Kata pengantar merupakan hal yang tidak pernah dilewatkan seseorang ketika telah berhasi menyelesaikan sebuah karya tulis. Karya tulisnya pun beragam, mulai dari buku, makalah, proposal, laporan, skripsi, dan lain sebagainya. Nah, Cerdikawan pasti pernah ya mendapatkan moment writer’s block atau kehabisan ide dan kata-kata dalam menulis. Misalnya saja pada kata pengantar. Kata pengantar dapat menjadi media yang mengawali pembaca saat membaca karya tulis sebelum akhirnya masuk ke pembahasan pokoknya (isi dari tulisan). Nah, untuk itu PinterKelas sudah merangkum beberapa contoh kata pengantar dengan beragam jenisnya yang bisa kalian jadikan acuan dalam menulis kata pengantar. Misalnya contoh kata pengantar singkat, contoh kata pengantar skripsi, contoh kata pengantar buku, contoh kata pengantar proposal, contoh kata pengantar makalah, dll. Yuk disimak!

Contoh Kata Pengantar Singkat

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirabbil’alamin, Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan Nabi Agung Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehar fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Language and Identities: Gender, Ethnicity, and Class dengan judul “Gerakan Komunitas Sosial dalam Pandangan Masyarakat Rural”.

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Bogor, 14 Mei 2020

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Buku

KATA PENGANTAR

Puja dan juga puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan semua nikmatnya sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul Literary and Cultural Theories ini dengan tepat waktu tanpa adanya kendala yang berarti. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memudahkan para mahasiswa Sastra Inggris dalam memahami bagaimana keterkaitan yang erat di antara teori kebudayaan dan kesusastraan yang terkesan rumit sehingga menjadi lebih mudah dipahami, karena menggunakan isu-isu yang paling dekat dengan kehidupan masyarakat.

Keberhasilan penyusunan buku ini tentunya bukan atas usaha penulis saja. Ada banyak pihak yang turut membantu dan memberikan dukungan untuk suksesnya penulisan buku ini. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik secara moril ataupun material sehingga buku ini berhasil disusun.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini tentu tidak luput dari kekurangan. Selalu ada celah untuk perbaikan. Sehingga, kritik, saran serta masukan dari pembaca sangat kami harapan dan kami sangat terbuka untuk itu supaya buku ini semakin sempurna dan lengkap.

Bogor, 14 Mei 2020

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat serta inayah-Nya, yang karena-Nya, penulis diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan aktfitas Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan menyusun satu buah laporan PKL dengan judul “Proses Proofreading dan Publikasi dalam penerbitan lokal di The Lontar Foundation”.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Penulis sungguh-sungguh sadar bawha aktifitas PKL serta penulisan laporan PKL ini dapat selesai berkat dari bantuan serta dukungan dari semua pihak. Butuh diketahui pula bahwa dengan segenap kelemahan, tentunya laporan PKL kami tetap jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami meminta masukkan dan kritikan yang dapat membangun penulis, yang kemudian dapat menyempurnakan laporan ini.

Akhirnya, semoga laporan ini dapat berguna dan memberikan manfaat bagi setiap pihak terutama bagi mereka para pembaca.

Bogor, 14 Mei 2020

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehar fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Language and Identities: Gender, Ethnicity, and Class dengan judul “Gerakan Komunitas Sosial dalam Pandangan Masyarakat Rural”.

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian, dan apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru Cultural Studies kami Bapak Endang Supriyatna yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Bogor, 14 Mei 2020

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat serta inayah-Nya, yang karena-Nya, penulis diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan laporan Skripsi yang berjudul “Menembus Kamar Mandi, Menembus Ruang Privasi: Privasi dan Pengawasan (Privacy and Surveillance)”.

Adapun pengajuan skripsi ini ditujukan sebagai pemenuhan beberapa ketentuan kelulusan pada jenjang perkuliahan Strata I Universitas Oxford. Lewat penyusunan skripsi ini tentunya penulis mengalami beberapa hambatan, tantangan seta kesulitan, namun karena binaan dan dukungan dari semua pihak, akhirnya semua hambatan tersebut dapat teratasi.

Melalui penyusunan skripsi ini tentunya penulis sadar akan banyak ditemukan kekurangan pada laporan ini. Baik itu dari segi kualitas maupun dari segi kuantitas bahan observasi yang penulis tampilkan.

Dengan sepenuh hati, penulis pun sadar bahwa skripsi ini masih penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, oleh sebab itu penulis memerlukan saran serta kritik yang membangun yang dapat menjadikan skripsi ini lebih baik.

Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasaih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan, baik itu berupa bantuan, doa maupun dorongan dan beragam pengalaman selama proses penyelesaian penulisan skripsi ini.

Terakhir, tentunya penulis berharap setiap bantuan yang telah diberikan oleh segenap pihak dapat menjadi lading kebaikan. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kemajuan pendidikan usia dini.

 Bogor, 14 Mei 2020

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan KKN

KATA PENGANTAR

Puji syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan limpaham rohmat dan hidayahNya kepada kita semua sehingga kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berikut pembuatan laporannya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun. Dengan bantuanNya, laporan ini bisa selesai tepat pada waktunya.

Sholawat salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan tauladan terbaik bagi umatnya sehingga bisa meniru kegigihan dan kesungguhan beliau dalam berjuang.

Pada kesempatan ini, tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan acara KKN beserta penulisan laporannya, di antaranya:

Dr. Hjh. Amah, M.H selaku rektor Universitas Matematika Indonesia.

Drs. Yupi selaku Dekan Fakultas Pendidikan Keguruan

Dr. Kafka selaku ketua jurusan pendidikan matematika yang telah memberikan dukungan kepada kami selama ini

Ibu Azahra, M. Pd selaku pembimbing KKN Kelompok 7

Masyarakat desa Gunduk Tanah yang senantiasa berpartisipasi aktif dalam semua agenda kami.

Seluruh jajaran pemerintahan desa Gunduk Tanah yang membimbing kami.

Seluruh pihak yang telah membantu suksesnya agenda KKN 2016 hingga pengusunan laporan KKN ini.

Semua laporan Kegiatan KKN ini disusun berdasarkan apa yang sudah kami kerjakan selama masa KKN di desa Gunduk Tanah selama 33 hari. Kuliah Kerja Nyata ini adalah bagian dari implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Strata 1. Hal ini sudah ditetapkan oleh pihak akademik dan harus diikuti oleh semua mahasiswa.

Di dalam menyusun dan merancang laporan ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini memiliki banyak kekurangan. Oleh karenanya, berbagai bentuk kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi para pembaca.

Bekasi, 14 Mei 2016

Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Proposal

KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa terpanjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan semua limpahan serta rahmatNya kepada kita semua, sehingga proposal usaha yang kami buat ini dapat disusun dengan maksimal dan tepat waktu.

Adapun jenis usaha yang akan kami jalankan nantinya adalah usaha pembuatan kerajinan tangan rajut khas Sumba. Ada banyak orang Sumba yang tinggal di kawasan Bogor ini, sehingga sangat cocok jika usaha yang kami rencanakan untuk dijalankan. Namun sayangnya, untuk pendirian usaha tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah kami mengajukan proposal ini kepada Bapak atau Ibu sekalian.

Besar harapan Kami agar proposal ini bisa memberikan manfaat, lebih khusus kepada kami yang menjadi pemohon serta Bapak dan Ibu sekalian. Kami menyadari betul bahwa hadirnya proposal ini tentu bukan berarti ia sempurna dan lepas dari masukan. Oleh karena itu, kritik dan saran dari Bapak Ibu semua sangat kami harapkan dan kami terbuka untuk itu.

Bogor, 14 Mei 2020

Pemohon

Author