Halo Cerdikawan. Kamu pasti sangat dekat dengan dunia hewan kan? Di dalam dunia perhewanan, ada 3 jenis hewan dari jenis makanan. Yakni herbivora, karnivora, dan omnivora. Kali ini mari kita bahas hewan omnivora. Apakah kamu sudah mengenal dengan dekat ciri dari hewan omnivora?

pixabay.com

Hewan tipe ini paling mudah untuk dipelihara. Diberi makanan apapun mereka menerima dengan ikhlas, karena memang mereka didesain untuk makan apapun. Manusia pun seperti hewan-hewan ini, makan apapun tidaklah masalah.

Berbeda dengan herbivora yang harus disediakan tumbuhan hijau tiap hari. Atau karnivora yang harus diberi daging tiap harinya. Nah, bila memelihara hewan pemakan segala, kamu tidak akan kerepotan mencari makanan spesifik.

Karena pada dasarnya makanan apapun bisa mereka makan. Tidak akan mengalami masalah pencernaan karena sistem tubuh mereka telah didesain untuk melakukan hal itu. Asyik sekali bukan? Mari kita simak penjelasan tentang hewan satu ini.

Pengertian Omnivora

Sebelum membahas contohnya, terlebih dahulu mari kita simak pengertian. Apa pengertian dari omnivora? Kata omnivora berasal dari bahasa latin, dari kata omne dan vorera artinya memakan semuanya.

Maka bisa disimpulkan bahwa, omnivora adalah spesies hewan yang mampu makan berbagai makanan mulai dari tanaman hingga hewan. Hewan pemakan segala adalah gabungan dari herbivora dan karnivora.

Daging dan tumbuhan sama-sama bisa dimakan tanpa mengalami masalah apapun. Hewan karnivora mungkin akan mengalami masalah pencernaan bila dipaksa makan tumbuhan. Begitu pula hewan herbivora bila dipaksa makan daging. Tetapi, si pemakan segala ini tidak mengalami masalah meski makan daging dan tumbuhan sekaligus.

Karena diberi kelebihan dalam hal makanan, pastilah sistem tubuh dari hewan ini telah menyesuaikan dari perilaku. Dari gigi maupun pencernaan telah didesain sedemikian rupa agar kebiasaan makan ini bisa berjalan lancar.

Gigi hewan herbivora dirancang khusus untuk mengunyah tumbuhan, sedangkan gigi hewan karnivora juga dirancang khusus untuk makan daging. Sedangkan gigi hewan pemakan segala telah didesain dengan memadukan hewan karnivora dan herbivora.

Gigi hewan omnivora dibagian depan tampak tajam. Gunanya adalah untuk merobek maupun memotong makanan seperti daging. Dan pada belakang terdapat gigi geraham yang datar yang mampu menghaluskan makanan baik itu tumbuhan maupun daging.

Tuhan telah menciptakan mekanisme tubuh bagi si pemakan segala. Dan itulah keagungan Tuhan yang luar biasa yang patut disyukuri. Terlebih sebagai manusia yang juga pemakan segala.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

omnivora
pixabay.com

Cara paling mudah mengidentifikasi apakah ini hewan pemakan segala atau bukan adalah dengan melihat ciri-ciri dari hewan itu. Nah, penasaran dengan ciri-ciri hewan tersebut? Simak di bawah ini ya!

  1. Memakan tumbuhan dan daging
    Boleh makan apapun yang ada di depan mata. Mau itu daging atau tumbuhan tinggal makan saja. Tubuh tidak akan mengalami dampak apapun karena sudah didesain demikian.
  2. Memiliki pencernaan kompleks
    Makanan yang masuk beragam, tidak hanya satu jenis. Maka sistem pencernaan hewan ini pun dirancang khusus yang membuat ia tidak merasa sakit ketika makanan masuk. Berbeda dengan hewan karnivora dan herbivora yang sistem pencernaannya tunggal dan tidak kompleks.
  3. Memiliki gigi datar di bagian belakang
    Fungsi gigi datar di bagian belakang untuk mengunyah. Gigi ini biasa disebut dengan gigi geraham seperti milik manusia.
  4. Memiliki gigi tajam di bagian depan
    Gigi tajam berupa tarung dan seri memang lebih tajam daripada geraham. Gigi itu berfungsi untuk menyobek dan memotong makanan agar bisa dengan mudah dikunyah di gigi belakang.
  5. Sebagian besar bukan mamalia dan sebagian lain adalah mamalia
    Hewan omnivora ada mamalia dan ada pula bukan mamalia. Kamu akan tahu ketika kita sudah membahas bagian contoh hewannya.
  6. Berkembang biak dengan bertelur atau beranak
    Bila bukan mamalia, pastilah ia bertelur. Tetapi bila hewan itu mamalia, maka ia berkembang biak dengan beranak. Nanti kita lihat lebih jelas pada bagian contoh.

Keuntungan Hewan Omnivora

Keuntungan hewan ini amatlah banyak. Boleh dibilang mereka itu menang banyak. Kalau dalam urusan makanan tentunya. Mereka memiliki banyak pilihan makanan sehingga tidak akan bingung ketika masa sulit.

Saat musim kemarau, ketika tumbuhan tidak banyak mereka bisa makan serangga. Begitu pula sebaliknya. Saat musim penghujan dan tumbuhan melimpah, mereka bisa makan itu. Apapun musimnya mereka bisa tetap kenyang.

Sistem pencernaan si omnivora pun sangat bagus. Mereka mampu hidup bahkan dalam kondisi buruk sekali pun. Bagi manusia, memelihara hewan omnivora adalah keuntungan tersendiri. Karena memberi makan akan lebih mudah dengan pilihan yang beragam.

Contoh Hewan Omnivora

omnivora
pixabay.com

Bila ada perintah agar kamu menyebutkan 10 hewan omnivora, mari kita lakukan dengan bagian ini. Kita akan bahas contoh hewan-hewan tersebut dengan penjelasan yang detail. Ayo simak di bawah ini:

  1. Beruang
    Hewan satu ini memiliki penciuman dan pendengaran baik. Bentuk telinganya bundar dan berekor kecil. Ia memiliki tubuh gemuk dan besar disertai cakar yang tajam. Beruang termasuk mamalia yang berkembang biak dengan beranak dan menyusui anaknya ketika telah lahir.
  2. Ayam
    Adalah hewan pemakan segala dari jenis unggas. Ia berkembang biak dengan bertelur. Makanan ayam amat beragam, mulai dari biji-bijian, serangga, dan berbagai makanan lain.
  3. Flamingo
    Burung berwarna pink ini merupakan bagian dari hewan pemakan segala. Ia makan udang, alga biru, dan alga hijau. Makanan yang dimakan flamingo memiliki beta karoten tinggi sehingga ia tampak pink karena itu.
    Bila kamu ingin melihat flamingo secara langsung, kamu harus datang ke belahan bumi barat dan timur. Di sanalah tempat hidup flamingo berada.
  4. Ikan Paus
    Ikan satu ini termasuk ke dalam mamalia. Ukuran ikan ini amat besar dan hidup di dasar lautan. Meski sering disebut ikan, sejatinya ia bukan berasal dari keluarga ikan. Tetapi justru mamalia.
  5. Landak
    Termasuk hewan pengerat yang identik dengan bulu tajam dan tebal seperti duri tajam. Kamu bisa temukan landak di Asia, Amerika, dan Afrika. Landak suka makan sayuran, buah, jangkrik, semut, dan lain-lain.
  6. Kura-Kura
    Kura-kura identik dengan tempurung tebal di bagian belakang. Ia memiliki moncong keras dan tajam di bagian mulut untuk mengoyak daging dan merobek tumbuhan.
  7. Simpanse
    Simpanse adalah omnivora yang suka makan tumbuhan dan daging. Hewan satu ini mirip dengan orang hutan, manusia, dan gorila.
  8. Serigala Merah
    Serigala merah ini ternyata termasuk ke dalam omnivora. Ia adalah spesies langka dan sudah dilindungi oleh negara tempatnya tinggal. Ia suka makan buah-buahan dan hewan lain.
  9. Ikan Lele
    Ikan lele ternyata memang makan semua jenis makanan. Ia paling suka makan ganggang, lumut, ikan kecil, serangga, cacing tanah, dan berbagai hewan lain. Lele hidup di air tawar dan mampu hidup di air yang sangat keruh dan kotor.
  10. Musang
    Musang termasuk ke dalam mamalia dan mampu makan segala macam makanan. Ia suka makan buah dan daging lain.

Itulah materi seputar omnivora. Tahu tidak, manusia omnivora juga lho! Inilah alasan mengapa kita suka makan berbagai macam makanan. Semoga bermanfaat.

Baca juga :
1. Sudah Paham Ciri Khusus Hewan Belum? Belajar Di sini Yuk!
2. Pengertian dan Komponen Ekosistem Adalah?

Author