Hai hai Cerdikawan! Semoga kalian tidak bosan untuk terus menggali ilmu pengetahuan ya! Karena kali ini kita akan membahas secara rinci contoh kalimat homonim beserta penjelasan mengapa kalimat tersebut dapat digolongkan ke dalam kalimat homonim. Bukan sekadar membahas contoh kalimat homonim nih, tapi kita juga akan memberikan daftar kata kunci homonim berserta keterangan kedudukan kelas katanya! Tanpa basa-basi lagi, yuk ah kita mulai!

contoh kalimat homonim
knowyourmeme.com.jpg

Pengertian Homonim

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, homonim adalah kata yang sama lafal dan ejaannya, tetapi berbeda maknanya karena berasal dari sumber yang berlainan. Jadi homonim itu merupakan kosakata yang saat didengar dan dibaca sama, tapi memiliki makna lebih dari satu (berbeda).

Nah, pada beberapa kalimat atau pernyataan, homonim dapat mengubah kelas kata pada tiap makna yang berbeda. Namun ada juga yang tidak merubah kelas katanya sama sekali. Maka dari itu, PinterKelas membuat contoh kalimat homonim beserta penjelasannya berdasarkan masing-masing kategori tersebut. Oke, mari kita mulai pembahasan dari daftar kata kunci homonimnya, ya?

Daftar Kata Kunci Homonim

1. Buku

2. Masker

3. Garing

4. Lega

5. Padang

6. Bulan

7. Genting

8. Tahu

9. Tanggal

10. Bisa

11. Beruang

12. Rapat

13. Cokelat

14. Kompleks

15. Busa

contoh kalimat homonim
Herbert Goetsch at unsplash.com

Contoh Kalimat Homonim yang Kelas Katanya Tetap

1) Buku      

“Buku-buku jariku membengkak karena tanganku terjepit pintu gerbang sekolah saat mencoba menyelamatkan seorang teman yang telat.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “buku-buku” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “ruas-ruas”.

“Risma memberikan novel favoritnya, The Hunger Games dan buku-buku koleksinya yang lain untuk para korban Perang X.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “buku-buku” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti yang sebenarnya, “buku-buku”.

2) Masker

“Rahasia kulit sehat dan glowing Nunu adalah karena ia selalu rajin menggunakan masker dari bermacam bahan yang alami.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “masker” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “salah satu jenis perawatan wajah dan tubuh”.

“Para dokter bedah di ruang operasi selalu menggunakan atribut lengkap sesuai standar keamanan, salah satunya masker berwarna hijau itu.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “masker” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti, “kain penutup mulut dan hidung”.

“Di acara musik bulan Desember nanti dresscode yang diwajibkan adalah menggunakan masker bertema hewan, ya!”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “masker” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “alat untuk menutup muka; topeng”.

3. Garing

“Pada saat-saat sulit seperti ini terkadang aku rindu pisang goreng buatan ibuku yang sangat garing.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “garing” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “renyah atau digoreng kering”.

“Dia sedang rindu dengan salah satu temannya bernama Al-ulya yang terdengar garing kalau bercanda-canda seperti ini.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “garing” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “tidak lucu”.

4) Lega

“Kami berdecak kagum karena tak pernah melihat rumah yang sangat lega seperti ini!”

 Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “lega” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “lapang atau luas”.

“Sekarang aku merasa lega, terima kasih atas kesediaan kalian mendengar segala keluh kesah dalam hidupku!”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “lega” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “perasaan hati yang tentram”.

5) Padang

“Kripik singkong balado itu kudapat dari temanku saat pulang kampung ke Padang sebagai oleh-oleh.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata kerja). Kata “Padang” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “kota Padang yang terletak di Sumatera Barat”.

“Ima dan Nunu melakukan sesi pemotretan foto pranikah mereka di tengah padang ilalang Pulau X yang sangat cantik.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “padang” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “lapangan atau tanah yang datar dan luas”.

Belinda Fewings at unsplash.com

Contoh Kalimat Homonim yang Kelas Katanya Berubah

1) Bulan

“Siswi kelas 12 IPA 2 jatuh pingsan karena lari 100 keliling lapangan sekolah saat ia sedang datang bulan.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “bulan” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “haid atau menstruasi”.

“Kali ini tolong jangan kecewakan dia, ulang tahunnya tanggal 28 bulan Desember nanti.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “bulan” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “masa atau jangka waktu perputaran bulan mengitari bumi dari mulai tampaknya bulan sampai hilang kembali (29 atau 30 hari)”.

“Sinar bulan yang kita lihat di langit setiap malah adalah berkat pantulan dari cahaya Matahari.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “bulan” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “rembulan atau salah satu benda langit dari sistem tata surya”.

“Wartawan yang selalu menyebar hoax pada tulisannya itu, kini menjadi bulan-bulanan massa.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “bulan” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “sasaran”.

2) Genting

“Ya Tuhan, bisa-bisanya ia bergurau di saat yang genting seperti sekarang!”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “genting” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “keadaan yang menegangkan”.

“Ayah dan Adikku saat ini sedang membetulkan genting-genting di rumah karena saat hujan deras atap kamarku bocor.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “genting” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “tutup atap rumah yang terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar”.

3) Tahu

“Tahu merupakan salah satu makanan hasil olahan kacang kedelai yang terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “tahu” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “makanan yang berasal dari kacang kedelai yang diolah”.

“Saya tak pernah menyusahkan Anda sedikitpun, jadi tolong tahu diri!”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah adverbia (kata kerja). Kata “tahu” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “sadar”.

4) Tanggal

“Seseorang menandai hati berwarna merah pada tanggal 14 Mei di kalenderku yang tak sengaja tertinggal di perpustakaan.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “tanggal” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “bilangan yang menyatakan hari yang ke berapa dalam bulan”.

“Katniss terkejut karena tiba-tiba giginya tanggal.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah adverbia (kata kerja). Kata “tanggal” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “lepas”.

5) Bisa     

“Jangan meremehkan kekuatan bisa pada ular derik!”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “bisa” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “racun pada hewan”.

“Setelah sekian lama jatuh bangun berjuang untuk semua mimpiku, akhirnya aku bisa mewujudkan semua!”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah adverbia (kata kerja). Kata “bisa” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “dapat melakukan”.

contoh kalimat langsung
Aaron Burden at unsplash.com.

6) Beruang

“Beruang merupakan hewan yang sangat menggemaskan saat dijadikan kartun atau boneka, tapi mereka sangat menakutkan dalam kenyataan.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “beruang” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “salah satu jenis hewan buas”.

“Perempuan itu merupakan salah satu perempuan paling berpengaruh dan beruang di era ini.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah adverbia (kata kerja). Kata “beruang” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “mempunyai uang atau banyak uang”.

7) Rapat

“Dewan direksi divisi kita akan kedatangan tamu kehormatan dari PT. CTFLN pada rapat tahunan di lantai tujuh pagi ini.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “rapat” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki arti “pertemuan”.

“Tolong bungkus parsel itu dengan rapat ya!”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “rapat” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “tidak renggang”.

8. Cokelat

“Mahe tidak terlalu suka warna coklat, ia sangat menyukai warna biru langit.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “coklat” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki makna “warna”.

“Berbeda dengan cokelat-cokelat manis yang di jual di supermarket, bubuk cokelat ini masih terasa pahit.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “cokelat” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki makna “makanan cokelat” dan “biji kakao yang sudah ditumbuk atau digiling”.

9. Kompleks

“Karang Taruna di kompleks perumahanku sangat kompak.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “kompleks” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki makna “kelompok permukiman”.

“Saat ospek kemarin dia berani menyuarakan pendapatnya yang kompleks dan cerdas untuk menolak adanya kekerasan saat proses ospek.”

Dalam kalimat di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “kompleks” yang dimaksud pada di pernyataan di atas memiliki makna “rumit”.

10. Busa

“Padahal saya sudah mengingatkannya sampai mulut berbusa, tapi ia tetap saja keras kepala!”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah adjektifa (kata sifat). Kata “busa” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki arti “mengingatkan sampai lelah”.

Istilah “berbusa” di sini termasuk dalam bahasa non-baku tapi sering digunakan dalam pengucapan sehari-hari.

“Adik kecilku asyik bermain busa saat kumandikan di depan rumah.”

Dalam pernyataan di atas, kelas kata homonimnya adalah nomina (kata benda). Kata “busa” yang dimaksud pada kalimat di atas memiliki makna “buih yang dihasilkan oleh sabun”.

Baca juga: https://pinterkelas.com/klausa-dalam-bahasa-indonesia/

Author