Hai Sobat PinterKelas! Hidup tidak akan berjalan menarik bila tanpa memiliki dasar maupun prinsip kan? Nah, orang hidup tanpa prinsip akan mengalami kehampaan. Termasuk bagi sebuah negara, tanpa ada dasar negara, tidak tahu tujuan akan kemana. Nah, materi kali ini akan membahas mengenai pengertian dasar negara.

pengertian dasar negara
sunflowords.com

Dasar negara menjadi unsur terpenting bahkan pada proses pendirian negara. Salah satu syarat berdiri sebuah negara adalah memiliki dasar negara. Tanpa memenuhi syarat itu, pendirian sebuah negara masih dipertimbangkan.

Atau bila ingin mendirikan negara, siapkan dulu dasarnya. Baru nanti boleh mengurus hal lain seiring berjalan waktu. Ini membuktikan bahwa dasar dari negara itu sangat penting. Harus ada bahkan sebelum terbentuk negara.

Pengertian Dasar Negara

Sesuatu bila terletak di dasar pastilah memiliki fungsi untuk menopang segala sesuatu yang terletak di atas. Dasar bisa dimaknai sebuah pondasi. Semakin kuat pondasi, semakin kokoh pula sebuah bangunan.

Bila dasar dari sebuah negara sangat kokoh dan kuat, negara itu pasti tumbuh dengan pesat. Sebab prinsip yang mengalir di darah masyarakat sangatlah mantap. Perkembangan akan berjalan seiring dengan berjalan waktu.

Nah, apa sih pengertian dari dasar negara? Dasar negara ialah pandangan, sikap hidup, atau suatu hal yang tidak dapat dibuktikan kebenaran dan kesalahannya. Sebab dasar negara itu bersifat visioner.

Melangkah ke depan untuk membentuk sebuah negara beradab dan berdaulat. Dasar negara berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum. Bila dibuatkan sebuah silsilah, dasar negara akan berada di paling atas.

Segala hal yang dilakukan harus merujuk pada dasar negara. Bila tidak merujuk, sebuah tindakan bisa dikatakan menyimpang. Bahkan bisa diperkarakan karena tidak sesuai dengan dasar negara.

Jadi posisi dasar negara ini sangat-sangat penting. Karena inilah cara pandang, prinsip, serta sikap hidup dalam bernegara. Kamu sudah mengenal dasar negara belum?

Pengertian Dasar Negara menurut Para Ahli

Para ahli telah memberikan pengertian terbaik mereka mengenai dasar negara. Para pemikir itu berusaha sebaik mungkin untuk menjelaskan mengenai prinsip negara ini. Penasaran? Simak di bawah ini:

1. J. Rousseau

Dasar negara ialah sebuah alat dengan fungsi untuk menjaga kemerdekaan individu serta ketertiban kehidupan sebuah negara.

2. George Jellinek

Dasar negara merupakan organisasi kekuasaan suatu kelompok manusia. Kelompok ini terletak di suatu wilayah dan mereka butuh sebuah dasar untuk menjalankan setiap aktivitas kehidupan.

3. Karl Marx

Bapak sosialis ini mengatakan, dasar negara ialah suatu peringkat yang memiliki kekuasaan tinggi untuk melakukan eksploitasi maupun penindasan terhadap kelas lainnya.

4. Robert M. Mac. Iver

Dasar negara adalah bentuk asosiasi dengan peran penting untuk melindungi dan menjaga ketertiban masyarakat sesuai dengan sistem hukum berlaku. Dasar ini kemudian dilaksanakan oleh pemerintah berkuasa dengan tekanan maupun paksaan.

5. Tracy

Dasar negara yakni sebuah program untuk memberi perubahaan pada tatanan hidup masyarakat dan bernegara.

6. Aristoteles

Yakni perpaduan antara keluarga sampai beberapa desa. Meski hidup secara mandiri tetapi memiliki tujuan sama untuk menjaga kehormatan serta kesenangan sendiri-sendiri.

7. C. Wheara

Yakni semua sistem tata negara yang memiliki beberapa aturan dalam menjalankan pemerintahan.

8. Logemann

Menurut Logemann, dasar negara merupakan organisasi kekuasaan yang mampu menyatukan kelompok manusia (bangsa).

9. R. Djoko Soetono

Dasar negara ialah suatu organisasi manusia yang berada di bawah pemerintahan sama dalam kepemimpinan.

10. Roger F. Soltau

Dasar negara merupakan alat yang digunakan untuk mengendalikan persoalan rakyat.

Bila melihat beberapa pengertian di atas, kita mampu memahami bahwa dasar negara ini memang sangat penting. Bahkan menjadi acuan dalam melaksanakan aktivitas kenegaraan. Nah, akibat tidak memiliki dasar negara adalah sebuah negara akan terombang-ambing.

Arah tujuannya tidak jelas sehingga kemajuan tidak segera didapatkan. Oleh karena itu, memang penting sekali untuk memiliki sebuah dasar negara. Karena menjadi pijakan pertama dalam melakukan beragam kegiatan.

Manfaat Dasar Negara

Sebuah negara tidak mungkin bila tidak memiliki dasar. Hampir semua sudah memiliki dasar. Bila tidak punya, pastilah pemerintahan tidak akan berjalan. Sebab peran dasar negara untuk mengiringi pemerintahan.

pengertian dasar negara
dutaislam.com

Lebih dari itu, manfaat dari dasar negara sangatlah penting. Apa saja? Simak di bawah ini:

1. Sebagai Pedoman Hidup Berbangsa dan Bernegara

Kamu pasti punya prinsip hidup. Bila sudah memiliki sebuah prinsip, maka menjalankan apapun haruslah sesuai dengan prinsip itu. Harus sejalan apapun yang terjadi karena dasar negara ini sudah disepakati.

Dasar negara Indonesia, Pancasila didapatkan bukan dari pemikiran satu orang. Namun, dari banyak orang dan disetujui oleh khalayak. Jadi pelaksanaan aktivitas harus sesuai dasar negara. Titik!

2. Mempertegas Tujuan dari Sebuah Negara

Negara berdiri dengan mengemban misi. Utamanya adalah untuk menyejahterakan masyarakat yang tinggal di negara itu. Nah, tujuan negara sangat penting untuk dipegang seerat mungkin.

Dengan adanya dasar negara, tujuan negara semakin jelas. Jadi kamu bisa melakukan berbagai hal asalkan tidak menyimpang dari dasar negara.

Proses Pembentukan Dasar Negara

Pancasila dibentuk setelah melewati beberapa proses. Ini dikarenakan para pendiri negara ingin membuat sebuah dasar yang memiliki makna sangat dalam. Proses pembentukannya antara lain:

  1. Sidang BPUPKI
    Rapat BPUPKI perdana memiliki agenda untuk membentuk sebuah dasar negara. Nah, rapat ini berjalan mulai tanggal 29 April 1945. Setelah dasar negara jadi, kemudian dilantik pada tanggal 28 Mei 1945.
  2. Perumusan Dasar Negara
    Untuk merumuskan dasar negara Pancasila dibentuk Panitia Sembilan. Hasil kerja dari panitia tersebut diberi nama Piagam Jakarta.

    Piagam ini yang kemudian menjelma menjadi Pancasila. Sebab perumusan dilakukan dalam waktu panjang. Sebab harus benar-benar merepresentasikan karakter Indonesia.
  3. Pengesahan sebagai Dasar Negara
    Sehari pasca dilakukan proklamasi, pada tanggal 18 Agustus 1945 Pancasila disahkan sebagai dasar negara. Hal ini seiring dengan dilakukannya Sidang Pertama PPKI sebagai badan yang telah ditunjuk.

Sempat beberapa kali mengalami gonjang-ganjing yang menyeret Pancasila dan UUD 1945. Namun, berkat kuasa Tuhan Indonesia bisa dipertahankan menjadi satu kesatuan utuh.

Pancasila sebagai dasar negara memang seuniversal itu. Dari dulu sampai sekarang tidak pernah diperbarui, tetapi karakternya benar-benar fleksibel. Bahkan tetap bertahan meski disejajarkan dengan perkembangan zaman.

Di sela perkembangan zaman yang gila-gilaan, Pancasila tampil dengan apa adanya. Uniknya, segala hal bisa diterapkan dari pedoman Pancasila. Sifat fleksibel ini membuat Pancasila tidak perlu diganti.

Bahkan nilai-nilai itu bisa terus lestari dan digunakan pedoman untuk bertindak sampai saat ini. Nilai Pancasila memang sangat berharga. Perjuangan para pendiri negara untuk membuatnya terbayar dengan manis.

Itulah penjelasan lengkap seputar dasar negara. Pancasila sebagai dasar negara harus dijunjung tinggi. Pastikan untuk melakukan berbagai hal sesuai dengan prinsip Pancasila. Bila tidak, perbuatan yang dilakukan menyimpang dan berseberangan dengan prinsip Indonesia.

Baca juga :
1. Pengertian dan Makna Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka
2. Sejarah Pancasila Singkat dan Lengkap

Author