Hai sobat PinterKelas. Masih ingat tidak dengan materi teks deskripsi? Karena teks ini sudah dipelajari, kini saatnya untuk membuatnya sesuai dengan versi kamu. Tetapi, bagaimana sih cara membuatnya? Tenang, artikel ini akan memberitahu kamu beberapa contoh teks deskripsi.

contoh teks deskripsi
pixabay.com

Sebelum praktik, ada baiknya nanti direview terlebih dahulu. Karena bila kamu telah paham konsep dari teks ini lalu mempelajari contoh teks deskripsi, membuatnya sendiri akan semudah menjentikkan tangan.

Tanpa disadari, dalam kehidupan sehari-hari kita sudah sering mendiskripsikan sesuatu. Bedanya, kali ini kamu harus membuatnya dalam bentuk tulisan. Nah, contoh teks deskripsi ini akan membimbing kamu. Jadi jangan lupa semangatnya ya!

Pengertian Teks Deskripsi

Pernah dibahas sebelumnya, bahwa teks deskripsi itu menekankan pada kekuatan penjelasan. Ketika kamu menjelaskan sesuatu dengan detail, berarti kamu telah melakukan aktivitas deskripsi.

Sama juga ketika sedang membuat dalam bentuk teksnya. Saat hendak menjelaskan/menggambarkan sebuah benda, gambarkan dengan sedetail-detailnya. Buatlah uraian kalimat yang bisa membuat menggambarkan deskripsimu melalui panca indera mereka.

Kalau bingung dengan bagaimana caranya, pertama buatlah dulu teks apa adanya. Setelah selesai, baca teks itu atau minta satu teman untuk membaca. Ketika kamu dan temanmu mampu mencerna apa yang ingin kamu sampaikan, berarti teks itu sudah berhasil.

pixabay.com

Pada dasarnya, teks ini bertujuan untuk memberi informasi mengenai sesuatu melalui penggambaran secara spesifik. Jadi poin-poin penjelasan harus sangat detail. Nah, sudah tahu ciri utama teks deskripsi kan? Kini saatnya untuk segera belajar dari contoh.

Contoh Teks Deskripsi tentang Hewan

Beberapa di antara kalian pasti punya hewan peliharaan. Mari buat contoh tulisan deskripsi tentang hewan peliharaan kesayangan.

Si Molly yang Menggemaskan

Aku sangat suka dengan kucing. Aku memelihara satu di rumah, kuberi nama Molly. Ia adalah kucing yang sangat menggemaskan. Aku dan keluargaku sangat sayang kepada Molly.

Rambut Molly berwarna hitam pekat dengan beberapa aksen putih. Kalau kamu pernah melihat setelan jas tuksedo, maka begitulah pola warna rambut Molly. Tinggal diberi dasi kupu-kupu, Molly siap pergi ke pesta!

Molly sangat suka kardus kotak. Bila aku sedang membuka sebuah kardus, ia langsung mendekat. Lalu mencoba untuk melompat dan bermain-main dengan kotak itu. Aku sangat gemas ketika melihat aksi Molly. Sampai-sampai kejadian lucu itu sering aku dokumentasikan dalam bentuk video.

Bukan hanya video, galeri di gawaiku penuh dengan foto Molly. Memang aku sesayang itu dengan kucing berambut tuksedo ini. Kalau kalian memiliki hewan peliharaan apa?

Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah

Kantin Favoritku

Salah satu tempat terfavorit di sekolah adalah kantin. Kantin sekolahku sangat istimewa. Aku sering menghabiskan waktu istirahat di kantin tanpa pernah merasa bosan. Ibu kantin pun sangat baik, setiap hari aku disapa dengan senyuman.

Ketika perutku lapar, aku menuju kantin dengan girang. Menu tiap hari berganti-ganti, aku selalu tidak sabar untuk melihat menu yang tersaji hari ini. Menu hari ini soto, sayur sop, tumis kangkung, dan gudeg. Besok beda lagi. Ibu kantin memang paling mengerti perasaan murid-murid.

Penat ketika belajar matematika terhempas sudah ketika telah sampai di kantin. Ibu kantin selalu menyediakan jajanan sehat. Jarang ada gorengan disana. Namun, ajaibnya ibu kantin mampu membuat kantin ini istimewa.

Selain karena menu istimewa di dalamnya juga karena suasana kantin sangat menyenangkan. Selalu ada musik menenangkan untuk didengarkan oleh para pelanggan kantin. Alhasil pikiran yang semula kacau bisa kembali reda. Tidak heran bila kantin sekolahku selalu ramai, karena memang senyaman ini.

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Pantai Siung Nan Indah

Liburan adalah momen paling menyenangkan. Ketika liburan, aku tidak akan membiarkan diri untuk sekadar berada di rumah. Aku selalu merencanakan untuk bepergian ke tempat menarik ketika masa libur telah datang. Aku memilih Pantai Siung sebagai tempat tujuan.

Pantai Siung terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Boleh dikatakan bahwa ini adalah pantai paling indah yang pernah kudatangi, setidaknya sampai hari ini. Air pantai biru nan jernih menjadi pemandangan pertama yang tertangkap oleh lensa mata.

Ketika kaki mulai menginjak pasir, kurasakan buliran pasir yang lembut mulai meraba kakiku. Terasa hangat dan membuat tubuh rileks. Meski tidak direkomendasikan untuk berenang, aku tidak merasa kecewa. Rasa kecewa karena tidak bisa berenang terobati dengan adanya bukit di pantai ini.

Melihat pemandangan pantai dari atas bukit akan meningkatkan hormon kebahagiaan. Tidak ada kata lain selain bahagia setelah menaiki bukit itu. Pemandangan pantai ini sungguh luar biasa.

Tak ingin melewatkan kesempatan itu, aku dan teman-teman mengabadikan momen ini menggunakan lensa kamera. Kami berpose di depan kamera dengan latar belakang birunya laut dan bukit-bukit yang terbentang di sekitarnya.

Liburan di Pantai Siung sangat menyenangkan. Rasanya ingin sekali kembali ke sana. Semoga nanti bisa kembali datang dan menikmati kembali keindahan rona alam di pantai ini.

Contoh Teks Deskripsi tentang Benda

Sepatu untuk Berolahraga

Aku sangat senang dengan sepatu olahraga. Aku memiliki beberapa jenis sepatu, tetapi yang paling aku gunakan adalah sepatu olahraga. Atau lebih spesifik adalah sepatu running. Ketika menggunakan sepatu nyaman, semangatku pun semakin membara.

Aku sangat suka jalan-jalan di berbagai tempat menarik. Aktivitas jalan-jalan sangat mengandalkan kekuatan kaki. Sedangkan kaki akan semakin kuat staminanya salah satunya dengan menggunakan sepatu yang tepat.

Salah satu sepatu paling nyaman adalah sepatu olahraga. Aku biasanya menggunakan sepatu ini untuk berbagai acara non formal. Sepatu ini sangat sederhana, tinggal pakai dan ditali, selesai deh!

Mengapa sepatu olahraga sangat nyaman? Sebab sepatu ini diperuntukkan untuk berolahraga yang frekuensi pergerakannya cukup tinggi. Bila aktivitas berat masih tetap terasa nyaman, apalagi hanya aktivitas ringan.

Segera Praktik Yuk!

Setelah melihat dan mempelajari contoh, jangan berpikir terlalu lama. Yuk segera buat sesuai dengan versi kamu. Kamu boleh menulis teks deskripsi dengan tema apapun. Asalkan kamu mampu menggambarkan dengan kata-kata, maka kamu sudah bisa menulis teks ini.

Kamu bisa menulis teks tentang hewan, tumbuhan, benda, alam, sekolah, rumah, dan berbagai tema lain sesuai keahlian kamu. Pastikan untuk mengetahui detail dari tema itu, kemudian buat poin-poin rancangan isi teks.

Setelah itu, segera tuliskan sesuai dengan struktur teks deskripsi. Pertama, perkenalkan dulu tentang benda/tema yang ingin kamu tuliskan. Kemudian tuliskan deskripsi satu per satu dari hal umum hingga detail.

Kalau teks sudah selesai, evaluasi dulu. Sudahkah teks ini mudah dimengerti oleh pembaca? Bila kamu merasa teks ini sudah mudah dimengerti, kamu sudah berhasil menulis teks deskripsi.

Pelajari contoh teks deskripsi itu dengan baik. Berawal dari contoh itu kamu pasti akan mudah menulis teks deskripsi versi kamu sendiri.

Author