Cerdikawan, saat sedang menggunakan komputer pernahkah terpikir oleh kalian apa pengertian komputer, fungsi beserta elemen pendirinya? Pernahkah kalian bertanya apa tujuan utama diciptakannya sebuah komputer saat pertama kali dulu? PinterKelas akan merangkumnya dari beberapa sumber bacaan dalam pembahasan pengertian komputer berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, etimologi, dan beberapa ahli. Yuk langsung saja simak pembahasannya!

Pengertian Komputer

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau yang biasa disingkat KBBI, pengertian komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau pun mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan lain-lain), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, dan juga unit pengontrolan.

Etimologi

Selain pengertian komputer yang dilihat berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, terdapat pengertian komputer berdasarkan etimologinya. Pengertian komputer secara etimologi yakni, asal kata ‘Komputer’ berasal dari bahasa Latin yakni, ‘Computare’ yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia ‘menghitung’. Maka, secara garis besar, pengertian komputer pada awalnya merupakan alat penghitung aritmatika atau alat untuk membantu mengitung.

Hal ini dapat dilihat sebagai pertanda bahwa sebelum berevolusi dengan sistem dan teknologi yang canggih seperti sekarang ini, komputer pada awal terciptanya bertujuan sebagai alat dalam bentuk elektronik yang diciptakan untuk membantu tugas manusia dalam urusan berhitung. Tidak seperti sekarang ini, komputer kini telah memiliki fungsi dan manfaat yang banyak sekali dalam membantu urusan manusia.

Ahli

Tidak hanya berdasarkan KBBI dan etimologi, para ahli dalam bidangnya pun memiliki intepretasi tersendiri dalam melihat pengetian komputer. Berikut ini adalah pengertian komputer menurut beberapa ahli, antara lain :

1. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

2. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

3. Donald H. Sanders

Menurut Sanders, pengertian komputer adalah sistem elektronik yang digunakan untuk memanipulasi data yang cepat serta tepat, dirancang dan diorganisasikan agar dapat secara otomatis menerima dan menyimpan data, memproses data hingga menghasilkan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

4. Wiliam M. Fuori

Menurut Fuori, pengertian komputer adalah suatu alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan secara besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika serta operasi logika, dan tidak ada campur tangan manusia.

5. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas diantaranya menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

6. Williams & Sawyer

Menurut Williams & Sawyer, definisi komputer adalah mesin serbaguna yang dapat diprogram, bisa menerima data (fakta-fakta serta gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasi data tersebut ke dalam informasi yang dapat digunakan.

animasi sejarah komputer

Komponen-komponen Komputer

Jika dilihat secara umum, komputer memiliki setidaknya 3 elemen utama yang melengkapinya. Berikut ini adalah komponen-komponen utama dari komputer, antara lain :

Hardware atau Perangkat Keras, yang memiliki komponen pendiri antara lain: Processor, RAM, Hard Disk, Motherboard, dan CPU.

Perangkat Lunak (Software) yaitu sistem operasi dan juga berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan bekerja sesuai perintah dari pengguna.

Pengguna Komputer (Brainware) yaitu pemakai atau operator komputer.

Fungsi Komputer

Secara umum komputer memiliki fungsi yang beragam, tergantung pada fitur dan aplikasi dari penggunanya. Mengacu pada pengertian komputer di atas, berikut adalah fungsi utamanya :

1. Data Input

Komputer dapat menerima informasi atau data dari sumber lain. Data tersebut diterima melalui aktivitas di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

2. Data Processing

Salah satu fungsi utama komputer adalah untuk melakukan pengolahan data sehingga menghasilkan output, yaitu berupa informasi. Umumnya, data yang diolah di dalam komputer adalah berbentuk teks, gambar, audio, video, grafik, dan lainnya.

3. Data Output

Fungsi komputer berikutnya adalah untuk menghasilkan output/ informasi setelah melalui proses pengolahan data. Informasi tersebut dapat disajikan melalui monitor, alat printer, dan speaker.

4. Data Storage

Komputer juga dapat berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data sehingga dapat ditemukan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori internal komputer maupun memori eksternal.

5. Data Movement

Fungsi lain dari komputer adalah untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya atau berbagai alat output lainnya.

Author