Mari belajar tentang Ilmu Sosial. Salah satu cabang dari ilmu tersebut adalah ekonomi. Di dalam ekonomi terbagi lagi dan salah satunya akuntansi. Sudahkah kamu tahu pengertian akuntansi? Kalau belum, mari kita bahas bersama-sama.

pengertian akuntansi
pixabay.com

Secara singkat, pengertian akuntansi ini sangat lekat dengan atur mengatur keuangan. Segala hal berkaitan dengan pengaturan keuangan baik individu maupun perusahaan pasti menggunakan prinsip akuntansi.

Namun, sebelum tahu lebih jauh, kamu harus tahu terlebih dahulu pengertiannya. Pengertian akuntansi adalah proses mendokumentasikan, mengolah, mengklasifikasi, serta menyajikan data transaksi dan berbagai aktivitas berhubungan dengan keuangan.

Pengertian Akuntasi menurut Ahli

Ada berbagai pengertian menurut versi para ahli. Kamu harus tahu dong semua pengertian tersebut sebagai tambahan pengetahuan. Nah, beberapa pengertian menurut para ahli ada di bawah ini:

1. Rudianto

Menurut Rudianto, akuntasi merupakan sistem informasi dengan hasil sebuah laporan untuk pihak berkepentingan perihal aktivitas keuangan/ekonomi dan kondisi keseluruhan dari sebuah badan usaha ditinjau dari sisi keuangan.

2. C. West Churman

Akuntansi adalah pengalaman tertulis yang nantinya bermanfaat untuk mengambil keputusan dan pengalaman ketika suatu pilihan harus diambil berdasarkan dari suatu keadaan.

3. Littleton

Menurutnya, akuntansi adalah kegiatan dengan tujuan untuk melakukan perhitungan secara periodik antara hasil (prestasi) dan biaya (usaha). Intinya, akuntansi ini dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui kondisi perusahaan.

4. Arnold

Menurut Arnold, akuntansi merupakan satu sistem untuk memberi informasi keuangan kepada siapa saja yang berkepentingan untuk membuat keputasan dan mengendalikan penerapan atas keputusan tersebut.

5. American Accounting Association (AAA)

Pengertian menurut versi AAA adalah sistem untuk identifikasi dan mengukur serta memberi laporan informasi ekonomi dan penilaiannya. Pengukuran itu dilakukan secara periodik untuk mengetahui penghasilan dan biaya yang diterapkan oleh perusahaan.

6. Accounting Principle Board (APB)

Akuntansi adalah aktivitas jasa untuk menyediakan informasi kuantitatif yang berguna untuk mengambil keputusan ekonomis dan dijadikan pedoman untuk mengambil tindakan strategis serta alternatif.

7. American Institute of Certified Accounting (AICPA)

Akuntasi ialah seni pencatatan dan penggolongan untuk mengukur moneter, transaksi, serta aktivitas keuangan lainnya sekaligus menerangkan kondisi suatu badan/perusahaan melalui sudut pandang keuangan.

Dari berbagai pendapat ahli itu bisa diambil kesimpulan bahwa akuntansi merupakan sistem bisnis yang berguna untuk membahas aktivitas keuangan serta mempertanggungjawabkan uang masuk dan keluar dari sebuah perusahaan.

Sebuah perusahaan sehat bila bagian keuangannya terbuka dan transparan. Tidak terdapat dana yang mencurigakan serta selalu mendapat surplus pemasukan. Sedangkan perusahaan kurang maju ketika akuntansi belum diterapkan sehingga keuangan belum tertata dengan rapi.

Manfaat Akuntansi

Pada bahasan ini tentu akan dibahas bukan sekadar definisi, melainkan pengertian dan manfaat akuntansi secara lengkap. Karena ada banyak sekali manfaat dari akuntansi yang barangkali kamu belum memahaminya.

pengertian akuntansi
pixabay.com

Beberapa manfaat dari penerapan akuntasi bagi sebuah badan usaha antara lain:

  • Mampu menyajikan informasi keuangan perusahaan sebagai dasar dalam mengambil berbagai keputusan penting untuk kepentingan perusahaan.
  • Menjadi alat evaluasi dari perusahaan komersil karena performa perusahaan berorientasi keuntungan dilihat dari kondisi keuangannya.
  • Mampu menjadi dasar pertimbangan dalam mengalokasikan berbagai sumber daya perusahaan.
  • Sebagai alat kontrol dan pengendali keuangan di dalam suatu perusahaan.
  • Dan lain-lain.

Ada banyak sekali manfaat dari akuntansi. Perusahaan skala kecil dan menengah bisa menjadi besar bila kondisi keuangan tertata dengan baik. Tentu saja dengan menerapkan akuntansi secara benar dan tepat.

Sedangkan perusahaan besar pun bila tidak terurus kondisi keuangannya bisa hancur juga. Nah, bagi perusahaan orientasi profit sangat membutuhkan akuntansi dalam menata keuangannya sehingga nanti mudah dalam mengalokasikan berbagai hal.

Berbagai Bidang dalam Akuntansi

Ilmu akuntansi itu sangat luas. Untuk penerapan lebih mudah, maka dibuatlah berbagai jenis dengan detail berbeda untuk kegunaan berbeda. Beberapa bidang akuntansi antara lain:

1. Akuntansi Keuangan

Pengertian akuntansi keuangan adalah sebuah bidang yang khusus membahas mengenai pencatatan transaksi keuangan dalam perusahaan secara berkala sebagai sumber informasi bagi manajemen, kreditor, dan pemilik perusahaan. Akuntansi tipe ini paling sering digunakan.

2. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi tipe ini berkaitan dengan pelaporan pajak yang telah dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan memiliki kewajiban untuk membayar pajak dan bila digarap, perusahaan akan mendapat konsekuensi tertentu.

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi ini secara khusus mengendalikan budget atau pengeluaran dari perusahaan untuk melakukan berbagai aktivitas baik produksi, pemasaran, distribusi, dan lain-lain. Anggaran harus tetap pada batas wajar agar kondisi keuangan berada di jalur aman.

4. Akuntasi Budgeter

Akuntansi tipe ini berguna untuk membuat anggaran perusahaan dalam tiap periode waktu tertentu. Karena masih anggaran, nilai-nilai itu masih berupa perkiraan.

5. Akuntansi Auditing

Bidang dari akuntansi yang secara khusus melakukan pemeriksaan terhadap laporan keuangan untuk menguji ada tidaknya penyelewengan dari sebuah laporan. Auditing biasanya diterapkan oleh perusahaan besar dengan arus masuk keluar uang yang sangat besar.

6. Akuntansi Organisasi Nirlaba

Aktivitas nirlaba pun masih tetap harus diperhitungkan arus keluar masuk dananya. Biasanya lebih menekankan pada anggaran saja, karena tidak ada arus uang masuk dari aktivitas non profit.

Tujuan dari Akuntansi

Perusahaan pasti memiliki tujuan ketika hendak menerapkan prinsip akuntansi pada laporan keuangan. Secara umum, tujuannya adalah untuk mencatat dan melaporkan informasi keuangan, arus kas, kinerja, dan posisi keuangan sebuah bisnis. Nah, informasi itu nantinya sangat berguna untuk melakukan berbagai keputusan ekonomi.

Beberapa tujuan dari akuntansi antara lain:

1. Tujuan secara Umum

  • Memberi informasi tentang keuangan termasuk aktiva dan passiva dari perusahaan.
  • Memberi informasi keuangan yang akan membantu dalam membuat estimasi keuntungan.
  • Memberi informasi mengenai berbagai perubahan sumber daya ekonomi perusahaan.

2. Tujuan secara Khusus

Tujuan akuntansi secara khusus adalah menyajikan informasi dalam format laporan untuk menjabarkan kondisi keuangan, perubahan kondisi keuangan dari waktu per waktu, pendapatan usaha dan berbagai hal lain yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.

3. Tujuan secara Kualitatif

  • Memberi informasi transaksi dengan segera ketika dibutuhkan.
  • Memberi informasi valid yang bisa dimengerti oleh banyak pihak
  • Menyampaikan laporan keuangan berkala untuk kepentingan semua pihak terkait di dalam perusahaan
  • Memberikan dasar pertimbangan kepada bagian tertentu untuk mengambil keputusan untuk perusahaan
  • Dan lain-lain.

Akuntansi adalah bidang penting di perusahaan. Tidak mungkin sebuah perusahaan besar tidak memiliki bidang ini. Karena peran dari akuntansi sangat besar untuk mengukur kondisi perusahaan.

Perusahaan profit membutuhkan keuntungan untuk terus berjalan. Tanpa menggunakan prinsip akuntansi tepat, perusahaan bisa bangkrut. Jadi penerapan akuntansi yang tepat menjadi modal dari kesuksesan perusahaan.

Kamu bila ingin mendirikan perusahaan sendiri, dengan skala kecil sekali pun selalu membutuhkan akuntansi untuk menjalankannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Author