Sobat PinterKelas, ini tiba saat untuk belajar tentang biologi. Apakah kamu suka mata pelajaran biologi? Bidang studi ini sangat mengasyikkan lho karena berhubungan dengan alam semesta. Nah, salah satu pembahasan biologi adalah tentang fotosintesis.

fotosintesis
pixabay.com

Apakah kamu sudah akrab dengan istilah ini? Proses fotosintesis merupakan keistimewaan dari tumbuhan. Manusia dan hewan tidak mampu membuat makanan sendiri selayaknya tumbuhan.

Melalui proses fotosintesis, kita diajarkan untuk lebih sayang kepada tumbuhan. Lewat proses itu, manusia dan hewan bisa makan untuk bertahan hidup. Penasaran dengan penjelasan lebih lengkap? Jangan lewatkan artikel ini.

Proses Fotosintesis

Proses ini menjadi satu kelebihan dari tumbuhan. Fotosintesis merupakan proses biokimia berupa pembentukan zat tepung seperti karbohidrat yang hanya dilakukan oleh tumbuhan. Yang mampu melakukan proses ini adalah tumbuhan yang memiliki zat hijau daun.

Tidak semua tumbuhan mampu melakukan proses ini. Ini terbatas pada tumbuhan berdaun hijau. Namun, mayoritas tumbuhan memiliki daun berwarna hijau yang berarti hampir semua tumbuhan mampu melakukan proses ini.

Zat hijau daun sangat berperan besar dalam proses ini dan didukung pula oleh unsur lain. Yang jelas, proses ini terjadi di daun tumbuhan. Ketika sinar matahari memancar dengan terik, tumbuhan siap untuk memasak.

Kemudian hasil masakan itu diedarkan ke seluruh anggota tubuhnya dan bila bersisa akan disimpan dalam bentuk cadangan makanan. Nah, selama ini kita mengonsumsi buah yang merupakan sisa dari hasil fotosintesis. Ajaib kan?

Mengetahui hal ini kamu masih enggan menanam tumbuhan dan merawatnya? Tumbuhan memberi kita cadangan makanan yang bisa membuat tubuh sehat lho! Ingat hal itu baik-baik ya!

Fungsi Fotosintesis

Bila tumbuhan ditakdirkan memiliki kemampuan itu, pasti terdapat banyak fungsinya dong! Proses ini sangat penting untuk pertumbuhan tumbuhan. Kamu pasti ingat eksperimen tentang frekuensi sinar matahari terhadap tumbuhan tidak?

fotosintesis
pixabay.com

Tumbuhan dengan sinar matahari minim atau bahkan tidak ada, cenderung akan tumbuh kurus dan mudah layu. Pun lama-kelamaan tumbuhan itu akan segera mati. Itu dikarenakan tumbuhan tidak mampu membuat makanan sendiri.

Sedangkan bila tumbuhan diletakkan di tempat terbuka dengan sinar matahari cukup, tumbuhan akan tumbuh subur. Ini dikarenakan oleh maksimalnya faktor sinar matahari. Proses biokimia ini tidak bisa berjalan dengan lancar bila satu unsur saja tidak terpenuhi.

Fungsi proses ini bagi tumbuhan adalah untuk melangsungkan kehidupan. Hasil dari proses ini adalah energi dan makanan. Keduanya akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan melalui berkas pengangkut.

Bila hasil proses ini diedarkan, tumbuhan akan tumbuh dengan subur. Selain itu, dari hasil ini akan terdapat sisa cadangan makanan berupa karbohidat. Cadangan makanan ini akan sangat bermanfaat untuk manusia sebagai bahan makanan.

Proses ini pun menghasilkan oksigen yang akan membersihkan udara di bumi. Tanpa ada tumbuhan, udara di bumi akan terkotori dan manusia tidak bisa hidup dengan nyaman.

Reaksi Fotosintesis

Langsung saja kita bahas dengan menuliskan rumusnya, yakni:

6 H2O + 6 CO2 + cahaya –> C6H12O6 + 6 CO2 + energi
                              klorofil


Keterangan :
H2O = air
CO2 = karbondioksida
C6H12O6 = karbohidrat/glukosa
O2 = oksigen

Semua unsur itu harus ada untuk melakukan proses pembuatan masakan. Lokasi pembuatan makanan ada di daun yang kaya akan kandungan klorofil. Bila ada satu unsur yang tidak terpenuhi dengan maksimal, maka proses akan terganggu.

Proses biokimia ini terjadi pada siang hari. Semua syarat harus terpenuhi. Tumbuhan harus memiliki air dan unsur hara sebagai bahan masakan kemudian dimasak menggunakan dua faktor utama yakni cahaya dan zat hijau daun. Bila proses ini sukses, maka akan dihasilkan karbohidrat, oksigen, dan energi.

Karbohidrat dan oksigen digunakan untuk manusia dan hewan untuk dimanfaatkan. Sedangkan energi digunakan tumbuhan untuk terus bertahan hidup. Ternyata proses ini sangat penting ya baik untuk tumbuhan dan makhluk hidup lainnya.

Unsur Pendukung Fotosintesis

Tumbuhan tidak bisa melakukan proses ini tanpa dukungan dari beberapa unsur. Baik dari tumbuhan sendiri maupun dari faktor luar. Namun, kebanyakan ada dari faktor luar. Ini yang membuat kamu bisa menanam dan merawat tanaman, karena kamu bisa membantu prosesnya dalam membuat makanan.

fotosintesis
pixabay.com

Beberapa unsur yang mendukung proses fotosintesi antara lain:

1. Cahaya Matahari

Sinar matahari menjadi satu unsur yang memiliki peran penting. Bila semua bahan telah terpenuhi tetapi tidak bisa mendapat sinar matahari, maka proses ini tidak akan terjadi.

Kamu bisa melihat fenomena ini ketika musim salju di daerah subtropis. Meskipun tumbuhan memiliki air, unsur hara, dan klorofil, ketika sinar matahari tidak ada maka proses ini tidak akan terjadi.

Hingga akhirnya sinar matahari datang baru kemudian proses ini bisa terjadi. Bisa dikatakan, sinar matahari tidak boleh sampai tidak ada. Maka beruntunglah kita yang tinggal di negara tropis.

2. Klorofil

Klorofil adalah modal utama tumbuhan untuk membuat energi dan makanan. Tanpa zat ini sulit bagi tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Klorofil terletak di daun dan disinilah tempat proses ini dilakukan.

Zat ini menentukan bahwa setiap tumbuhan dengan klorofil pasti mampu melakukan proses ini. Alhasil tumbuhan disebut dengan organisme autotrof karena mampu membuat makanan dengan bantuan sinar matahari.

Beberapa tumbuhan yang masih ke dalam kingdom plantae yang tidak memiliki klorofil tidak bisa memasak. Maka mereka tidak mampu membuat makanan sendiri.

3. Air dan Mineral

Setiap akan memasak pasti membutuhkan bahan dong! Nah, air dan mineral adalah bahan utama bagi tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis. Tanpa air dan mineral proses ini juga tidak akan terjadi.

Ketika kamu memelihara tumbuhan, kamu harus pastikan bahwa kebutuhan akan air dan mineral tercukupi dengan baik. Dengan begitu tumbuhan mampu membuat makanan sendiri untuk melakukan aktivitas hidup.

4. Karbondioksida

Tumbuhan itu unik. Ketika makhluk hidup lain membutuhkan oksigen untuk bernapas, justru tumbuhan membutuhkan karbondioksida. Manusia dan hewan menghasilkan karbondioksida yang kemudian digunakan oleh tumbuhan.

Ketika proses ini selesai, oksigen akan dikeluarkan oleh tumbuhan lalu digunakan oleh hewan dan manusia. Kehadiran tumbuhan membantu memberi keseimbangan alam, jadi kita harus bersyukur.

Hasil Fotosintesis

Hasil dari proses ini adalah karbohidrat, oksigen, dan energi. Yang paling dibutuhkan dan segera digunakan tumbuhan adalah energi, sedangkan dua zat lain sifatnya tidak dibutuhkan dan akan dibuang bila sudah terlalu membebani.

Itulah mengapa oksigen dibuang oleh tumbuhan lalu dihirup oleh manusia. Semakin banyak tumbuhan makin bagus pula kondisi udara di lingkungan. Sedangkan cadangan makanan dalam bentuk buah bila tidak segera diambil oleh manusia akhirnya akan membusuk dan jatuh juga ke tanah.

Ini membuktikan bahwa tumbuhan tidak terlalu membutuhkan cadangan makanan. Sifatnya adalah cadangan, bila tidak dibutuhkan maka akan dibuang.

Author