Halo cerdikawan, kembali lagi dengan ulasan menarik dari pinterkelas. Kali ini kita akan membahas tentang serba-serbi laut yang memiliki beragam misteri. Mulai dari dari ekosistemnya, jenis-jenisnya hingga beragam keunikan didalamnya.

Cerdikawan pastinya tahu dong, jika kawasan penuh air ini menyimpan panorama yang menakjubkan. Hingga banyak orang yang berbondong-bondong mengunjungi lokasi ini untuk berwisata. Ada pula yang memanfaatkan lokasi ini untuk mencari penghidupan.

Misalnya saja mencari ikan. Samudera yang memiliki sumber daya melimpah ini mampu menyokong roda kehidupan si nelayan. Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari lokasi bernama laut ini. Kita kulik satu per satu yuk!

Komposisi Laut Yang Bikin Kita Makin Takjub

Dari banyak hal, salah satu pesona kawasan yang penuh dengan air ini ialah beragam jenis hewannya. Kebanyakan memang yang paling menonjol ialah jenis ikannya. Namun, ada banyak hewan unik dan cukup langka yang bisa cerdikawan ketahui. Seperti ulasan dibawah ini;

1. Klasifikasi Zona Kedalaman

Ditilik dari kategorinya, zona kedalaman samudera dapat dibagi menjadi lima lapisan. Yakni, paling dalam the trenches, the abysall, midnight, twilight hingga sunlight zone.

Menariknya, dari kelima lapisan ini memiliki penghuni yang berbeda-beda. Baik sifatnya, bentuk hingga ciri khasnya. Yang perlu cerdikawan ketahui, semakin dalam zona ini maka akan semakin minim cahaya. Tapi, di kedalaman paling mentok ini justru ada banyak kehidupan yang menakjubkan, lho!

2. Mengenal Fungsinya

Sebelum melanjutkan pembahasan terkait bahari ini. Ketahui dulu apa sih fungsinya? Kawasan ini tak hanya menawarkan beragam keindahan, namun juga memberikan sejuta manfaat. Sebagai contoh;

a. Penyokong roda kehodupan

Di dalam kawasan bahari, terdapat aneka jenis aktivitas yang berguna mendukung mobilitas manusia. Ada yang memanfaatkannya sebagai lahan pariwisata, sumber makanan hingga area penelitian. Lokasi berama laut ini tak hanya sebagai fenomena alam yang menakjubkan. Namun, juga sebagai inti penggerak ekonomi warga sekitar.

b. Sebagai pembangkit listrik

Pernah dengar terkait hal ini kan cerdikawan? Yap, potensi menakjubkan lain dari bahari ini ialah sebagai pembangkit listrik. Cara kerja pembangkit listrik ini memanfaatkan ombak. Disamping itu, ada juga angin yang memiliki tekanan besar, sehingga mampu menggerakkan kincir. Nah, kincir inilah yang nantinya dapat dikelola untuk menghasilkan energi kelistrikan.

c. Sumber Barang Tambang

Kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan dari laut ini cukup berlimpah, termasuk sumber barang tambangnya. Misalnya saja; minyak bumi. Minyak bumi ini ditengarai menyuguhkan keuntungan yang luar biasa bagi kehidupan manusia.

Minyak bumi dapat diambil manfaatnya bagi kesejahteraan hidup orang banyak. Pasalnya, sumber daya alam satu ini memiliki beragam fungsi yang cukup dominan.

Sebetulnya ada banyak sekali fungsi dan manfaat tempat satu ini. Apa fungsi lokasi ini versi cerdikawan?

3. Zona Bernama Trenches Yang Mencengangkan

Pernah membayangkan bagaimana kehidupan di bawah laut? Atau adakah hewan yang mampu bertahan di dasar sana ya? Yap, zona paling dalam bernama Trenches ini mempunyai kehidupan yang menarik. Disana cerdikawan dapat menemukan aneka satwa yang langka dan sulit ditemui.

Suhu didalamnya saja mampu mencapai titik beku. Tekanannya saja hingga 8 ton per inchi persegi. Ini artinya sama dengan tekanan setara dengan 48 buah pesawat jenis Boeing 747! Bisa dibayangin tuh.

Banyak yang menyebut lokasi ini sebagai zona hadal. Di lokasi ini populer dengan minim cahaya, kurangnya ketersediaan makanan, hingga tekanan hidrostatiknya yang begitu tinggi. Sejumlah contoh hewan yang mampu bertahan hidup didalamnya ialah; foramonifera, spesies bintang laut khsusus, cacing tabung raksasa hingga belut cusk.

Meski banyak penelitian dilakukan , kenyataanya hampir 90 persen dari potensi bahari ini belum dijelajahi. Apalagi, zona ini dinilai memiliki risiko tinggi bagi keselamatan. Sehingga memang banyak mahkluk hidup disana yang belum dapat diidentifikasikan.

In Fact, hewan di area penuh air ini begitu magis. Mereka ini mempunyai fisik yang sedikit extraodinary ketimbang hewan pada umumnya. Menurut laman Two Oceans Aquarium, spesies di kawasan minim cahaya ini menjadikan hewannya buta, berwarna pucat serta memiliki metabolisme yang cenderung lambat.

4. The Abysall Zone

Naik satu tingkat dari trenches, ada abysall zone. Disini cerdikawan dapat menemukan hewan yang tak kalah unik. Misalnya saja, cumi kecil, basket star fish, hingga hewan invertebrata lainnya. Zona yang mempunyai suhu dingin mendekati beku dengan kedalaman hingga 4 kilometer ini ditengarai juga tak ada cahaya. Bahkan tekanan airnya tinggi seperti zona sebelumnya.

5. Midnight Zone

Yang ini zona kedalaman laut diatas abysall zone. Meski masih minim cahaya, zona ini lebih lumayan ketimbang dua zona sebelumnya. Yap, mempunyai kedalaman hingga 1 kilometer, pesona bawah airnya begitu luar biasa.

Nah, yang unik dari tempat ini ialah cahaya didalamnya diproduksi oleh hewan yang mendiami lokasi ini. Disebutkan oleh Missouri Botanical Garden bahwa beberapa jenis hewan laut seperti; cumi-cumi vampir, angler fish, ikan tripod, black swallower hingga teripang dapat ditemui di kawasan ini.

6. Twilight Zone

Memiliki kedalaman hampir sama dengan zona sebelumnya. Di Twilight zone ini telah terpapar sedikit cahaya mentari . Namun masih tetap dalam keadaan redup. Ikan-ikan besar mampu menyelam hingga ke area ini untuk mendapatkan makanan.

Selain itu, hewan laut yang mendiami zona ini mempunyai bentuk yang tak biasa alias sedikit aneh. Misalnya saja; ikan kapak, viperfish, ubur-ubur, ikan rattalk dan lainnya. Di kawasan ini hewan – hewan unik lain yang dapat memancarkan cahaya disebut bioluminesensi.

7. Sunlight Zone

Yeyy! Cerdikawan kini sampai pada lapisan teratas dari zona bahari yang penuh misteri. Zona terdangkal ini populer disebut sungliht zone. Area ini dapat dimulai dari permukaan laut hingga 213 meter dibawahnya. Suhu di zona ini hangat karena tersinari oleh matahari. Banyak dari jenis hewan yang mampu hidup di wilayah ini. Begitu juga dengan photoplankton. Yang mana sering dijadikan sumber makanan bagi hewan lainnya.

Contoh hewan laut di zona sunlight ini ialah; anemon, udang kuda laut, cumi-cumi, salmon, lobster, kepiting dan masih banyak lagi jenisnya.

Mengulik serba-serbi kebaharian memang tak ada habisnya. Lokasi yang mempunyai berjuta tawaran pesona ini sungguh memikat hati. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari lokasi paling indah di bumi ini. Lokasi yang menyajikan keindahan alam hingga keunikan hewan yang patut diketahui.

Apalagi, keberagaman potensi pengetahuan juga dapat meningkatkan wawasan kita. Makin tahu makin banyak ilmu kan? Jadi, jangan mau ketinggalan informasinya. Lebih-lebih jika informasi ini berguna untuk kehidupan cerdikawan. Iya kan?

Nah, bagi cerdikawan yang ingin mengetahui serba-serbi ilmu pengetahuan lengkap, bisa terus kunjungi pinterkelas.com ya. Tak hanya bahasan tentang laut saja. Namun, disana cerdikawan bisa menemukan heragam informasi penting lainnya. Semoga artikel ini membantu ya, sampai jumpa di pembahasan berikutnya. Tetap stay tune pokoknya!

Author