Hai Cerdikawan, sudah siap untuk belajar hari ini? Kali ini kita akan belajar mengenai rumus statistika. Kamu sudah familiar dengan materi ini belum? Kamu akan mendapatkan materi statistika pada kelas 12. Nanti kamu akan mendapatkan materi rumus statistika dan bisa mempelajarinya. Tapi tidak ada salahnya dong bila kamu mempelajari rumus statistika dari Pinter Kelas.

Statistika sangat bermanfaat bagi kehidupan. Terutama dalam berbagai hal berbau riset dan penelitian. Ketika sudah sampai di masa kuliah atau kerja, kamu akan akrab dengan statistika.

Banyak hal yang harus dilakukan yang sebelumnya membutuhkan riset. Lalu hasil riset itu harus dianalisis menggunakan konsep statistika. Barulah setelah itu bisa diinterpretasi hasilnya dan bisa diterapkan dalam strategi bisnis, marketing, maupun berbagai bidang.

Nah, sebelum terjun kelak di lapangan, kamu harus mempelajari rumusnya dulu. Supaya nanti tidak ada lagi kebingungan. Yuk kita bahas sekarang!

Pengertian Statistika

Dari tadi berbicara mengenai statistika, lantas apa sih pengertian dari materi satu ini? Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merencanakan, menganalisis, menginterpretasi, mengumpulkan, dan mempresentasikan data. Sebuah data akan dianalisis hingga tuntas sampai bisa diambil kesimpulan dari data itu.

rumus statistika
freepik.com

Ilmu statistika berkaitan dengan data. Namun, statistika dan statistik itu berbeda. Statistik adalah data, sedangkan statistika adalah ilmu yang mempelajari data. Fungsi dari ilmu ini amatlah penting.

Fenomena di dunia ini amatlah beragam. Bahkan beberapa fenomena benar-benar baru dan tidak ada rekam data sebelumnya. Nah, bila hendak mengambil informasi mengenai fenomena itu, cara paling mudah dilakukan adalah dengan mengambil datanya.

Data diambil dari lapangan. Dan data yang paling mudah dianalisis bila data itu berupa data kuantitatif. Apa itu kuantitatif? Yakni memiliki data berupa angka yang jelas dan bisa dianalisis dengan tepat.

Analisis data tepat akan memudahkan peneliti untuk menemukan kondisi dari fenomena di kehidupan. Itulah mengapa statistika amatlah penting. Kamu kelak akan membutuhkan rumus statistika paling tidak untuk mengerjakan skripsi.

Dan lebih lanjut, bila kamu bekerja di bidang research, kamu akan selalu menggunakan konsep statistika. Jadi memang materi ini amatlah penting. Jangan sampai lewatkan materi ini ya!

Kumpulan Rumus Statistika

Ada berbagai rumus statistika yang bisa kamu pelajari. Karena prinsip di statistika amatlah banyak. Mulai dari yang sederhana seperti rata-rata, modus, maupun median sampai pada simpangan baku dan analisis rumit lainnya.

Kamu pasti penasaran dong dengan rumus-rumusnya. Simaklah di bawah ini:

1. Rumus Rata-Rata

Rata-rata ini sama dengan rata hitung. Konsep rata-rata digunakan untuk mencari satu nilai utama dari banyak nilai yang ada. Dan nilai ini mampu menggambarkan secara keseluruhan dari nilai yang ada. Konsep rata-rata ini pun penting untuk menyederhanakan data agar lebih mudah dideskripsikan.

Dan inilah rumus dari rata-rata, yakni:

Cara mencari rata-rata adalah dengan menjumlah seluruh data yang ada lalu dibagi dengan banyaknya data. Kamu bisa mencoba konsep rata-rata dengan melihat hasil rapor mu. Jumlahkan seluruh nilai yang ada dan bagi dengan jumlah nilai dari mata pelajaran. Dan kamu akan tahu berapa nilai rata-rata rapormu. Mudah bukan?

2. Rumus Modus

Modus adalah data yang paling sering muncul atau data yang memiliki frekuensi paling besar di antara data-data yang lainnya. Jadi bila ada data nilai dan kamu melihat ada data yang paling sering muncul, itu yang disebut dengan modus.

Coba lihat data berikut ini:

6, 9, 7, 6, 7, 7, 6, 8, 7, 5, 7

Dari data di atas, manakah yang termasuk modus? Karena data 7 paling banyak, maka nilai 7 itu yang disebut dengan modus. Mudah sekali bukan?

3. Rumus Median

Apa itu median? Median adalah nilai tengah. Bila kamu memiliki data, kamu harus cari data pada bagian paling tengah. Untuk mencari nilai median, kamu bisa menggunakan rumus median.

Dan median ini bisa digunakan untuk data ganjil maupun data genap. Inilah rumus yang digunakan untuk mencari median :

Bagaimana, sulit atau mudah rumus dari median ini?

4. Rumus Kuartil

Kuartil atau Qi adalah nilai yang mampu membagi sekumpulan data yang disusun ke dalam 4 bagian sama besar. Kamu pasti bingung deh! Coba lihat gambar di bawah ini:

rumus statistika

Pahami dengan baik ya gambar diatas, agar kamu tidak bingung lagi menyelesaikan soal mengenai kuartil.

5. Jangkauan

Apa itu jangkauan? Jangkauan adalah cakupan untuk mencari data terbesar dan data terkecil. Jangkauan digunakan untuk menghitung selisih nilai tertinggi dan terendah dalam suatu kelompok data.

Rumus yang digunakan menghitung jangkauan adalah Xmax – Xmin.

6. Simpangan Kuartil

Simpangan kuartil adalah jangkauan dari tiga kuartil yang ada. Rumus statistika dari simpangan kuartil ini adalah sebagai berikut :

rumus statistika

7. Simpangan Rata-Rata

Simpangan rata-rata memiliki rumus yang cukup panjang. Tetapi tenang saja, kamu bisa simak di bawah ini dan bisa memahaminya dengan baik.

Terkadang kita merasa sudah menghitung data yang benar tetapi belum yakin juga kalau itu benar. Nah, untuk memastikan bahwa simpangan rata-rata yang kamu hitung adalah benar, kamu harus pastikan bahwa nilainya positif. Bila nilainya negatif sudah pasti salah ya!

8. Simpangan Baku

Kamu pasti sudah familiar dengan simpangan baku karena beberapa waktu lalu sudah pernah dibahas. Nah, kamu bisa mencari nilai yang sering disebut pula standar deviasi ini dengan cara berikut ini:

rumus statistika

9. Ragam

Di dalam data pun ada ragam pula. Untuk mencari ragam dalam sebuah data, kamu bisa simak rumus di bawah ini:

Kegunaan Statistika

Seperti yang telah diungkapkan di atas, statistika memiliki banyak manfaat untuk manusia. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mempelajari ilmu statistika? Simak di bawah ini ya!

  • Banyak diterapkan di dalam berbagai disiplin ilmu seperti bisnis, ekonomi, psikologi biologi, sosiologi, dan lain-lain.
  • Digunakan dalam berbagai program pemerintah seperti sensus, survei program pemerintah, hitung cepat pemilu, dan lain-lain. Ternyata statistika pun bisa digunakan untuk mencari hasil pemilu dengan lebih cepat.
  • Digunakan untuk menerapkan berbagai prosedur jajak pendapat atau polling. Hal ini bisa diterapkan untuk berbagai keperluan seperti polling produk, perhitungan cepat, pengenalan produk baru, pengenalan konsep bisnis baru, dan lain-lain. Semua hal itu bisa dilakukan menggunakan konsep statistika.

Itulah tadi materi seputar statistika. Materi ini sangat penting bila kamu hendak menjadi pencari data handal yang bisa mengubah nasib lingkungan di sekitar. Karena sekarang ini semua bisa diolah dan direncanakan berdasarkan data.

Strategi marketing pun cocok digunakan dengan menggunakan konsep statistika. Sehingga kamu harus banget belajar tentang materi ini. Inilah materi seputar rumus statistika smp, rumus statistika data tunggal, serta statistika matematika.

Materi ini ada yang menganggap sulit dan ada pula mudah. Ini tergantung dari kemampuan masing-masing. Karena dianggap sulit, kamu harus mempersiapkan diri dari sekarang. Semoga berhasil memahaminya ya!

Baca juga :
1. Pengertian Modus Adalah? Berikut Informasinya!
2. Pengertian Median Adalah? Simak Yuk Ulasannya Disini!

Author