Cerdikawan, hampir semua orang menyukai bunga. Bagian tumbuhan yang dianggap paling indah dan berfungsi secara umum sebagai alat perkembangbiakkan tumbuhan. Ternyata bunga ini dibagi lagi menjadi beberapa kelompok lho! Ada bunga sempurna, tidak sempurna, dan lengkap.

Apa yang dimaksud dengan bunga sempurna? Apa pula perbedaannya dengan bunga lengkap?

Pinter Kelas akan menyajikan pembahasan lengkap tentang hal tersebut yang tentu saja disertai degan beberapa gambar. Gambar yang akan menyempurnakan pembahasan dan membuat kamu lebih memahami materi. Yuk, disimak!

Pengertian Bunga

Bunga pada dasarnya merupakan bagian bunga yang berwarna selain hijau. Ada merah, kuning, putih, dan seterusnya. Beberapa di antaranya mengeluarkan wangi yang disukai oleh pemiliknya.

Tidak seperti organ tanaman lain, bunga hanya muncul pada fase tertentu. Meski tanaman mempunyai kategori bunga sepanjang tahun, organ ini tumbuh secara bergantian pada tanaman tersebut. Bukan satu bunga muncul dan tidak pernah kuncup atau layu lagi.

Secara umum ciri-ciri bunga, yaitu:

  • Mempunyai warna khas dan unik, seperti sudah dibahas warnanya ada yang merah, putih, orange, pink, dan sebagainya.
  • Mengeluarkan bau yang khas. Kebanyakan bunga mengeluarkan bau harum seperti melati. Namun ada pula bunga yang mengeluarkan bau busuk, namanya bunga bangkai dengan spesiesnya yang paling besar adalah Raflesia arnoldi.
  • Bentuknya berbeda-beda sesuai jenis. Meski sering digambarkan dengan kelopak empat atau lima, tanaman dikotil mempunyai kelopak bunga yang berbeda jumlahnya dengan monokotil. Selain itu, ada bunga yang besar dan kecil. Ada pula bunga majemuk dan tunggal.

    Bunga majemuk mengacu kepada bunga kecil-kecil yang bersatu membentuk bunga lebih besar. Sementara itu, bunga tunggal sesuai dengan namanya ya hanya terdiri dari satu bunga. Baik itu besar atau kecil.

Fungsi bunga adalah sebagai perkembangbiakkan. Hal ini akan dibahas Pinter Kelas dalam poin selajutnya tentang bagian-bagian bunga dan fungsinya.

Macam-Macam Bunga Berdasarkan Organ Tubuhnya

Bunga, terdiri dari tangkai, kelopak, mahkota, putik, dan benang sari. Akan tetapi tidak semua tanaman mempunyai kelengkapan tersebut.

Di bawah ini macam-macam bunga bedasarkan organ tubuhnya :

1. Bunga Lengkap

Bunga disebut lengkap karena mempunyai bagian yang disebut alat kelamin atau alat perkembangbiakkan dan perhiasan bunga.

Alat perkembangbiakkan bunga tersebut, terdiri dari pistilum atau putik dan stamen atau benang sari.

Perhiasan bunga atau periantum, terdiri dari callix (kelopak) dan corolla (mahkota).

Ada bunga yang kelopak dan mahkotanya berwana sama (perigonium) dan tidak.

Untuk lebih jelasnya, bunga lengkap dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

usaha321.net

2. Bunga Sempurna

Bunga sempurna adalah bunga yang mempunyai alat perkembangbiakkan, putik dan benang sari, tetapi salah satu dari perhiasan bunga tidak dimiliki.

3. Bunga Tidak Lengkap

Bunga ini terbagi lagi menjadi:

  • Bunga telanjang, bunga yang memiliki salah satu dari alat perkembangbiakkan dan tidak memiliki perhiasan.
  • Bunga mandul, terlihat seperti bunga karena ada mahkota dan kelopak tetapi di dalamnya tidak mempunyai alat perkembangbiakkan.

Bagian-Bagian Bunga Sempurna

Bunga sempurna mempunyai alat perkembangbiakkan lengkap dan mungkin terdapat kelopak atau mahkota.

bunga sempurna
hanisafitri.blogspot.com

Di bawah ini kamu akan melihat bagian-bagian bunga sempurna dan fungsinya.

1. Kelopak Bunga

Kelopak bunga terletak paling dekat dengan kelopak bunga. Warnanya mengikuti dari daun, tangkai, dan dasar bunga yaitu hijau. Meski ada pula bunga yang kelopaknya sama dengan warna bunga itu sendiri. Kamu harus teliti membedakan daun dengan kelopak jika warnanya hijau dan membedakannya dengan mahkota jika warnanya mirip.

Kelopak ini pada dasarnya berguna untuk menarik perhatian serangga untuk mendekat sehingga dapat terjadi penyerbukan atau perpindahan bendang sari ke kepala putih. Untuk menarik perhatian, beberapa kelopak mempunyai bintik putih, sementara lain juga berbau harum seperti mahkota.

Kelopak jika dipegang lebih keras dibandingkan mahkota dan berfungsi melindungi bagian dasarnya agar mahkota tidak lepas.

2. Mahkota Bunga

Bunga mempunya mahkota yang beraneka warna dan bentuk. Ini sesuai dengan fungsinya dalam penyerbukan.

Ada bunga yang kecil-kecil dan banyak, seperti bunga pada padi. Ini sesuai penyerbukannya yang dibantu oleh angin. Bunga yang kecil akan mudah berterbangan.

Bunga yang berwarna-warni dan harum paling digemari.

Warna mahkota merah digunakan untuk menarik perhatian burung dan warna biru dan kuning digunakan untuk menarik perhatian serangga, seperti lebah dan kupu-kupu. Sementara bunga yang berwarna agak kehitaman dan coklat biasanya adalah tanaman yang menarik binatang di malam hari, seperti kelelawar.

3. Benang Sari

Benang sari merupakan alat kelamin jantan tumbuhan yang berbunga.

Para ahli menyebutkan bahwa benang sari merupakan hasil perubahan bentuk dari daun.

Ada tanaman yang benang sarinya terlihat jelas dan tidak.

Bagian ini dibagi-bagi lagi menjadi:

  • Tangkai sari, bagian benang sari yang bentuknya bulat seperti pipa kecil.
  • Kepala sari, merupakan bagian benang sari yang berfungsi untuk menampung serbuk sari yang dihasilkan oleh benang sari.
  • Ruang penghubung benang sari adalah bagian dalam dari tangkai sari yang menghubungkan antara bagian di sampingnya.
slideshare.net

Jumlah benang sari dalam satu mahkota bunga biasanya sama dengan jumlah kelopak bunga.

Di bagian inilah terdapat nektar atau madu yang sering dicari serangga. Di dalamnya terdapat 4 ruang yang saling berhubungan dan disebut mikrosporangia. Ruang di mana terjadinya transfer gamet jantan ke putik agar terjadi pembuahan.

4. Putik

Jika benang sari adalah alat kelamin jantan pada tanaman, putik merupakan pasangannya, yaitu alat kelamin betina.

Pada bunga sempurna dan bunga lengkap, umumnya putik terletak di bagian tengah daun dikelilingi oleh beberapa benang sari.

bunga sempurna
hanisafitri.blogspot.com

Bagian putik yang berperan dalam penyerbukan, ada dua:

  • Kepala putik, merupakan tempat masuknya serbuk sari dari benang sari. Di bagian ini terdapat cairan lengket yang dapat membwa serbuk sari ke ovarium.
  • Tangkai putik, seperti tangkai bunga bentuknya tabung. Bagian ini menghubungkan kepala putik dengan ovarium di bagian bawah.

    Di sini terdapat carpel, bagian pendukung bagi makrospora, tempat bakal buah dan biji. Bakal biji ini mempunyai 2 ini, yaitu lembaga dan sel telur yang siap dibuahi.

5. Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian bawah kelopak bunga. Fungsinya menopang kelopak dan mahkota bunga yang berada tepat di atasnya. Selain itu, tangkai yang ukuranya menyesuaikan dengan bunga ini, juga menjadi bagian yang menyambungkan antara batang dengan bunga.

Tangkai juga menyesuaikan dengan batang. Ada tangkai yang lunak sesuai batang, ada pula tangkai yang keras pada pohon dengan jenis batang keras.

Contoh Bunga Sempurna

Bunga lengkap umumnya identik dengan bunga sempurna.

Kamu tahu tanaman apa saja yang termasuk pada jenis ini?

Di bawah ini 3 buah contohnya.

1. Bunga Sepatu

Termasuk jenis bunga paling lengkap bagian-bagianya sehingg sering digunakan di sekolah untuk diamati. Tanaman ini juga mempunyai berbagai jenis dan warna. Putik dan benang sarinya terletak di bagian tengah dan saling berdekatan.

bukalapak.com

2. Bunga Kertas

Sering disebut juga bougenville banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia. Perkembangbiakkannya sangat mudah karena benang sari dan kepala putik terletak pada satu dudukan.

bunga sempurna
abahtani.com

3. Bunga Matahari

Tanaman yang hanya berbunga di musim tertentu ini paling sering dimanfaatkan bijinya dan termasuk dalam tanaman sempurna. Benang sari dan putiknya terlihat sangat banyak di bagian tengah.

bunga sempurna
m.belanja.com

Menarik sekali bukan pelajaran Biologi tentang bunga sempurna kali ini? Sesuatu yang berdekatan dengan kehidupan sehari-hari dan sangat disukai. Bacalah materi ini berulang-ulang agar lebih dipahami. Selamat belajar!

Author