Pengertian kewirausahaan, pernah nggak terpikir oleh kamu? Padahal di beberapa sekolah saat ini ada lho pelajaran kewirausahaan!

pengertian kewirausahaan
pixabay.com

Yang terbayang ketika membaca kata pengertian kewirausahaan adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan bisnis atau usaha atau kegiatan mencari uang. Sesuatu yang kemudian berkaitan dengan market, untung, dan rugi.

Bener nggak sih? Yuk kamu perhatikan materi PinterKelas kali ini tentang pengertian kewirausahaan!

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Sedikit ada benarnya kalau kamu berpikir bahwa kewirausahaan adalan kegiatan yang berhubungan dengan bisnis.

Namun, secara umum pengertiannya adalah segala aktivitas atau kegiatan yang kreatif dan menciptakan ide atau terobosan baru dalam bidang tertentu yang hasilnya bermanfaat bagi orang lain.

Nah, kalau hasil kreativitas tersebut dijual kepada orang lain agar bermanfaat, maka masuklah wirausaha menjadi kegiatan bisnis.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Sama dengan bentuk kata lain, para ahli biasanya mempunyai definisi tersendiri. Definisi yang biasanya sesuai dengan pengalaman dan bidang yang mereka geluti.

Beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli, antara lain dijelaskan secara singkat di bawah ini.

1. Peter Drucker

Menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan sesuatu hal yang baru, bahkan belum pernah ada sebelumnya.

Hmmm.. Jadi kalau menurut Peter Drucker kalau kamu melakukan kegiatan usaha meniru orang lain bukan termasuk wirausaha ya!

2. Zimmerer

Ahli lain yang bernama Zimmerer tidak menekankan pada sesuatu yang baru pada pengertian yang dibuatnya.

Menurut Zimmerer, kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan dan aplikasi kreativitas dan inovasi dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan. Hal ini terutama berkaitan dengan perjalanan bisnis yang sedang dijalani seseorang.

3. Robbin & Coulter

Robin dan Coulter mendefinisikan kewirausahaan dalam ruang lingkup lebih luas.Orang yang melakukannya dapat individu maupun kelompok.

Menurut Robbin & Coulter, kewirausahaan adalah suatu proses dimana seseorang atau kelompok menggunakan upayanya untuk mencari peluang. Upaya yang dilakukan adalah sebuah kegiatan terorganisir atau terencana sehingga menciptakan suatu nilai yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan. Upaya juga diciptakan melalui inovasi yang unik, berarti belum pernah ada sebelumnya dengan segala sumber daya yang ada.

4. Richard Cantillon

Richard Cantillon benar-benar memahami kewirausahaan dari segi bisnis.

Menurut Richard, kewirausahaan merupakan pekerjaan yang dapat menghasilkan. Pekerjaan yang dapat diartikan sebagai perdagangan karena kegiatannya adalah membeli barang dengan harga tertentu kemudia menjualnya kembali dengan harga yang beum pasti.

Kegiatan kewirausahaan menjadi kegiatan yang belum pasti hasilnya.

5. Harvey Leibenstein

Menurut Harvey Leibenstein, kewirausahaan erat kaitannya dengan kegiatan usaha atau perusahaan. Wirausaha adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dan diperlukan oleh perusahaan ketika pasar belum teridentifikasi dan komponen fungsi produksi belum diketahui.

Nah, tugas wirausaha adalah menjalankan agar pasar perusahaan jelas dan fungsi produksi dapat berjalan. Akibatnya, keuntungan akan didapatkan.

6. Siswanto Sudomo

Kewirausahaan menurut Siswanto Sudomo adalah sesuatu yang berhubungan dengan seseorang yang melakukan kegiatan usaha. Orang yang berwirausaha adalah orang yang mempunyai sifat pekerja keras, mau berkorban, memusatkan segala perhatian kepada pekerjaan, dan berani mengambil resiko agar gagasan dan idenya dapat terwujud.

7. Joko Untoro

Drs. Joko Untoro juga memusatkan pengertian tentang kewirausahaan kepada seseorang atau individu. Pengertiannya yaitu suatu keberanian yang dilakukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Keberanian yang didasari pada kemampuan untuk memanfaatkan segala potensi yang dimiliki sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

8. Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut Seddy Soeryanto Soegoto, kewirausahaan adalah sebuah usaha yang kreatif dan inovatif yang dilakukan seseorang sehingga menghasilkan sesuatu yang baru, mempunyai nilai tambah, dan memberikan manfaat pada banyak orang. Manfaat yang paling nyata adalah menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang.

9. S. Wijandi

Menurut S. Wijandi kewirausahaan mengacu kepada keberanian seseorang untuk mengambil resiko dalam melaksanakan kegiatan dengan berdasarkan kemampuan diri sendiri.

10. Suparman Sumahamijaya

Suparman mendefinsikan kewirausahaan sebagai kemampuan seseorang untuk berpikir dan melakukan tindakan kratif dan inovatif. Kemampuan tersebut menjadi dasar dan penggerak sehingga dapat digunakan dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi dalam kehidupan.

Karakteristik Jiwa Kewirausahaan

Sudah kamu memahami pengertian kewirausahaan?

Hmm. Termasuk orang yang punya jiwa kewirausahaankah kamu? Untuk menjawabnya, kenali ciri-ciri jiwa kewirausahaan berikut.

1. Mempunyai Keberanian dan Daya Kreasi Tinggi

Ciri pertama orang yang mempunyai jiwa kewirausahaan adalah punya keberanian dan daya kreasi.

Keberanian diperlukan karena terkadang ide dan kreasi yag dimiliki akan berbeda dengan orang lain. Keberanian untuk mengeksekusi sesuatu yang baru dengan segala resikonya tidak dimiliki oleh banyak orang.

2. Mempunyai Semangat dan Kemauan Keras

Kegiatan wirausaha bukanah kegiatan yang langsung berhasil dan sukses. Terkadang membutuhkan waktu dan proses cukup lama. Semuanya mulai dari tangga terbawah.

Tanpa semangat dan kemauan keras banyak orang merasa lelah untuk mencapai anak tangga paling atas.

3. Mempunyai Daya Analis yang Baik

Segala sesuatu yang dihasilkan dengan daya kreasi selanjutnya harus dianalisa.Tidak asal membuat bisnis atau usaha.

Seorang wirausaha harus mampu membaca pasar atau target marketing dan mencari solusi jika ada masalah.

4. Mempunya Jiwa Pemimpin dan Tidak Konsumtif

Setelah ditemukannya sesuatu yang baru, umumnya seseorang tidak dapat bekerja sendiri untuk mewujudkannya. Nah, dalam tim wirausaha harus mampu menjadi pemimpin dan tidak konsumtif.

Mengapa perlu seseorang yang tidak konsumtif?Karena wirausaha biasanya dimulai dari nol. Biaya dan segala sesuatunya harus dihemat untuk menghasilkan keuntungan. Jika kamu konsumtif, semua dapat habis sebelum berhasil.

5. Mempunyai Kemampuan Membuat Keputusan dan Melaksanakannya

Sesuai dengan jiwa kepemimpinan yang dimiliki, wirausaha harus dapat mengambil keputusan di segala masalah dengan mempertimbangkan pendapat tim dan melaksanakannya.

6. Mempunyai Pengabdian Besar Terhadap Bisnisnya

Terakhir, seorang yang punya jiwa kewirausahaan harus punya pengabdian besar terhadap bisnisnya. Apa pun yang terjadi tidak mudah goyah dan berpindah ke kegiatan lain yang dianggap lebih emnguntungkan.

Tahapan Dalam Kewirausahaan

Sudah dikatakan di atas bahwa kewirausahaan atau usaha bukan sesuatu yang instan dan langsung sukses. Ada tahapan tertentu yang harus dijalani dengan sabar agar mencapai tangga tertinggi.

pengertian kewirausahaan
pixabay.com

Biasanya semua wirausaha akan melalui 3 tahapan ini.

1. Tahapan Imitasi

Di tahap pertama ini kebanyakan wirausaha meniru produk bagus yang sudah ada. Jarang sekali yang menciptakan produk yang benar-benar baru dan bermanfaat.

Misalnya, kamu suka dengan pakaian atau fashion. Kamu mengembangkan bisnis di bidang fashion yang modelnya akan mirip dengan yang sedang tren di pasaran.

2. Tahapan Duplikasi dan Pengembangan

Di tahapan kedua, kamu sudah mulai dapat mengembangkan diri. Pengembangan dapat dilakukan dengan melihat target pasar lebih luas dan apa saja yang dibutuhkan market.

Berhubungan dengan pakaian, model dasar masih duplikasi. Namun, kamu mengembangkannya dari segi asesoris atau bahan lebih bagus dan harga lebih terjangkau.

3. Tahapan Kreatif

Tahapan kreasi menjadi proses tertinggi seorang wirausaha. Di sini biasanya wirausaha sudah mempunyai pasar yang jelas. Akibatnya, kamu sudah lebih berani berkreasi sendiri menciptakan sesuatu yang baru.

Bagaimana? Kamu mau menjadi bagian dari pengertian kewirausahaan? Sebuah kegiatan tidak mengikat tetapi penuh tantangan. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Author