Kamu masih bingung, apa sih kalimat eksposisi itu? Teks eksposisi lazim ditemukan dalam aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan informasi atau aktivitas sosial lainnya yang mengandalkan media berupa tulisan. Penggunaan teks oposisi dianggap mampu menyampaikan informasi dan argumentasi sehingga mampu mempersuasi pembaca dengan baik.

Teks eksposisi merupakan suatu tulisan yang berisi fakta atau informasi berbentuk pengembangan paragraf yang berupaya untuk menerangkan suatu keadaan tertentu, sehingga orang yang membacanya mendapatkan pengetahuan dari apa yang diuraikan oleh penulis.

Uraian ini terdiri dari tulisan yang singkat, padat, dan jelas agar pembaca lebih mudah dimengerti maksud dari penulis.

Ciri-ciri Teks Eksposisi yang Harus Kamu Ketahui

  1. Bahasa yang digunakan bersifat baku.
  2. Pembahasan yang dituliskan merupakan sebuah fakta buka merupakan opini atau karangan dari penulis.
  3. Gaya penulisan yang digunakan dalam teks eksposisi besifat persuasi informatif.
  4. Data dan informasi dipaparkan secara gamblang.
  5. Tulisan bersifat objektif atau netral, artinya bahwa tulisan tersebut tidak memihak siapapun. Jadi dalam hal ini penulis tidak bisa seenaknya sendiri menuliskan apa-apa yang ia inginkan, karena tulisan yang ditampilkan harus berdasarkan bukti yang konkret.
  6. Tulisan berdasarkan data dan fakta yang memang benar adanya (valid).

Sebelum mampu menulis paragraf eksposisi kamu perlu mengikuti kaidah penulisan paragraf eksposisi yang berlaku. Kaidah yang pertama, yakni pronomina atau kata ganti orang. Pronomina digunakan ketika menggunakan pendapat pribadi dari penulis. Ada dua jenis pronomina yaitu persona atau kata ganti orang dan nonpersona atau penunjuk.

Kaidah yang kedua adalah konjungsi yang berarti kata penghubung yang berguna untuk memperkuat argumen pada teks. Konjungsi ini bisa berupa waktu, gabungan, perincian, persyaratan, penjelasan, perbandingan, dan lain sebagainya. Hal yang terakhir yang perlu ada pada paragraf eksposisi adalah kata leksikal. Hal ini terdiri dari nomina, verba, adjektiva, dan adverbia.

Nah sekarang mari simak contoh teks eksposisi dari berbagai tema.

Menulis teks eksposisi
Sumber gambar: hipwee

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Tesis :

Di era milenial seperti sekarang ini, membuang sampah tidak pada tempatnya (khususnya di sungai) seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi sekarang ini banyak orang orang di kota kota yang buang sampah asal-asalan.Hal ini dapat dilihat dari jumlahnya saluran sungai yang terhalang oleh sampah sampah yang setiap saat dapat mengakibatkan bencana banjir.

Argumentasi :

Sebagian pengamat menyimpulkan setiap tahunnya jumlah manusia yang melakukan aktifitas membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga belum pernah kapok dengan seringkali terjadinya banjir yang menimpa mereka sebab tingkah mereka sendiri. Bencana itu banyak juga menelan korban jiwa. Tak hanya korban luka luka tapi juga korban meninggal, namun hal ini tak membuat mereka sadara untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Ulang :

Semestinya, setelah mengetahui bencana yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya serta tak akan membuangnya ke sungai supaya tidak merugikan lingkungan dan banyak orang. Supaya saluran air sungai lancar serta tidak memunculkan banjir.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan :

Tesis :

Siri merah adalah jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini bisa dibudidayaka untuk persediaan tanaman obat. Salah satu tanaman obat ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

Argumetasi :

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan tanaman ini sering menjadi obat diabetes, maag, kanker, dan obat ketombe. Ada juga manfaat lain yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Banyak yang menggunakan tanaman ini dengan cara mengambil daunnya,lalu diolah lewat perebusan. Tanaman ini memiliki kemampuan menjadi obat karena senyawa katif yang terkandung di dalam, seperti minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

Penegasan Ulang :

Maka dari itu bisa dipahami bahwa siri merah bisa dipakai menyambuhkan beberapa penyakit dengan tradisional.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

Tesis:

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengutamakan kemampuan siswa dengan personal atau pendidika yang mencoba memperdalam potensi diri dair individu. Pendidikan karekter penting memperdalam bakat tersembunyi yang ada di dalam siswa. Semua siswa memiliki bakat di bidang yang tidak sama satu dengan lainnya.

Argumentasi:

Siswa tidak pandai di bidang akademik pasti belum pasti bodoh,tetapi dia mempunyai kemampuan dibidang lain. Lewat pendidikan karakterseseoang tidak dilihat dari pintar dalam akademik. Guru tidak boleh mengcap siswa bodao jika tidak pintar dalam akademik.

Pemerintah sudah berusaha mewujudkan pendidikan karakter lewat kurikulum 2013. Lewat kurikulum ini pemerintah berusaha memperdalam keampuan karekater siswa. Karakter toleransi kepada suku, agama, kebudayaan dan lainnya. Indonesia adalah negara yang mempunyai keberagaman budaya, bahasa, kepercayaan, jadi sikap toleransi diperkenalkan dari dini.

Penegasan Ulang:

Pendidikan karakter juga diharapkan bisa membekali siswa mengenai masa depannya. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai skil dan potentis yang bisa dibanggakan suaya menjadi penerus bangsa untuk menghadapi kemajuan jaman.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Tesis:

Beberapa waktu kemarin sistem pendidikan di negara Indonesia sudah berubah yang begitu signifikan. Perbuhan yang terjadi berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2016 yang lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016.

Argumentasi:

Kementrian pendidikan dan budaya telah memaparkan bahwa kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah yang standard internasional

Ada beberapa syarat untuk melaksanakan kurikulum 2013 salah satunya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 fokus ke pembanguan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar kepada pendekaatn ilmiah.

Kurikulum 2013 juga fokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan lewat pengamatan, percobaan, dan pecipataan sebuah karya.

Tak hanyaitu, wakil kementrian pendidikan dan budaya musliar kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih fokus praktik dari pada hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani hafalan tetapi seperti kurang efektif meningkatkan kreativitas.

Anggota dean pertimbangan presiden, Meutia Hatta, mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

Kurikulum 2013 menuntut siswa supaya aktif saat proses pembelajaran, jadi yang diharapkan supaya membentuk generali berkualitas. Masih banyak masyarakat yang menolak diterapkan kurikulum 2013. Mereka berpikir perubahan kurikulum mendadak dan memaksakan.

Ada juga anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Penegasan Ulang:

Meskipun akan membuat mata pelajaran yang akan diajarkan jadi sederhana, tapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki para siswa jadi berkurang karena materi tidak dipelajari dengan lengkap, tetapi dipisah yang bisa saja para siswa menjadi bingung.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Tesis:

Pada hakikatnya organisasi tidak terlepas dari pertikaian. Pasti sudah banyak yang pernah mengikuti organisasi dan pernah mengalami pertikaian. Hal ini seperti bumbu layaknya pada dunia perpolitikan.

Argumentasi:

Yang pernah berorganisasi pernah memberikan pendapat bahwa karena ada yang tidak suka dengan salah satu anggota semua pasti akan tepengaruh, hal itu seharusnya tergantung dari kedewasaan masing masing. Jadi bisa memilih mana yang baik dan buruk.

Penegasan Ulang :

Kenapa ada pertikaian? Karena terjadi salah paham karena adu mulut dan lidah yang tak memiliki tulang metakan yang tidak seharusnya, hal ini menjadi penyebab pertikaian, apabila didiskusikan dengan rinci, maka akan baik baik saja, karena semua membutuhkan komunikasi. Sehingga sekecil apa pertikaian itu bisa diselesaikan bersama, karena dari hal kecil bisa menjadi besar.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Tesis :

Pendidikan adalah senjata yang ampuh untuk mengubah perekonomian dunia, karena pendidikan adalah sarana yang digunkan untuk mempelajarai banyak hal yang bermanfaat. Selaim untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, pendidikan juga dapat mengentaskan kemiskinan disuatu negara.

Argumentasi :

Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang bisa dibilang lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana yang banyak untuk membangun gedung sekolah dan memberi sekolah gratis.

Seorang hanya tinggal para siswa yang harus memilili keinginan belajar dan berprestasi. Jadi semangat akan terbentuk dan harus memberi yang terbaik untuk negara karena pendidikan yang mudah sudah diberikan pemerintah.

Penegasan Ulang :

Saat fasilitas dan peran aktif para siswa sudah bergabung untuk ikut andil dalam sektor pendidikan dan ekonomi, maka kemungkinan besar derajat Indonesia lebih diakui di mata dunia. Bisa jasi akan banyak investor asing berdatangaan yang bida meningkatkan perekonomian di dalam negerai. Guru yang memiliki kualitas dan kompetensi juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.

Author