Kembali beraktifitas di sekolah lagi kan, ayo semangat. Jangan terlena dengan liburan panjang kemarin ya. Mungkin sekarang kamu mulai sibuk dengan tugas – tugas dari guru yang mulai menumpuk.

Jangan pusing, kerjakan saja dengan sungguh-sungguh dan jangan ditunda-tunda, pasti kamu akan mendapatkan hasil akhir yang baik. Kalau kamu sedang mendapat tugas membuat atau membaca karya tulis, kamu pasti akan menemukan bagian daftar pustaka kan. Seperti ini mungkin contoh daftar pustaka yang kamu temukan :

contoh daftar pustaka
ibnudin.net

Untuk membuat contoh daftar pustaka seperti di atas, kamu harus mengerti dan tau cara serta format baku daftar pustaka yang benar kan? Karena kalau kamu cari dan browsing di internet akan banyak kamu temukan, untuk mempelajarinya kamu bisa melihat contoh daftar pustaka yang diambil dari internet.

Di sana sangat banyak contoh daftar pustaka yang dengan beragam format dan cara penulisan. Jangan bingung pinterKelas akan menunjukkan bagaimana membuatnya.

Memahami Fungsi dan Contoh Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah daftar yang dibuat untuk memberi informasi mengenai sumber buku, tulisan atau karya pustaka cetak dan bahkan sekarang juga termasuk daftar sumber link internet yang kamu gunakan dalam mendesain, mengerjakan, dan memahami pekerjaan karya penulisan kamu.

Memulai Menyusun Daftar Pustaka

Sebelum menyusun dan mengembangkan daftar pustaka, kamu terlebih dahulu menyiapkan rencana mengenai apa yang ingin kamu susun; sebuah latar belakang pemikiran dari pertanyaan-pertanyaan yang akan kamu selesaikan pembahasannya nanti. Setelahnya kamu coba kembangkan mengenai latar belakang atas jawaban pembahasan itu.

Dengan rencana yang matang dan pemahaman mengenai latar belakangnya, kamu akan bisa menemukan sumber informasi yang tepat agar dengan mudah akan membantu kamu mengerjakan karya tulismu itu.

Ketika kamu menemukan sumber informasi tersebut, penting bagi kamu untuk tidak lupa dan terlewat menuliskan dari mana sumbernya. Kamu pun bisa menggunakan Lembar Kerja bantu agar informasinya tercatat dengan akurat, cukup cetak lembar kerja tersebut dan kamu bisa bawa keperpustakaan atau saat browsing di internet .

Selanjutnya ketika kamu menemukan sumbernya, tulis semua informasi yang diperlukan. Dengan cara ini, ketika kamu menyusun daftar pustaka nanti, kamu tidak perlu kembali ke perpustakaan dan browsing ulang untuk menemukan informasi yang hilang atau kamu lupa.

Semakin banyak informasi yang kamu tulis tentang sumber itu, semakin mudah bagi kamu untuk menemukannya lagi jika ingin membacanya lagi.

Ini adalah contoh lembar kerja bantunya :

contoh daftar pustaka

Menampilkan Kutipan dari Sumber Informasi

Saat dalam proses menulis karya tulis , kamu akan menggunakan isi dari lembar kerja daftar pustaka tersebut yang akan mengingatkan tentang berbagai fakta dan informasi serta latar belakang yang kamu gunakan untuk menyusun karya tulis itu.

Setiap kali kamu menggunakan beberapa informasi dari sumber yang ditemukan, Kamu perlu mengutip sumber asalnya. Dan menampilkannya di dalam kalimat yang kamu kutip. Untuk mengutip sumber, cukup masukkan nama penulis dan tanggal publikasi dalam tanda kurung (Penulis, tanggal)

Contoh : “Agama tanpa ilmu adalah buta. Ilmu tanpa agama adalah lumpuh.” (Albert Einstein,1944)

Jika orang yang membaca karya tulis Kamu ingin menemukan informasi dan membaca lebih lanjut tentang hal itu, mereka dapat mencari referensi di Daftar pustaka untuk detail lebih lanjut tentang sumber informasi itu. Maka dari itu setiap sumber yang Kamu gunakan harus tercantum dalam daftar pustaka terperinci dengan informasi yang cukup bagi seseorang untuk pergi dan menemukannya sendiri.

Format Baku Daftar Pustaka

Kamu paling tidak menyertakan minimal tiga sumber informasi tertulis tentang topik yang kamu pilih entah itu dari buku, ensiklopedia, majalah atau sumber tulisan lain. Sumber dari internet pun juga kamu harus tampilkan bila ada . Ada standar untuk mendokumentasikan sumber informasi dalam sebuah karya tulis. Meskipun kamu mungkin menemukan pola yang berbeda untuk menulis daftar pustaka, tapi semuanya pasti berisi informasi dasar yang sama. Informasi paling mendasar yang harus dimiliki setiap referensi adalah nama penulis, judul, tanggal, dan sumber.

Ada dua cara penulisan daftar pustaka yang paling umum yaitu standar MLA (Modern Language Association) dan standar APA (American Psychological Association).

1. Format Daftar Pustaka Standar MLA

  • Sumber dari buku :
    Nama belakang penulis, nama depan penulis. Judul buku. Informasi tambahan. Kota publikasi: Perusahaan penerbitan, tanggal publikasi.

    Contoh daftar pustaka dari Buku : Allen, Thomas B. Vanishing Wildlife of North America. Washington, D.C.: National Geographic Society, 1974
  • Sumber dari ensklopedia dan kamus:
    Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul Artikel.” Judul Ensiklopedia. Tanggal.

    Contoh daftar pustaka dari ensklopedia dan kamus : Pettingill, Olin Sewall, Jr. “Falcon and Falconry.” World Book Encyclopedia. 1980
  • Sumber dari artikel majalah dan surat kabar :
    Nama belakang penulis, nama depan penulis. “Judul artikel.” Nama majalah Volume # Tanggal: halaman inklusif.

    Contoh daftar pustaka dari majalah dan surat kabar: Kalette, Denise. “California Town Counts Down to Big Quake.” USA Today 9 21 July 1986: sec. A: 1.
  • Sumber dari web atau internet :
    Nama belakang penulis, nama depan (jika tersedia). “Judul halaman/page.” Judul situs/site, bagian atau nama database. Editor (jika tersedia). Informasi publikasi elektronik (Tanggal publikasi atau pembaruan terkini, dan nama lembaga atau organisasi). Tanggal akses dan <URL lengkap>

    Contoh daftar pustaka dari internet: Levy, Steven. “Great Minds, Great Ideas.” Newsweek 27 May 2002. 10 June 2002. http://www.msnbc.com/news/754336.asp

2. Format Daftar Pustaka Standar APA

  • Sumber dari buku :
    Nama belakang penulis, inisial pertama. (Tanggal penerbitan). Judul buku. Informasi tambahan. Kota publikasi: Perusahaan penerbitan.

    Contoh daftar pustaka dari Buku : Allen, T. (1974). Vanishing wildlife of North America. Washington, D.C.: National Geographic Society.
  • Sumber dari ensklopedia dan kamus:
    Nama belakang penulis, inisial pertama. (Tanggal). Judul Artikel. Judul Ensiklopedia (Volume, halaman). Kota publikasi: Perusahaan penerbitan.

    Contoh daftar pustaka dari ensklopedia dan kamus : Pettingill, O. S., Jr. (1980). Falcon and Falconry. World book encyclopedia. (pp. 150-155). Chicago: World Book.
  • Sumber dari artikel majalah dan surat kabar :
    Nama belakang penulis, inisial pertama. (Tanggal penerbitan). Judul artikel. Judul berkala, nomor volume (nomor edisi jika tersedia), halaman inklusif.

    Contoh daftar pustaka dari majalah dan surat kabar: Henry, W. A., III. (1990, April 9). Making the grade in today’s schools. Time, 135, 28-31.
  • Sumber dari web atau internet :
    Nama penulis (Tanggal publikasi). Judul artikel. Judul Berkala, nomor volume, Diperoleh bulan hari, tahun, dari URL lengkap

    Contoh daftar pustaka dari internet: Dove, R. (1998). Lady freedom among us. The Electronic Text Center. Retrieved June 19, 1998, from Alderman Library, University of Virginia website: http://etext.lib.virginia.edu/subjects/afam.html.

Catatan : bilamana ada sumber atau buku yang disusun oleh dua pengarang cukup menambahkan kata “dan” (bahasa indonesia ) atau “and” (bahasa inggris) setelah penulisan nama pengarang pertama , jadi contoh penulisan daftar pustaka 2 orang dengan penulis pertama W.A Henry dan penulis kedua S.L Andi adalah seperti ini :

Henry, W. A.& Andi S.L, III. (1990, April 9). Making the grade in today’s schools. Time, 135, 28-31.

Penutup

Untuk kedua format entah itu MLA atau APA semuanya adalah standar baku yang benar. Mana yang akan kamu gunakan akan guru atau pembimbing kamu tetapkan pedoman mana yang harus digunakan.

Tujuan utama dari menampilkan daftar pustaka di karya tulismu sebenarnya adalah untuk memberikan penghargaan kepada penulis yang karyanya telah kamu jadikan referensi. Di samping itu, juga tujuan awalnya untuk memudahkan pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang topik kamu dengan mempelajari penelitian yang kamu gunakan dalam penulisan. Susunlah dengan format sesuai dengan setandar baku nya.

Baca juga : Yuk Membuat Contoh Teks Prosedur dengan Mudah!