Halo Cerdikawan, kali ini kita akan belajar satu hal unik. Yakni tentang minyak bumi. Pernah tidak kamu berpikir mengenai manfaat minyak bumi? Betapa besar manfaat minyak bumi untuk kehidupan kita. Dan kita patut bersyukur karena mampu menikmati manfaat minyak bumi yang begitu melimpah.

manfaat minyak bumi
proxsisgroup.com

Manfaat luar biasa ini dirasakan oleh orang terdahulu hingga sekarang. Bisa dikatakan bahwa manusia amat tergantung dengan minyak bumi. Berbagai olahan minyak bumi tidak pernah absen digunakan.

Tetapi jumlah minyak bumi kian hari kian berkurang. Alhasil mulai dilakukan berbagai upaya penghematan bahkan dicari pula energi alternatif demi menghemat minyak bumi. Nah, kali ini kita fokus membahas tentang manfaat terlebih dahulu. Check it out!

Pengertian Minyak Bumi

Segala sesuatu kini tergantung dengan minyak bumi. Berbagai macam mesin dioperasikan menggunakan minyak. Selama ini semua dioperasikan menggunakan mesin dan butuh bahan bakar yang digunakan pastilah minyak.

Tapi, apa sih pengertian dari minyak bumi? Minyak bumi adalah campuran kompleks yang sebagian besar terdiri dari hidrokarbon. Hidrokaron ini terdiri atas alakana, sikloalkana, dan komponen lain.

Minyak mentah (petroleum) adalah campuran kompleks terdiri atas hidrokarbon dan komponen kecil yang mengandung sulfur, oksigen, dan nitrogen serta ada sedikit kadar logam. Minyak bumi berasal dari jasad renik dari tumbuhan dan hewan di lautan.

Sisa-sisa hewan dan tumbuhan lautan itu mengendap lama di dasar lautan lalu tertutup oleh lumpur. Dan sisa hewan ini terkubur selama jutaan tahun sehingga membentuk minyak bumi serta gas alam.

Karena terbentuk dalam waktu cukup lama, maka barang tambang ini disebut sumber daya alam tak terbarui. Sebenarnya mampu terbarui tetapi dalam waktu sangat lama. Tetapi kini kebutuhan terhadap minyak bumi begitu tinggi.

Pengertian Minyak Bumi menurut Ahli

Para ahli pun tidak mau kalah dalam memberi pendapat mengenai minyak bumi. Nah, inilah pengertian menurut para ahli, yakni:

  1. Macqiur
    Minyak bumi ialah sumber daya alam berasal dari tumbuhan berbagai jenis yang mengendap dalam kurun waktu jutaan tahun.
  2. IMF
    Minyak bumi adalah sumber daya alam tidak dapat diperbaharui karena pembentukannya butuh waktu yang sangat lama. Kemudian barang tambang ini digunakan untuk produksi bahan dibutuhkan manusia.
  3. Barthelot
    Yakni sumber daya alam yang punya kandungan logam alkali dalam keadaan bebas dengan temperature tinggi dan bersentuhan dengan CO2 lalu membentuk asitilena.
  4. Mendeleyev
    Ialah hasil dari pengaruh kerja pada uap dengan berbagai karbida logam di dalam perut bumi. Sementara karbida ini terjadi dalam waktu jutaan tahun lamanya.

Sejarah Minyak Bumi

Minyak bumi sudah digunakan sejak zaman kuno dan hingga saat ini masih menjadi komoditas penting bagi manusia. Ini didorong karena kemajuan teknologi yang sangat butuh dukungan dari bahan bakar.

pixabay.com

Pesawat terbang sangat butuh minyak bumi dalam bentuk avtur. Minyak bumi ini diolah dalam berbagai jenis bahan bakar, termasuk avtur. Pesawat bahkan tidak bisa digunakan tanpa menggunakan avtur.

Kendaraan bermotor di daratan pun sangat butuh bahan bakar. Baik itu dalam bentuk bensin maupun oli. Selain itu, minyak bumi juga digunakan untuk memasak lewat penggunaan gas LPG.

Minyak bumi diolah dalam berbagai bentuk bahan bakar. Bahkan ampas dari minyak bumi masih bisa digunakan untuk membuat jalan. Kamu bisa melihat betapa besar manfaat aspal untuk meratakan jalan.

Pada tahun 1850, Ignacyy Lukasiewicz menemukan proses destilasi minyak tanah dari minyak bumi. Ia mendapati bahwa penggunaan minyak bumi lebih murah dibanding minyak paus.

Setelah penemuan itu dipublikasikan, penggunaan minyak bumi untuk penerangan melonjak drastic di Amerika Utara. Sumur minyak komersial pertama di dunia digali di Polandia tahun 1853.

Setelah itu, pengeboran minyak bumi berkembang amat pesat di berbagai belahan dunia. Dan saat ini pengeboran paling banyak terjadi di negara-negara Timur Tengah.

Komposisi Minyak Bumi

Ada beberapa komponen dari minyak bumi. Komponen dari minyak bumi antara lain:

  1. Senyawa n-alkana
    Adalah komponen utama minyak bumi. Pada suhu kamar, etana dan metana berbentuk gas. Metana dan etana adalah komponen utama dari LNG. Sedangkan komponen utama dari LPG adalah propane dan butana.
  2. Senyawa Sikloalkana
    Adalah komponen terbesar kedua setelah n-alkana. Senyawa sikloalkana yang sangat banyak ditemukan pada minyak bumi adlah sikloheksana dan sikloheksana.
  3. Senyawa Isoalkana
    Jumlah senyawa ini di dalam kandungan minyak bumi hanya sedikit saja.
  4. Senyawa Aromatik
    Senyawa ini hanya sedikit di dalam minyak bumi.

Penyebab Kelangkaan Minyak Bumi

Sekarang ini, sudah dirasakan fenomena kelangkaan minyak bumi. Selama ini banyak sekali kegiatan yang membutuhkan minyak bumi. Semakin banyak digunakan maka akan semakin langka pula. Dan penyebab dari kelangkaan minyak bumi antara lain:

  • Kurangnya infrastruktur pada penyaluran bahan bakar minyak (BBM)
  • Jumlah minyak bumi terbatas
  • Adanya kuota pada BBM subsidi
  • Pertumbuhan masyarakat bertambah pesat dan pengguna semakin banyak
  • Jumlah kendaraan semakin banyak, sedangkan jumlah minyak bumi tidak banyak bertambah.

Cara Melestarikan Minyak Bumi

Bagaimana cara menghemat minyak bumi? Simak caranya di bawah ini:

  1. Menghemat penggunaan
    Penggunaan minyak bumi harus sehemat mungkin. Bila kamu terlalu boros menggunakan minyak bumi, maka jumlahnya akan semakin berkurang.
  2. Mencari energi alternatif
    Energi alternatif amat penting dalam upaya menghemat minyak bumi. Semakin banyak energi alternatif ditemukan, maka penggunaan minyak bumi akan berkurang. Alhasil bahan bakar ini akan lebih hemat.
  3. Menggunakan biogas
    Bila selama ini kamu menggunakan gas LPG, kini saatnya kita menggunakan biogas. Penggunaan biogas ini bisa menghemat penggunaan minyak bumi. Dengan begitu, jumlah minyak bumi bisa dihemat.

Manfaat Minyak Bumi

manfaat minyak bumi
rri.co.id

Apa sih kegunaan dari minyak bumi? Simak di bawah ini:

1. Sebagai bahan bakar

Minyak bumi diolah menjadi berbagai bahan bakar. Bahan bakar ada berbagai macam dan dipergunakan sesuai dengan jenis kendaraan. Ada bensin, avtur, minyak tanah, dan berbagai bahan bakar lain.

2. Sumber gas cair

Selain menjadi bahan bakar minyak, minyak bumi bisa diolah pula menjadi gas LPG. Nah, sekarang ini gas LPG digunakan untuk memasak. Dulu selepas minyak tanah, semua sudah menggunakan gas LPG.

3. Digunakan dalam industri kimia

Minyak bumi pun digunakan dalam industri kimia. Beberapa penggunaannya yakni saat mengolah cat dinding, cat kayu, plastik, dan lain-lain.

4. Digunakan untuk mengolah pupuk

Pembuatan pupuk pun dilakukan dengan menggunakan minyak bumi. Dan pupuk ini dimanfaatkan untuk membuat tanaman subur.

5. Sebagai pembangkit listrik

Pembangkit listrik tenaga uap didapatkan dari aktivitas minyak bumi. Dan listrik adalah salah satu kebutuhan utama dari manusia saat ini.

Bila kamu mendapati pertanyaan sebutkan contoh pemanfaatan minyak bumi dalam kehidupan manusia sudah dijelaskan di atas. Dampak minyak bumi memang ada, terlebih ketika dibakar dan mampu menghasilkan gas karbondioksida dan karbonmonoksida.

Meskipun tidak dijelaskan manfaat minyak bumi untuk obat¸ tetapi paling tidak manfaat umum dari minyak bumi sudah dibahas. Semoga bermanfaat.

Baca juga :
1. Mengenal Ikatan Ion dan Membedakannya dengan Ikatan Kimia Lain
2. Pengertian dan Macam Ikatan Kimia, Beserta Contohnya!

Author