Ada perbedaan mendasar antara makhluk hidup dan makhluk mati. Untuk membedakan keduanya, tentu dibutuhkan ciri-ciri yang jelas. Kalau benda mati, sudah jelas ia tidak bisa tumbuh dan bergerak. Lantas bagaimana dengan ciri ciri makhluk hidup?

ciri ciri mahkluk hidup
pixabay.com

Meskipun ciri-cirinya tampak nyata, terkadang masih ada saja beberapa hal yang terlewat. Inilah tugas PinterKelas untuk mengingatkan kepadamu. Nah, kamu harus paham mengenai ciri-ciri makhluk hidup karena manusia pun bagian dari makhluk ini.

Jadi sangat penting untuk tahu ciri-ciri makhluk hidup agar lebih mampu memahami mekanisme hidup dari hewan, manusia, maupun tumbuhan. Apa saja sih cirinya? Simak artikel ini hingga selesai ya!

Pengertian Makhluk Hidup

Sebelum membahas mengenai ciri-ciri, ada baiknya kita bahas tentang pengertian dulu. Apa sih pengertian dari makhluk hidup? Makhluk hidup adalah organisme yang memiliki ciri-ciri kehidupan. Yang mana ia bisa bergerak, bernapas, memerlukan makan, dan berbagai ciri kehidupan lain.

Makhluk yang tidak memiliki tanda kehidupan dinamakan benda mati. Makhluk ini cenderung tidak mampu bergerak dan hanya diam tanpa bisa melakukan gerakan. Benda mati ini biasanya akan dimanfaatkan oleh makhluk hidup untuk berbagai keperluan.

Makhluk hidup terdiri atas 3 yakni manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiga makhluk hidup ini pastilah memiliki tanda-tanda akan kehidupan yang barangkali semua poin bisa dimiliki oleh ketiganya.

ciri ciri mahkluk hidup
pixabay.com

Penasaran dong dengan tanda-tanda makhluk hidup? Itulah mengapa kamu harus membaca artikel ini hingga tuntas agar ilmu yang disampaikan tidak terpotong di tengah jalan.

Jelaskan Ciri-Ciri Makhluk Hidup!

Wah, ketika ada pertanyaan tentang ciri makhluk hidup seperti di atas, kamu harus bisa menjawab. Malu dong bila sudah sekolah sekian lama tetapi belum tahu tentang ciri-cirinya. Kalau kamu sedikit lupa, PinterKelas akan berusaha mengingatkan pada poin-poin di bawah ini:

1. Bergerak

Pernahkah kamu melihat manusia, hewan, dan tumbuhan sama sekali tidak bergerak? Tentu tidak pernah dong! Karena bergerak adalah tanda dari kehidupan. Kalau sudah tidak bergerak, berarti makhluk hidup itu telah mati.

Setiap makhluk hidup pasti memiliki kecenderungan untuk bergerak. Tidak mungkin akan diam saja. Ketika tidur pun manusia dan hewan tetap akan bergerak meski hanya gerakan refleks. Apalagi ketika sedang menjalankan aktivitas.

Bergerak juga merupakan ciri-ciri makhluk hidup tumbuhan. Meski pergerakan tumbuhan itu cenderung pasif, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tumbuhan memang benar-benar bergerak.

2. Memerlukan Makanan

Salah satu ciri makhluk hidup yang amat penting adalah makan. Mengapa makhluk hidup perlu makan? Karena di dalam menjalankan aktivitas makhluk hidup butuh energi dan cara mendapatkannya adalah makan.

Lantas bagaimana bila makhluk hidup tidak makan? Perlahan tetapi pasti ia akan merasa lemas dan kemudian mati. Hewan dan manusia yang lama tidak makan akan lemas, kurus kering, dan bila tiba saatnya akan mati juga.

Sedangkan tumbuhan yang kebutuhan makannya tidak terpenuhi, ia akan menjadi layu dan lama kelamaan akan kering dan mati. Jadi jangan lupa untuk makan dan memberi makan hewan serta tumbuhan peliharaan kamu.

3. Peka terhadap Rangsang

Apakah kamu pernah membanting batu? Apakah batu itu marah? Tentu tidak kan. Lalu apakah kamu pernah membanting kucing? Apakah kucing itu marah? Tentu saja. Karena kucing adalah makhluk hidup yang mampu menanggapi rangsang.

ciri ciri mahkluk hidup
pixabay.com

Seperti halnya manusia, ketika ada rangsangan debu manusia biasanya akan bersin. Atau hewan ketika datang musim dingin, beberapa akan bertahan di sarang untuk melakukan hibernasi.

Tumbuhan pun begitu, putri malu misalnya. Ketika ia disentuh oleh sesuatu, maka dengan segera ia menangkupkan daun. Ini adalah bentuk dari peka terhadap rangsangan khususnya sentuhan.

4. Berkembang Biak

Ciri-ciri makhluk hidup manusia adalah berkembang biak. Namun, ciri ini pun juga terjadi pada hewan dan tumbuhan. Meski cara berkembang biak berbeda-beda tetapi tujuannya sama yakni untuk melestarikan keturunan.

Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan ada yang melahirkan, bertelur, maupun melahirkan sekaligus bertelur. Tumbuhan berkembang biak dengan menggunakan biji secara generatif dan menggunakan bagian tubuh untuk perkembangbiakan vegetatif.

5. Beradaptasi Terhadap Lingkungan

Setiap makhluk hidup memiliki bekal kemampuan untuk hidup. Salah satu cara untuk tetap hidup dalam lingkungan tertentu adalah dengan beradaptasi. Bagaimana pun kondisi tempat tinggalmu, kamu harus beradaptasi.

Hanya ada dua pilihan, mau beradaptasi atau mati. Nah, hewan beradaptasi dengan memiliki aneka paruh sesuai dengan jenis makanan. Tumbuhan kaktus beradaptasi dengan memiliki akar panjang dan batang tebal agar lebih banyak menyimpan cadangan air.

Kalau manusia lebih mudah lagi. Ia akan menggunakan pakaian tipis bila tinggal di lingkungan panas dan tebal bila berada pada lingkungan dingin.

6. Bernapas

Ini nih salah satu ciri vital dari makhluk hidup, yaitu bernapas. Biasanya seorang manusia dinyatakan tidak lagi hidup bila sudah tidak bernapas. Begitu juga hewan. Ini dikarenakan manusia dan hewan pastilah butuh bernapas untuk hidup.

Keduanya membutuhkan oksigen untuk memberi rasa semangat pada tubuh saat melakukan aktivitas. Tumbuhan pun tetap bernapas. Baik melalui organ maupun melalui sel. Semua makhluk hidup butuh bernapas, bila tidak ia pasti sudah mati.

7. Tumbuh dan Berkembang

Manusia awalnya lahir dengan bentuk tubuh sangat kecil, lalu perlahan mulai bertambah besar dan besar hingga mentok pertumbuhannya ketika sudah dewasa. Nah, manusia sedang mengalami pertumbuhan. Begitu pula hewan dan tumbuhan. Ketika sudah mentok, maka pertumbuhan fisik terhenti.

Pertumbuhan lebih ditujukan ke arah fisik. Sedangkan perkembangan itu lebih kepada psikis. Atau dalam artian siap untuk berkembang biak. Ketiga makhluk hidup ini mengalami perkembangan dengan cara masing-masing. Yang dengan perkembangan ini mampu menghasilkan keturunan.

8. Mengeluarkan Zat Sisa

Adalah sebuah hal wajib bagi makhluk hidup untuk mengeluarkan zat sisa. Tidak terkecuali. Baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. Hanya saja memang caranya berbeda-beda. Manusia mengeluarkan zat sisa dalam bentuk gas, padat, dan cairan. Begitu pula hewan.

Sedangkan tumbuhan mengeluarkan zat sisa melalui mekanisme tersendiri. Yang mana membuktikan bahwa semua makhluk hidup akan mengeluarkan zat sisa.

9. Mengalami Metabolisme

Metabolisme adalah proses penting di dalam tubuh makhluk hidup yang mampu menunjang aktivitas fisik dan non fisik makhluk hidup. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh metabolisme, begitu pula kegiatan lain.

Metabolisme mampu menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas makhluk hidup. Dan metabolisme mengatur pemecahan jenis makanan untuk menghasilkan energi.

Nah, itu tadi 9 ciri ciri makhluk hidup lengkap beserta penjelasannya. Sudah cukup jelas kan? Materi ini sangat mudah karena kamu sendiri pun mengalami tanda-tanda dari kehidupan. Jadi kamu bisa mencocokkan sendiri.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat untukmu. Jangan lupa untuk belajar asyik bersama Pinter Kelas.

Author