dan kelinci salju.

Author