Halo Cerdikawan? Kira-kira kalau kalian ditanya ‘apa kalian mengetahui otot polos di dalam tubuh kalian,’ jawaban kalian pasti punya ya tentunya! Sebab seorang manusia bahkan seekor hewan pasti memiliki jaringan otot di dalam tubuhnya. Kenapa kok pasti punya? Tentu saja kita pasti punya jaringan otot, karena supaya bisa melakukan pergerakan atau aktifitas sehari-hari. Contohnya untuk berjalan, mengunyah, menulis, berkedip, menepuk nyamuk atau untuk scroll scroll di internet dari ponselmu. Semua membutuhkan peran kerja otot lho! Kalian ingin tahu bagaimana ciri-ciri otot polos? Selain ciri-ciri otot polos apa kalian penasaran dengan otot lainnya? Sebab di dalam tubuh kita bukan hanya ada otot polos saja lho! Apa kalian tahu selain otot polos, apa saja jaringan otot manusia? Nah, kali ini PinterKelas akan bahas mengenai ciri-ciri otot polos, otot lurik, otot jantung dan semua penjelasannya. Tidak usah berlama-lama lagi, yuk kita mulai saja belajarnya!

Jaringan Otot Manusia

Otot adalah jaringan kenyal dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi menggerakkan organ tubuh. Jika kita mencari pengertian lebih luas mengenai otot, otot digambarkan sebagai sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang memiliki peran penting sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang dan organ tubuh lainnya. Jaringan otot pada manusia diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Jaringan otot jika dilihat secara umum, adalah yang menghasilkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Otot Polos

Otot Polos merupakan otot yang bekerja tanpa kesadaran kita yang dipengaruhi oleh sistem saraf tak sadar atau biasa disebut saraf otonom. Otot polos terbentuk dari sel-sel dengan bentuk gelendong yang pada kedua ujungnya runcing dan memiliki satu inti sel di bagian tengah.

otot polos

Ciri-ciri Otot Polos

1. Otot polos memiliki waktu kontraksi selama sekitar 3 sampai 180 detik.

2. Otot polos berbentuk gelendong.

3. Otot polos terletak pada organ dalam manusia.

4. Otot polos memiliki satu inti sel yang terletak di tengahnya.

5. Otot polos memiliki pergerakan yang cenderung lambat dan mudah lelah.

6. Otot polos biasanya terletak di bagian usus, saluran peredaran darah, dan di saluran kemih.

7. Pergerakan otot polos tidak diperintah oleh otak atau tidak dipengaruhi oleh otak.

Bagian Otot Polos

Masuk ke dalam pembahasan bagian otot polos yang penting untuk Cerdikawan ketahui. Berikut adalah pembahasan mengenai apa saja bagian-bagian yang terdiri pada otot polos.

1. Membran Plasma

Bagian ini tidak bisa dilihat dengan mata biasa melainkan harus menggunakan alat khusus seperti mikroskop electron. Dengan menggunakan alat ini kamu bisa melihatnya dengan jelas berupa selaput membran ganda.

2. Sitoplasma

Istilah lain dari otot ini adalah sarkoplasma. Sifat yang dimiliki adalah eosinoflik dengan kandungan organoid yang dimilikinya. Organoid tersebut juga terdiri lagi dari mitokondria yang berfungsi memagari dari reticulum, sentriol, apparatus golgi, dan endoplasma reticulum.

3. Inti Sel

Initi sel ini hanya terdapat satu dengan bentuk yang lonjong dan terlihat panjang. Saat berkontraksi ia akan membentuk gelombang.

Otot Lurik

Otot lurik adalah otot yang melekat pada rangka tubuh manusia yang digunakan dalam bergerak. Otot lurik merupakan otot yang cara kerjanya atas perintah otak dan di bawah kesadaran kita. Otot lurik juga dinamakan otot rangka karena otot lurik menempel pada rangka (tulang) manusia. Dinamakan ‘otot lurik’ karena terdapat sisi gelap dan terang yang berselang-seling. Selain itu jaringan otot lurik, yang berarti mereka menunjukkan pita gelap dan terang ketika dilihat di bawah mikroskop.

pelajaran.co.id

Ciri-ciri Otot Lurik

1. Otot lurik berbentuk silindris.

2. Otot lurik melekat pada rangka (tulang).

3. Pegerakan otot lurik bekerja secara sadar dan atas perintah otak.

4. Otot lurik bekerja dengan cepat dan mudah lelah.

5. Otot lurik memiliki bentuk yang panjang dan memiliki banyak inti sel (multisel).

6. Otot lurik mempunyai pigmen mioglobin.

7. Otot lurik memiliki inti sel yang berada di tepi.

Bagian Otot Lurik

Masuk ke dalam pembahasan bagian otot lurik yang penting untuk Cerdikawan ketahui. Berikut adalah pembahasan mengenai apa saja bagian-bagian yang terdiri pada otot lurik.

1. Sarkolema

Bagian sarkolema pada otot lurik merupakan membran yang melapisi suatu sel otot yang fungsinya sebagai pelindung otot.

2. Sarkoplasma

Bagian sarkoplasma pada otot lurik merupakan cairan sel otot yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan untuk miofibril dan miofilamen.

3. Miofibril

Bagian miofibril pada otot lurik merupakan serat-serat pada otot.

Miofibril sendiri terbagi atas 2 macam, antara lain:

– Miofilamen homogen (terdapat pada otot polos).

– Miofilamen heterogen (terdapat pada otot jantung atau otot cardiak dan pada otot rangka atau otot lurik).

4. Miofilamen

Bagian miofilamen pada otot lurik merupakan benang-benang atau filamen halus yang berasal dari serat-serat pada otot (miofibril).

Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang bekerja secara terus-menerus tanpa istirahat atau berhenti. Otot jantung merupakan perpaduan antara otot lurik dan otot polos karena adanya persamaan yang ada pada otot jantung misalnya, memiliki sisi gelap dan terang dan inti sel yang berada di tengah. Otot jantung berfungsi dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung bekerja di bawah kesadaran manusia. Saraf yang memengaruhi otot jantung adalah saraf simpatik dan para simpatik.

researchgate.net

Ciri-ciri Otot Jantung

– Otot jantung berbentuk silindris.

– Otot jantung memiliki banyak cabang.

– Otot jantung terletak pada organ jantung.

– Otot jantung memiliki satu inti sel yang berada di tengah.

– Otot jantung bekerja tanpa kesadaran manusia atau tanpa perintah otak.

– Otot jantung bekerja secara terus menerus dan tidak membutuhkan istirahat.

Bagian Otot Jantung

Masuk ke dalam pembahasan bagian otot jantung yang penting untuk Cerdikawan ketahui. Berikut adalah pembahasan mengenai apa saja bagian-bagian yang terdiri pada otot jantung.

1. Perikardium Parietal

Perikardium parietal pada otot jantung melekat pada lapisan luar dan memebentuk lapisan cairan yang membantu melumasi jantung. Pada lapisan dalamnya (endokardium), menjadi pemisah otot dari darah yang dipompa di dalam bilik jantung. Ketika dilihat dari jarak yang sangat dekat, pada otot tersebut kita dapat melihat bahwa otot jantung dilengkapi dalam lembaran-lembaran sel yang saling terhubung satu sama lain dengan cara kerja kisi. Di mana kedua sel bertemu di persimpangan khusus yang disebut cakram selingan yang mengunci kedua sel pada tempatnya. Proyeksi ini memiliki lubang kecil di dalamnya (gap junction) yang dapat melewati impuls untuk berkontraksi ke sel yang terhubung. Jalinan di antara dan di sekitar sel-sel ini merupakan saraf dan pembuluh darah yang membawa sinyal dan oksigen ke otot jantung. Pada tingkat mikroskopis, otot jantung diatur seperti otot rangka.

2. Sarkoma

Pada otot jantung, bagian sarkoma merupakan sebuah kumpulan serat protein yang memberi respon sinyal dan kontak. Pada otot rangka dan jantung, sarkoma ini terbuat dari aktin dan miosin serta didukung oleh protein yang sama.

3. Tropomyosin

Pada otot jantung, tropomyosin adalah suatu protein yang membungkus aktin dan menghentikan myosin dari ikatan dengannya. Troponin ialah merupakan suatu protein yang memegang tropomyosin di tempatnya sampai sinyal untuk kontak telah diterima.

jaringan otot manusia
Author