Pengertian sosiologi biasanya dipelajari oleh kamu yang di sekolah lanjutan atas mengambil jurusan ilmu sosial atau ilmu pengetahuan sosial. Sementara, bagi kamu yang bersekolah di jurusan ilmu pengetahuan alam, sosiologi materi ini mungkin dipelajari saat di bangku kuliah. Meski kuliah kamu tetap ilmu alam, beberapa jurusan memberikan ilmu sosiologi kepada mahasiswanya.

pengertian sosiologi
pixabay.com

Hmmm…Ada ilmu sosial yang dipelajari juga oleh beberapa mahasiswa ilmu alam? Menarik bukan? Ini dikarenakan ilmu ini berkaitan dengan masyarakat, sesuai pengertian sosiologi itu sendiri.

Semakin penasaran deh dengan pengertian sosiologi. Makanya yuk simak materi PinterKelas kali ini! Khususnya bagi kamu yang mengambil jurusan ilmu sosial di sekolah lanjutan.

Pengertian Sosiologi Secara Umum

Kata sosiologi berasal dari Bahasa Latin. Kata tersebut terbagi menjadi dua, yaitu Socium dan Logos. Socium artinya masyarakat atau makhluk sosial dan logos artinya ilmu pengetahuan alam.

Jika kedua kata latin digabungkan dan menjadi sosialogi diperoleh pengertian sosiologi secara umum. Artinya ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat atau manusia sebagai makhluk sosial. Makhluk yang tidak dapat berdiri sendiri. Seluruh kehidupannya tergantung pada orang lain dalam memenuhi kebutuhan.

Mengingat logos adalah ilmu pengetahuan atau ilmu, sosiologi dan teori yang ada di dalamnya diperoleh dengan penelitian para ahli sosiolog. Bukan sekadar ilmu yang didasari pengalaman tertentu.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Meski sosiologi secara umum didefinisikan berdasarkan asal katanya, para ahli terkadang mempunyai pengertian atau definisi yang sedikit berbeda. Ini dikarenakan mereka memperoleh pengertian dan menyesuaikan dengan masyarakat sebagai salah satu objek studi sosisologi. Sementara masyarakat yang tentunya terdiri dari manusia sering kali mengalami dinamika atau perubahan.

Para ahli memberi pengertian sosiologi yang dapat digunakan pada masyarakat dalam kondisi apapun. Pengertian sosiologi menurut para ahli Indonesia dan lainnya, antara lain sebagai berikut.

1. Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto merupakan ahli sosiologi terkenal di Indonesia. Bukunya, Pengantar Sosiologi masih digunakan sampai saat ini oleh mahasiswa-mahasiswa di berbagai perguruan tinggi sebagai rujukan.

Menurut Soekanto, sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian dari segi kemasyarakatan. Dengan demikian, ilmu ini akhirnya dapat menemukan pola-pola umum pada kehidupan masyarakat yang dapat digunakan untuk masyarakat lain.

2. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi memberi pengertian sosiologi secara lebih terperinci. Ilmu ini mempelajari tentang struktur, proses, dan perubahan sosial yang terjadi dalam kelompok masyarakat.

Kedua sosiolog Indonesia ini mendefinisikan pola umum kehidupan masyarakat yang dimaksud Soekanto. Selanjutnya menurut Selo dan Soelaeman, tidak hanya mempelajari dan menemukan perubahan pada masyarakat. Ilmu juga mempelajari faktor pendorong, pengaruh, penggerak, dan lain-lain atas perubahan sosial.

3. Pitirim Sorokin

Menurut Pitirim Sorokin, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan atau kaitan timbal balik atau saling mempengaruhi antara berbagai gejala sosial yang ada dalam masyarakat. Gejala sosial tersebut, yaitu gejala keluarga, gejala moral, gejala ekonomi , dan gejala lainnya.

Contoh hubungan yang terjadi adalah sebagai berikut.Gejala moral remaja yang semakin menurun, ada hubungannya dengan gejala keluarga yang semakin menjauh dari baik, dan mungkin juga gejala ekonomi yang sedang terpuruk.

Selain mempelajari hubungan gejala sosial yang ada di masyarakat, sosiologi Pitirim Sorokin juga mempelajari hubungan gejala sosial dan non sosial.

4. Paul B. Horton

Paul B. Horton menyebutkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat pada kelompok manusia. Ilmu tidak mempelajari individu dalam kelompok.

Menurut Paul, ilmu sosiologi imi mempelajari tentang kelompok masyarakat tertentu dan produk yang dihasilkan. Produk yang dapat berupa barang dan jasa, moral, budaya, dan sebagainya. Sesuatu yang lahir asli dari dalam kelompok masyarakat.

5. Allan Jhonson

Menurut Allan Jhonson ,sosiologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dan perilaku. Tentu saja kehidupan dan perilaku tersebut milik manusia. Kehidupan dan perilaku yang berhubungan dengan sistem sosial atau sistem yang ada dalam masyarakat.

Tidak hanya itu, sosiologi menurut Allan juga mempelajari pengaruh sistem sosial terhadap manusia atau sebaliknya, pengaruh manusia terhadap sistem sosial yang ada.

6. Max Weber

Menurut sosiolog lain, Max Weber yang juga sangat dikenal di dunia, pengertian sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari segala tindakan sosial individu dan kelompok yang terjadi dalam masyarakat.

Di sini kamu mempelajari apa saja tindakan sosial yang dimaksud, akibat, dan faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan sosial.

7. Karl Marx

Hmm…Kamu kenal dengan Karl Marx? Karl Marx memang bukan seorang sosiolog tetapi lebih dikenal dengan ahli ekonomi. Orang mengenal ideologi yang dikembangkannya dengan sebutan Marxisme.

Karl Marx memang tidak mendefinisikan sosiologi secara langsung atau eksplisit. Namun, beberapa sosiolog menggunakan studi ekonominya sebagai landasan dasar beberapa teori sosiologi.

Menurut Karl Marx, sosiologi merupakan bagian dari ilmu yang dipelajari sebagai alat untuk mengangkat kaum tertindas melawan kaum penindas. Ilmu yang dapat digunakan untuk mendukung cita-cita Marxisme, yaitu mewujudkan masyarakat tanpa memperhatikan kelas atau strata sosial.

8. August Comte

Menurut August Comte, sosiologi didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari fenomena sosial dan melahirkan hukum-hukum yang tetap. Hukum-hukum yang dapat berlaku pada masyarakat dalam kondisi apa saja dan menjadi objek investigasi.

9. Wright Mills

Wright Mills memandang sosiologi dengan cara sedikit berbeda. Menurut Wright, dengan ilmu sosiologi, seseorang dapat memahami apa yang terjadi di dunia dan dalam dirinya. Tidak terbatas pada masyarakat saja tetapi manusia yang menjadi pembentuk masyarakat.

Selanjutnya, Wright juga mengatakan manusia membutuhkan Sociological Imagination atau khayalan sosiologis. Dengan khayalan yang sebenarnya berpikir dengan cara berbeda, manusia dapat memahami sejarah masyarakat, riwayat hidup pribadi, dan hubungan antara keduanya.

10. Emile Durkheim

Menurut Emile, sosiologi mempelajari manusia dan masyarakatnya. Ini berarti sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta. Bukan sesuatu yang dikhayalkan atau impian. Fakta tersebut dipelajari dalam hubungannya dengan isntitusi sosial mulai dari keluarga hingga negara.

Fungsi Sosiologi

Berdasarkan pengertian sosiologi di atas, dapat diambil benang merahnya bahwa sosiologi mempelajari masyarakat dan segala yang terjadi di dalamnya.

pengertian sosiologi
pixabay.com

Sosiologi adalah sebuah ilmu. Oleh karena itu, sosiologi mempunyai beberapa fungsi tergantung di mana diterapkan, yaitu:

1. Perencanaan Sosial

Sosiologi memberikan gambaran tentang bagaimana kondisi masyarakat dan kebutuhannya.Ini merupakan sesuatu yang dibutuhkan pada bagian perencanaan sosial.

Dengan demikian, sosiologi dapat berfungsi membantu peran para perencana apa saja yang terjadi dalam masyarakat.

2. Penelitian

Fungsi sosiologi diperlukan pada penelitian, khususnya yang berhubungan dengan masyarakat. Misalnya saja seorang mahasiswa ilmu alam yang meneliti aplikasi ilmunya dalam masyarakat tertentu. Sosiologi sangat membantu kelancaran penelitian yang demikian.

3. Pembangunan

Fungsi pembangunan sosiologi erat hubungannya dengan perencanaan sosial. Sosiologi dibutuhkan dalam perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasi. Ini dikarenakan pembangunan memang terkait dengan masyarakat.

4. Pemecahan Masalah Sosial

Masalah sosial apa yang terjadi dalam masyarakat yang kamu ketahui? Kriminalitas tinggi, kenakalan remaja, dan sebagainya dipelajari dalam sosiologi. Setelah itu, melalui ilmu ini akan diberikan juga beberapa pemecahan sosial yang mungkin dilakukan.

Itulah sobat, materi PinterKelas tentang pengertian sosiologi dilengkapi dengan fungsinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga :
1. Ini Lho Pengertian Sosiologi yang Benar!
2. Belajar Lebih Jauh Soal HAM, Yuk! Lengkap Lho Penjelasannya

Author