Cerdikawan, apakah kalian memahami pengertian komunisme? Tahukah kalian dahulu, di Indonesia terdapat salah satu partai komunis yang sangat terkenal pada era kepemimpinan Presiden Soekarno bernama Partai Komunis Indonesia atau biasa disingkat dengan PKI? PinterKelas kali ini telah merangkum mengenai materi pengertian komunisme, ciri-ciri ideologi, dan negara-negara yang menganut paham komunis yang ga pake ribet pemaparannya! Tanpa harus berlama-lama lagi, yuk kita simak penjelasannya!

Pengertian Komunisme

Komunisme adalah ideologi dalam ranah politik yang memiliki konsep kepemilikan bersama yang dikontrol oleh negara atas hak milik tertentu yang masyarakat punya. Paham komunisme pertama kali dimunculkan oleh Karl Marx dan Fredrich Engels.

Sementara itu, Komunis adalah sebutan untuk suatu golongan per individu atau pun per kelompok yang menganut paham ideologi komunisme.

Ciri-ciri Ideologi Komunisme

1. Menerapkan dan mengajarkan konsep teori strata sosial yang terdapat di lapisan masyarakat. Hal ini mengakibatkan adalanya ketegangan yang terjadi di antara kaum ploretar dengan kaum kapitalis.

2. Kurangnya kesadaran untuk saling menghargai antarindividu berdasarkan ajaran komunisme itu sendiri yang mengajarkan bahwa masyarakat memiliki kelas yang bersifat eksklusif.

3. Mengajarkan teori pertentangan kelas.

4. Mendoktrin dengan teori ‘The Permanent’ atau ‘Continuous Revolution’ (revolusi terus-menerus).

5. Memiliki progam dengan bertujuan tercapainya masyarakat yang makmur, tanpa kelas, dan semua orang adalah sama. Namun, dalam mencapainya, terdapat fase diktator dari para proletariat yang mempunyai tugas untuk “menyingkirkan” orang-orang yang menentang ideologi komunisme, khususnya para kaum kapitalis yang menentang.

6. Menganut adanya sistem politik satu partai. Yang dimaksud dari poilitik satu partai adalah hanya ada satu partai dalam negara tersebut, yakni partai komunis. Maka secara otomatis, negara komunis tidak memiliki partai oposisi, dan hal ini pada dasarnya tidak menghormati hukum HAM.

7. Merasa tidak membutuhkan pendapat, suara serta aspirasi rakyat karena pemerintah adalah pion utaman dalam berjalannya suatu negara komunisme.

8. Sumber Daya Alam dan teknnologi produksi adalah milik pemerintah seutuhnya karena hak milik masyarakat atau individu yang tidak diakui pemerintha adalah sandang, perabotan, dan upah.

9. Jika berdasarkan teori komunisme, ideologi komunisme memiliki tujuan untuk mencapai kemakmurkan rakyat, dan tidak mengenal strata sosial. Namun, pada penerapannya beberapa hal justru saling bertentangan.

Cerdikawan, baca juga pembahasan mengenai Demokrasi Terpimpin berikut ini!

Negara-negara Komunis

Berikut ini merupakan beberapa negara yang hingga saat ini masih menganut ideologi komunisme sebagai menjadi ideologi utama negaranya, antara lain adalah :

1. Tiongkok

Diketahui sebelumnya bahwa Uni Soviet merupakan negara penganut ideologi komunisme terbesar di dunia. Namun Uni Soviet berakhir runtuh pada tanggal 26 Desember 1991. Hal ini menjadikan Tiongkok sebagai negara penganut komunisme terbesar di dunia saat ini. Namun, secara ekonomi, pemerintah Tiongkok dapat dikatakan penganut sistem liberalisme dan kapitalisme. Xi Jinping, adalah sekretaris jenderal partai komunis Tingkok yang kini menjabat sebagai presidennya. Seperti sistem politik di negara komunis pada umumnya, sistem partai Tiongkok menggunakan sistem partai tunggal, yakni Partai Komunis Tiongkok.

2. Korea Utara

Selain Tiongkok, Korea Utara pun merupakan negara yang terkenal menganut paham komunis. Kini Korea Utara dipimpin oleh Kim Jong Un yang memegang kendali penuh atas perekonomian, informasi, pengambilan kebijakan dan aspek-aspek kehidupan lainnya milik masyarakat. Selain sebagai negara komunis, Korea Utara terkenal negara yang amat tertutup terutama pada akses dengan negara-negara lain. Namun saat ini mereka sedang mencoba untuk lebih terbuka pada dunia.

3. Kuba

Negara yang menganut paham komunisme selanjutnya adalah Kuba. Kuba adalah sebuah negara bagian di Amerika Tengah. Negara ini dipimpin oleh Raul Castro yang juga menjabat sebagai sekretaris utama Partai Komunis Kuba. Kuba mulai menganut konstitusi pada 1992, dimana saat itu konstitusinya berisi bahwa negara ini berlandaskan asas pemikiran Jose Marti dan ide sosial-politik Marx, Engels, dan Lenin.

4. Laos

Berikutnya adalah negara Laos. Sebagai salah satu anggota dari ASEAN, Laos merupakan salah satu negara yang menganut ideologi komunisme hingga saat ini. Satu-satunya partai resmi yang boleh berdiri di Laos adalah Partai Revolusioner Rakyat Laos. Pemimpin negara ini adalah Presiden Bounnhang Vorachith, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Revolusioner Rakyat Laos. Di samping itu, perdana Menteri Laos adalah Thougloun Sisoulith, yang juga merupakan anggota dari Politbiro Partai Revolusioner Rakyat Laos.

5. Vietnam

Negara yang menganut ideologi komunisme yang terakhir adalah Vietnam. Tidak hanya Laos, Vietnam adalah negara yang menganut ideologi komunisme di Asia Tenggara. Di Vietnam, komunisme meliputi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakatnya. Partai yang dianggap boleh berpolitik di negara ini adalah Partai Komunis Vietnam.

Namun, meskipun bentuk pemerintahan negara ini masih kuat dipengaruhi oleh ideologi komunisme, saat ini pemerintah Vietnam cenderung mengarahkan negaranya ke perekonomian kapitalisme yang lebih terbuka. Hal inilah yang membuat sistem perekonomian Vietnam memiliki sedikit kemiripan dengan yang Tiongkok miliki, yakni negara penganut ideologi komunisme tetapi menganut perekonomian kapitalis.

Author