Hai, Cerdikawan! Pasti pernah dengar dong ada soal dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang urutan fase mertamorfosis katak? Seperti yang kita ketahui beberapa hewan mengalami metamorfosis dalam proses perkembangannya. Metamorfosis itu sendiri merupakan salah satu perubahan yang dilihat secara biologi. Perubahan yang diamati dalam biologi tersebut mempengaruhi seputar perubahan sel serta bentuk fisik yang drastis dari seekor hewan. Perubahan bentuk yang drastis ini dilihat dari semenjak hewan tersebut lahir sampai dewasa. Contoh beberapa hewan yang mengalami metamorfosis dalam perkembangannya: kupu-kupu, kecoak, belalang, nyamuk, dan katak. Katak merupakan hewan amfibi dan salah satu hewan yang mengalami metamorfosis dalam proses pertumbuhannya.

Nah, supaya lebih jelas, kali ini kita akan bahas lebih lanjut urutan perkembangan metamorfosis katak. Yuk disimak!

Fase Metamorfosis Katak Awal: Telur

Urutan metamorfosis katak yang paling pertama adalah berupa telur. Ciri fisik dari telur katak biasanya berbentuk seperti kumpulan buih transparan yang saling melekat dengan titik berwarna kelam di tengahnya. Bentuk telur katak ini biasa disebut orang mirip dengan bentuk fisik dari buah selasih. Beberapa orang mungkin akan bergidik melihat tampilan fisik dari telur katak karena bentuknya yang memicu orang dengan tripofobia. Telur-telur katak ini biasanya diletakkan oleh induknya di tempat yang basah atau lembab. Oleh karena itu, musim hujan adalah musim yang sering mereka gunakan untuk berkembang biak. Banyak sekali katak yang berkembang biak pada musim hujan. Kita bisa dengan mudah menjumpai telur-telur kata pada musim ini.

Jumlah telur yang dihasilkan katak pada tiap bertelur cukup fantastis! Seekor katak mampu menghasilkan 20.000 telur dalam jangka tiga kali reproduksi. Dalam metamorfosis katak paling awal ini, biasanya memakan waktu setidaknya tiga mingguan untuk dapat memasuki ke fase berikutnya.

metamorfosis katak fase telur
tribunnews.com

Fase Kecebong

Urutan pada fase metamorfosis katak berikutnya setelah telur adalah fase kecebong. Pada fase kecebong ini, telur katak akan mulai mengalami perubahan bentuk fisik menjadi memiliki insang dan ekor untuk dapat berenang. Untuk memiliki ekor, kecebong pun membutuhkan waktu selama satu minggu. Pada fase kecebong ini memiliki beberapa tahapan dalam perubahan bentuk fisiknya.

Pada awalnya kecebong hanya memiliki ekor untuk berenang. Kecebong tidak memiliki kulit. Kemudian setelah empat minggu, kecebong baru akan memiliki kulit untuk melindungi organ tubuhnya. Setelah itu baru pada minggu keenam kecebong memiliki kaki belakang dan mulai membentuk paru-paru. Pada minggu-minggu selanjutnya kecebong mulai membentuk kepala katak dan mulai beradaptasi untuk hidup di darat. Biasanya tahap perubahan ini memakan waktu sekitar tiga minggu setelah terbentuknya paru-paru.

metamorfosis katak fase kecebong
eramuslim.com

Fase Katak Muda

Setelah kecebong bermetamorfosis hampir menyerupai katak, urutan fase berikutnya adalah fase katak muda. Memang katak memiliki urutan metamorfosis yang tidak memakan waktu lama tetapi signifikan pada tiap perubahannya. Oleh karena itu katak dikenal memiliki metamorfosis yang sempurna.

Fase katak muda ini, ditandai dengan kecebong yang mulai terlihat sebagian besar perubahan morfologis dan fisiologisnya. Fase ini memakan waktu selama tiga minggu sebelum mencapai fase metamorfosis katak yang paling akhir. Mulanya, wujud kecebong mulai berganti menjadi seekor katak, tetapi belum sempurna. Jika sebelumnya kecebong pada minggu keenam hingga minggu kesembilan mulai beradaptasi hidup di darat, katak muda mulai meninggalkan habitat sebelumnya. Katak muda memulai habitat barunya yaitu di darat. Ia akan banyak menghabiskan waktu berada di darat contohnya untuk mencari makan.

metamorfosisi kata fase katak muda
swarakampus.com

Fase Metamorfosis Katak Akhir: Katak Dewasa

Nah, kita sudah masuk pada pembahasan akhir kita nih, Cerdikawan! Akhirnya, pada fase terakhir ini katak sudah menjadi kata sempurna! Fase ini disebut sebagai fase katak dewasa. Biasanya, semua proses sampai tercapainya fase katak dewasa ini berjalan kurang lebih sebelas minggu lho! Ciri-ciri yang umumnya ditemui pada katak dewasa; ciri fisik dari fase kecebong sudah hilang sepenuhnya, sudah bisa melompat menggunakan kakinya, insangnya sudah hilang diganti paru-paru yang sudah sempurna, dan sudah sepenuhnya berganti habitat menjadi di darat.

Katak dewasa ini biasanya kerap memangsa serangga berukuran kecil yang hidup di darat. Misalnya, lalat, jangkrik, laron, laba-laba, dsb.

metamorfosis katak fase katak dewasa
modulipakelas5sd.blogspot.com

Baca juga: https://pinterkelas.com/pengertian-metamorfosis-katak/

Author