Halo Cerdikawan! Jumpa lagi dengan Pinter Kelas. Kali ini kita belajar tentang materi sederhana, yakni gelombang. Nah, bila kamu mempelajari materi ini nih, kamu akan tahu bahwa gelombang itu merambat. Penting untuk tahu rumus cepat rambat gelombang kemudian. Apakah kamu tahu rumus cepat rambat gelombang sepenting itu? Tentu. Nanti, entah kapan, kamu akan paham mengapa kamu harus tahu rumus cepat rambat gelombang. Tunggu nanti!

utakatikotak.com

Berbagai hal di dunia terjadi lantaran ada gelombang. Sebenarnya ada bermacam gelombang di dunia ini. Tetapi ada satu hal pasti, bahwa tiap gelombang itu merambat. Karena merambat adalah gerakan aktif, maka pasti ada kecepatan berperan di situ.

Kecepatan penting untuk menentukan secepat apa gelombang bisa merambat. Apakah cepat? Ataukah justru lambat? Dan apakah cepat rambat ini berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari? Nanti kita simak bersama-sama ya Cerdikawan!

Pengertian Gelombang

Untuk tahu cepat rambat gelombang, mengapa tidak kita pelajari pengertian gelombang terlebih dahulu? Lagipula ada beberapa gelombang yang bisa kita bahas. Pada jenis gelombang apapun, sebenarnya rumusnya sama kok!

Ada tiga macam gelombang untuk kita pelajari, yakni gelombang tranversal, gelombang longitudinal, dan gelombang bunyi. Ketiganya sama-sama membutuhkan perantara rambat dan sama-sama memiliki kecepatan rambat.

Mari kita pelajari satu per satu!

Gelombang tranversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus terhadap arah getarannya. Gelombang itu tentu membutuhkan media sebagai perambat. Contoh di kehidupan sehari-hari seperti gulungan air laut, gelombang cahaya, atau gelombang dari tali yang digerakkan.

utakatikotak.com

Gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarannya. Nah, gelombang ini bisa kamu lihat pada bunyi dan slinki. Jadi kalau kita berbicara tentang gelombang bunyi, ternyata ia merupakan bagian dari gelombang longitudinal.

rumus cepat rambat gelombang
utakatikotak.com

Gelombang bunyi adalah bentuk dari gelombang longitudinal dengan output berupa suara yang bisa ditangkap oleh telinga manusia maupun hewan. Bunyi itu bisa bermacam-macam. Bisa berupa gesekan, tubrukan, nyanyian, dan berbagai kegiatan apapun yang mampu menimbulkan suara.

ujiansma.com

Dan gelombang itu akan merambat dengan media tertentu sehingga tertangkap oleh telinga manusia. Manusia tanpa bunyi pastilah merasa sunyi. Dan bila telinga masih berfungsi dengan baik, pasti bunyi bisa diterima.

Itulah pengertian dari macam-macam gelombang. Satu hal pasti, apapun jenis gelombangnya, rumus cepat rambat gelombang itu tetap sama. Tidak ada hal berbeda. Mengenai arah rambat, itu hanya berpengaruh terhadap beberapa hal tertentu yang bisa dibedakan dengan mudah.

Sampai disini sudah paham kan?

Rumus Cepat Rambat Gelombang

Mau itu gelombang tranversal maupun longitudinal, rumusnya tetap sama. Bukan sekadar rumus cepat rambatnya, mengenai hal lain pun tetap sama. Kamu pasti penasaran dong dengan berbagai rumus dari gelombang. Simak ulasannya di bawah ini ya!

Bila berbicara tentang gelombang tranversal, kamu akan familiar dengan puncak gelombang dan lembah gelombang. Satu gelombang bisa diidentifikasi dengan adanya satu puncak dan satu lembah.

Sedangkan gelombang longitudinal erat dengan regangan dan rapatan. Satu gelombang pun diidentifikasi dengan adanya satu regangan dan satu rapatan. Ini cara mudah menentukan jumlah gelombang bila tersedia gambar dari gelombang itu sendiri.

rumus cepat rambat gelombang

Keterangan:

  • v = cepat rambat gelombang (m/s)
  • λ = panjang gelombang (m)
  • f = frekuensi (Hz)
  • T = periode (s)

Biasanya di dalam sebuah soal, kalau tidak diketahui frekuensi pastilah periode. Ini merupakan variasi karena kondisi di lapangan. Bila periode diketahui, kamu bisa gunakan rumus pertama. Atau bila hanya diketahui frekuensi dan lamda, kamu juga bisa gunakan rumus pertama.

Atau bila frekuensi atau periode tidak ada, tetapi ada variabel lain. Kamu harus mencari nilai frekuensi atau periode sesuai data yang ada. Sangat mudah kan rumusnya? Sekarang kita perlu menjawab beberapa soal sebagai latihan.

Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang

Agar tidak kebingungan, kamu harus menjawab beberapa soal. Karena pasti ada evaluasi yang harus dijawab. Dan tanpa latihan soal, kamu tidak akan terbiasa dengan berbagai tipe soal tersebut. Mari kita kupas beberapa contoh soal di bawah ini:

  1. Berapa frekuensi dan periode gelombang bila diketahui cepat rambatnya 400 m/s dan panjang gelombangnya 20 meter?

    Jawab:

    Frekuensi gelombang adalah 20 Hz


    Jadi periode dari gelombang itu adalah 1/20 sekon.
  2. Sebuah gelombang bergetar sebanyak 120 kali dalam waktu 1 menit. Bila panjang gelombang adalah 2 meter, berapa cepat rambat gelombang itu?

    Jawab:
    n = 120 kali
    t = 1 menit = 60 sekon
    λ = 2 meter

    frekuensi gelombang
    f = n/t = 120/60
    f = 2 Hz
    v = λ x f
    v = 2 x 2 = 4 m/s
    Cepat rambat dari gelombang tersebut adalah 4 m/s.
  3. Sebuah tali digetarkan dan membentuk gelombang dengan panjang gelombang 40 cm. Bila periode gelombang adalah 2 sekon, berapa cepat rambat gelombang itu?

    Jawab:
    λ = 40 cm = 0,4 m
    t = 2 sekon
    v = λ/T
    v = 0,4/2 = 0,2 m/s
    Cepat rambat dari gelombang itu adalah 0,2 m/s
  4. Sebuah kapal sedang mengukur kedalaman laut menggunakan perangkat suara. Bila bunyi ditembakkan ke dasar laut, bunyi pantul diterima setelah 15 detik. Berapa kedalaman laut itu bila cepat rambat bunyi sebesar 2000 m/s?

    Jawab:
    t = 15 s
    v = 2000 m/s
    s = v.t/2 (karena gelombang memantul maka perlu dibagi 2)
    s = 2000. 15/2
    s = 30.000/2
    s = 15.000 m
    Jadi kedalaman laut adalah 15.000 m
  5. Sebuah gabus terapung pada puncak gelombang air laut dengan jarak dua bukit gelombang terdekat adalah 2 meter. Gabus berada di puncak bukit lagi setelah 1 detik kemudian. Berapa cepat rambat gelombang dan panjang gelombang itu?

    Jawab:
    λ = 2 meter
    f = 1 Hz
    v = λ x f
    v = 2 x 1 = 2 m/s
    1 panjang gelombang adalah jarak dua bukit berdekatan. Dari soal tersebut, maka panjang gelombang sebesar 2 meter. Sampai disini sudah jelas bukan?

Itulah tadi materi seputar cepat rambat gelombang. Karena gelombang merambat menggunakan media, maka memang ia memiliki kecepatan rambat pula. Bila tidak merambat, pasti tidak akan memiliki kecepatan.

Dari ulasan tadi, kita bisa mempelajari rumus cepat rambat gelombang tranversal, rumus cepat rambat gelombang bunyi, serta rumus cepat rambat gelombang longitudinal yang semuanya memiliki rumus sama.

Perbedaan gelombang itu hanya berkutat pada arah rambat. Selebihnya masih tetap sama. Juga dari cara menghitung satu gelombang. Bila gelombang tranversal satu gelombang berarti satu puncak dan satu bukit, maka gelombang longitudinalnya satu rapatan dan renggangan.

Ini sangat sederhana sehingga kamu pasti akan sangat mudah mempelajarinya. Itulah tadi materi super sederhana yang sudah kita bahas. Semoga materi ini bermanfaat untuk kamu ya!

Baca juga :
1. Pengertian Rangkaian Seri beserta Kekurangan dan Kelebihan
2. Rumus Rangkaian Seri dan Paralel beserta Pengertiannya!

Author