Hai Sobat PinterKelas! Sekali-kali mari kita mempelajari sesuatu yang terdengar rumit. Namun, bila dipelajari tidak begitu rumit sebenarnya. Mari kita belajar tentang pengertian sistem. Pernahkah kamu mempelajari hal ini?

pixabay.com

Selama ini, sistem sudah digabungkan dengan elemen tertentu. Jarang ada pembahasan yang membahas sistem sebagai satu hal. Nah, untuk itulah kamu harus mempelajari pengertian sistem agar lebih tahu.

Terkadang sesuatu perlu dipelajari dalam rangka memuaskan rasa ingin tahu. Salah satunya tentang pengertian sistem ini. Dengan mengetahui secara persis mengenai pengertian maupun definisinya, kamu pasti akan lebih mengerti nanti.

Langsung saja kita membahas bagian inti ya! Check it out!

Pengertian Sistem secara Umum

Seperti biasa, nanti ada pula pembahasan dari tinjauan para ahli. Namun, lebih baik bila membicarakan secara umum dulu. Sebab pengertian umum ini merupakan kesimpulan dari para ahli juga.

Nah, pengertian sistem secara umum adalah satu kesatuan baik objek nyata maupun abstrak yang terdiri atas beberapa komponen/unsur saling berkaitan, saling mendukung, saling bergantung, dan secara keseluruhan akan bersatu membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Sistem sendiri berasal dari bahasa latin, systema. Sedangkan dalam bahasa Yunani sustema yang memang digunakan untuk memudahkan dalam rangka menggambarkan interaksi dalam sebuah entitas.

Terdengar rumit kan? Tenang, bila nanti sudah dijelaskan secara detail kamu akan lebih mengerti. Secara umum, memang begitulah pengertiannya. Setelah ini langsung simak dari pandangan para ahli ya!

Pengertian Sistem menurut Para Ahli

Para ahli mengunjukkan gigi dengan melakukan pengkajian mendalam sehingga terlahir beberapa pengertian dari sumbangan ahli. Beberapa ahli yang pemikirannya perlu ditulis antara lain:

1. Indrajit

Definisi sistem menurut Indrajit adalah kumpulan komponen yang saling memiliki unsur keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

2. Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono Djojodihardjo, sistem adalah gabungan objek yang memiliki hubungan fungsi dan hubungan ciri secara keseluruhan demi mencapai satu kesatuan yang bermanfaat.

3. Jogianto

Menurut Jogianto, sistem merupakan kumpulan elemen yang saling berinteraksi untuk mencapai satu tujuan tertentu yang menggambarkan kegiatan dan kesatuan yang nyata. Seperti benda, orang yang lewat, dan lain-lain.

4. R. Fagen dan A. Hall

Menurut kedua ahli ini, definisi sistem adala kumpulan objek yang memiliki hubungan pribadi dalam ruang lingkup pekerjaan sehingga akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan.

5. Jerry Fitzgerald

Menurutnya, sistem adalah sebuah jaringan, bukanlah prosedur yang berkaitan. Pencapaian kesimpulan sistem dilakukan dengan berkumpul bersama agar mamu menjalankan tugas untuk mencapai tujuan tertentu.

6. Andri Kristanto

Sistem adalah sebuah jaringan dari prosedur yang letaknya saling berdekatan, lalu berkumpul bersama untuk menyaksikan kegiatan demi mencapai sebuah target.

7. Colin Cherry

Definisi sistem menurut Colin Cherry adalah suatu keseluruhan yang telah dibentuk dai berbagai macam elemen atau assambel dengan mengamati sifat dan bagian-bagian tersebut.

8. Musanef

Menurut Musanef, sistem adalah sarana yang mampu menguasai pekerjaan dan keadaan demi menjalankan tugas dengan lebih teratur

9. C. W Churchman

Sistem merupakan seperangkat bagian yang dikoordinasikan dengan cara selaras dan harmonis untuk melaksakan suatu tujuan.

10. Lani Sidharta

Sistem adalah sekumpulan unsur yang bisa saling berkaitan secara bersama-sama demi meraih tujuan yang sama.

11. Murdick R.G

Menurut Murdick R.G, sistem terdiri dari prosedur atau bagan pengolahan demi mencari tujuan bersama atau tujuan bagian dengan mengoperasikan barang atau data pada waktu tertentu. Ini perlu dilakukan demi menghasilkan energi, informasi, maupun data-data lain yang dibutuhkan.

Unsur-Unsur Sistem

pengertian sistem
pixabay.com

Sistem tidak mungkin berjalan secara individu. Pastila memerlukan sebuah tim kuat untuk mampu menjalankan sistem baru tersebut. Beberapa sistem dalam ilmu ekonomi antara lain:

  • Objek
    Terdapat sekumpulan objek dalam sebuah sistem yang berbentuk elemen, bagian, maupun variabel.
  • Atribut
    Perlu penentuan mutu, sifat kepemilikan sebuah sistem, disertai objek untuk mencapai sebuah atribut tertentu.
  • Hubungan Internal
    Elemen di dalam sebuah sistem akan saling terikat dan membentuk suatu kesatuan.
  • Lingkungan
    Lingkungan maupun tempat merupakan sistem berada saat ini.

Elemen dari Sistem

Bila unsur sistem sudah dibahas, saatnya untuk membalas lebih dalam yakni elemen sisem.Ada 7 buah elemen di dalam sebuah sistem, antara lain:

  1. Tujuan
    Dibuat dengan harapan mampu mencapai tujuan (output) yang benar-benar ingin segera dicapai.
  2. Masukan
    Semua hal yang masuk ke dalam sistem kemudian akan diproses. Entah itu objek fisik maupun jasa, bila memang sudah menjadi bagian dari sistem maka akan terasa suit untuk meninggalkan.
  3. Proses
    Proses merupakan sebuah tranformasi, yang awalnya bernilai rendah maka setelah diproses mampu memberikan hasil lebih. Ada berbagai proses yang menarik hati banyak orang, misalnya pengolahan barang tidak lazim atau pengolahan limbah menjadi barang bernilai guna tinggi.
  4. Keluaran
    Inilah hasil dari pemrosesan saat ingin membuat sesuatu. Hasil keluaran bisa berupa informasi, produk, cetakan laproan, saran, dan lain-lain. Tergantung dengan masukan yang dipilih sejak awal.
  5. Batas
    Suatu hal yang akan memisahkan antara sistem dan daerah yang berada di luar sistem. Batas akan menentukan ruang lingkup, konfigurasi, dan hal-hal penting lain.
  6. Pengendalian dan Umpan Balik
    Mekanisme yang bisa dilakukan yakni menggunakan feedback terhadap keluaran baru untuk mengendalikan proses maupun masukan.
  7. Lingkungan

Segala sesuatu yang letaknya ada di luar sistem, baik itu mampu memberi keuntungan atau malah membuat kerugian pasti dinamakan lingkungan. Kondisi lingkungan tidak bisa diatur atau diprediksi. Padahal kondisi lingkungan akan mempengaruhi hasil yang diciptakan.

Jenis-Jenis Sistem

pengertian sistem
pixabay.com

Jenis sistem ditentukan karena dua kriteria, yakni berdasarkan keterbukaan dan berdasarkan komponen. Mari kita bahas satu per satu.

1. Berdasarkan Keterbukaan

Terdapat dua macam sistem berdasarkan kriteria ini, antara lain:

a. Sistem Terbuka

Sistem yang bisa dipengaruhi oleh pihak luar karena akses bersifat terbuka. Jadi siapa saja bisa masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati keamanan tertentu. Misalnya ada keamanan, cenderung tidak terlalu ketat.

b. Sistem Tertutup

Sistem yang sama sekali tidak akan terpengaruh oleh pihak luar karena aksesnya memang tertutup. Hanya pihak tertentu yang bisa masuk dan tentu saja pihak itu telah mendapatkan akses untuk masuk. Sedangkan yang lain tidak memiliki akses tersebut.

2. Berdasarkan Komponen

Ada dua jenis sistem berdasarkan dari komponennya, antara lain:

a. Sistem Fisik

Sistem ini memiliki komponen berupaa energi dan materi. Biasanya akan mengeluarkan keluaran yang berwujud dan bisa disentuh.

b. Sistem Non Fisik

Sistem yang bentuknya abstrak. Bisa dirasakan tetapi tidak bisa disentuh. Nah, sistem ini biasanya diisi oleh konsep, ide, informasi dan berbagai hal abstrak lain.

Itulah berbagai hal yang perlu dibahas seputar pengertian sistem. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author