Cerdikawan, ternyata kamu yang duduk di bangku SMA jurusan Sosial mempunyai pelajaran yang tidak kalah menarik dan menantang dengan teman-teman di Sains lho! Ini salah satunya, materi pelajaran Ekonomi tentang pembangunan ekonomi.

Menarik karena materi ini mencakup kehidupan sehari-hari. Kamu dapat melihat langsung aplikasinya. Sementara menantang, karena kamu juga dituntut untuk belajar dan paham dengan segala seluk beluk pembangunan ekonomi tersebut.

Namun, jangan khawatir! Pinter Kelas siap membantu dengan rangkuman dan pembahasan singkat dan jelas tentang pembangunan ekonomi. Seperti biasa, kamu hanya perlu menyediakan waktu beberapa menit untuk membaca dan memahaminya.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Dalam suatu masyarakat, pembangunan ekonomi merupakan bagian yang sangat penting. Masalah-masalah sosial yang terjadi, seperti pengangguran, kesenjangan sosial, dan rendahnya daya beli kebanyakan dapat diselesaikan dengan membangun ekonomi?

Apa yang dimaksud pembangunan ekonomi? Beberapa ahli mempunyai pendapat yang serupa tetapi tidak sama dalam hal ini.

Pertama, menurut Adam Smith, tokoh ekonomi yang terkenal di dunia. Menurutnya, pembangunan ekonomi merupakan proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi.

Kedua, pembangunan menurut Meier, adalah proses kenaikan pendapatan riil per kapita dalam jangka panjang.

Penyebutan proses memiliki acauan sebagai perubahan yang dilakukan terus menerus melalui serangkaian kombinasi perencanaan dan pelaksanaan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik. Indikator keberhasilannya adalah peningkatan pendapatan per kapita yang juga terjadi terus-menerus dalam jangka panjang.

Ketiga, menurut Wikipedia, kamus digital yang banyak dijadikan panduan berbagai kalangan. Di sini dituliskan, pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan per kapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk. Hal yang membuat perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dengan pemerataan pendapatan.

Dengan kata lain, pembangunan ekonomi disefinisikan sebagai suatu proses yang berkelanjutan dan terencana dan memiliki tujuan untuk meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) suatu negara dan pendapatan per kapita suatu negara dalam jangka waktu panjang. Pembangunan tersebut berdampak pada berbagai sektor ekonomi itu sendiri, sosial, dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Unsur-Unsur Pembangunan Ekonomi

Dari definisi yang sudah disebutkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembangunan ini harus memenuhi beberapa unsur, yaitu:

  • Pembangunan sebagai suatu proses, di mana harus ada tahapan perencanaan hingga pelakasanaan dan hasil yang harus dijalankan oleh setiap masyarakat dalam negara.
  • Pembangunan sebagai suatu perubahan sosial, di mana struktur masyarakat dan semua yang berada di dalamnya ikut berdampak. Perubahan yang mungkin saja memperlancar pembangunan, atau sebaliknya menghambat pembangunan.
  • Pembangunan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan per kapita dalam jangka panjang. Mengapa? Karena suatu negara dapat dikatakan berkembang secara ekonomi jika pendapatannya cenderung meningkat.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Di atas sebenarnya jika diteliti sudah tercantum tujuan pembangunan yang memprioritaskan sektor ekonomi. Namun, untuk lebih jelas tujuan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat sehingga terpenuhinya semua kebutuhan pokok dan perlindungan keamanan dari pemerintah.
  2. Memperluas distribusi barang, terutama kebutuhan pokok.
  3. Memperluas kesempatan kerja sehingga mengurangi angka pengangguran.
  4. Memperbaiki kualitas pendidikan sehingga pembangunan itu sendiri semakin baik.
  5. Meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat.
  6. Meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai luhur yang ada dalam masyarakat, seperti agama, sosial, dan budaya.
  7. Memperluas pilihan-pilihan ekonomi masyarakat dan negara sehingga terhindar dari rasa tergantung terhadap orang atau negara lain.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi

Tentu saja karena pembangunan sejatinya dari, oleh, dan untuk masyarakat ada beberapa hal yang mempengaruhinya. Di bidang ekonomi pembangunan dipengaruhi oleh beberapa hal berikut.

  1. Kekayaan alam
    Kekayaan alam merupakan sumber daya yang tidak ternilai. Jika diolah dengan baik akan sangat membantu masyarakatnya untuk memperoleh pendapatan lebih baik.
  2. Jumlah dan Kualitas Penduduk
    Negara dengan jumlah penduduk cenderung lambat pembangunannya. Ini terjadi karena banyaknya masalah sosial yang terjadi.

    Namun, penghambat ini dapat diatasi jika penduduk yang banyak mempunyai kualitas yang baik. Itu sebabnya pembangunan harus disertai dengan peningkatan pendidikan.
  3. Sumber Daya Modal
    Tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan membutuhkan modal. Modal ini relatif, dapat alam bentuk sumber daya dan penduduk yang banyak jika dapat mengatur dan memanfaatkannya dengan baik. Namun, modal juga dapat berarti sejumlah dana yang dimiliki negara untuk melakukan berbagai perencanaan yang ditetapkan.
  4. Penguasaan Teknologi
    Teknologi merupakan bagian dari pembangunan. Penguasaannya dapat mempercepat pertumbuhan, khsusunya teknologi informasi. Oleh karena itu, percepatan penguasaan teknologi juga harus diperhatikan dapam prosesnya.
  5. Konidisi Sosial Budaya
    Kondisi yang berhubungan dengan struktur masyarakat dan penerimaannya terhadap hal-hal yang baru.
  6. Kondisi Politik
    Umumnya, negara yang belum stabil secara politik memiliki pembangunan yang terhambat. Fokus pemerintahan dan masyarakatnya terpecah belah. Sementara orang-orang di luar negara yang ingin ikut berperan ekonomi juga akan menahan diri.

Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi

Di dunia ini, segala sesuatu ada pasangannya. Dalam pembangunan tidak hanya dampak positif yang dapat ditemui, dampak negatif juga harus diwaspadai. Dampak tersebut beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini.

1. Dampak Positif

Pembangunan didefinisikan sebagai proses menuju ke arah lebih baik. Artinya, dampak positif harus lebih banyak dibandingkan dengan negatif. Dampak tersebut, antara lain:

  • Pembangunan di bidang ekonomi akan membuat berbagai kegiatan lain berjalan lebih lancar. Selain itu, proses pertumbuhan ekonomi juga meningkat.
  • Pembangunan di sektor ekonomi menyelesaikan berbagai masalah masyarakat, seperti pengangguran dan kemiskinan. Pembangunan yang berhasil akan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.
  • Penyelesaian masalah sosial, seperti pengangguran dan kemiskinan secara langsung memperbaiki tingkat pendapatan nasional.
  • Struktur ekonomi masyarakat yang sepenuhnya bergantung pada alam yang disebut struktur ekonomi agraris akan berubah menjadi ekonomi agraris. Kegiatan ekonomi yang ada dalam suatu masyarakat negara menjadi makin beragam.
  • Pembangunan biasanya disertai dengan peningkatan kualitas penduduk atau sumber daya manusia, sehingga pengetahuan dan penguasaan teknologi masyarakat meningkat. Artinya, kesejahteraan masyarakat ikut bertambah tinggi.

2. Dampak Negatif

Dampak negatif yang mungkin terjadi karena pembangunan di bidang ekonomi dalam mayarakat, yaitu:

  • Pembangunan ekonomi yang tidak terencana dengan baik dan tidak diiringi disiplin dari masayarakat dapat merusak lingkungan hidup, seperti pencemaran air, udara dan tanah.
  • Ekonomi industri dapat mengakibatkan berkurangnya lahan pertanian yang menyediakan kebutuhan pangan masyarakt.
  • Habitat alam dapat musnah jika pembangunan tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan.

Masalah dalam Pembangunan Ekonomi

Pembangunan berkaitan erat dengan masyarakat suatu negara. Oleh karena itu, masalah yang dihadapi adalah masalah kependudukan, antara lain:

  • Tingginya angka pengangguran.
  • Semakin banyaknya masyarakat miskin.
  • Tingginya angka pertumbuhan penduduk yang artinya beban pemenuhan kebutuhan juga semakin banyak.
  • Tingkat inflasi suatu negara yang dapat menyebabkan rendahnya daya beli masyarakat.
  • Rendahnya produktivitas masyarakat yang berpengaruh terhadap pendapatan per kapita.
  • Komoditas ekspor didominasi oleh sektor primer atau pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat sendiri.

Bagaimana? Mudah bukan memahami materi pembangunan ekonomi dari Pinter Kelas? Simak terus berbagai materi lain di sini ya! Pinter Kelas teman terbaik belajarmu!

Author