Halo Sobat PinterKelas! Saatnya belajar tentang manajemen. Manajemen adalah? Kamu pasti penasaran dong! Nah, manajemen itu lekat dengan mengatur. Segala sesuatu perlu untuk diatur agar menjadi lebih teratur.

manajemen adalah
pixabay.com

Itulah mengapa kamu harus tahu pengertian dari manajemen. Apa sih pengertian dari manajemen? Singkatnya, manajemen adalah seni untuk mengatur segala sesuatu. Kamu sebagai seorang individu pasti sangat memerlukan ilmu ini.

Jadi ketika kamu ingin mengatur berbagai hal, kamu harus menerapkan ilmu manajemen. Manajemen adalah seni untuk mengatur dan melaksanakan berbagai hal. Jadi berbagai hal bisa dilakukan dengan sempurna dan baik sesuai keinginan pelakunya. Itulah mengapa ilmu ini sangatlah penting.

Manajemen Adalah? Pengertian Manajemen secara Umum

Pengertian manajemen yakni proses untuk mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh kumpulan manusia/organisasi untuk mencapai satu tujuan tertentu dengan cara bekerja sama menggunakan sumber daya yang dimiliki. Manajemen biasanya dilakukan di dalam satu organisasi. Untuk urusan pribadi pun bisa.

Dengan menggunakan ilmu manajemen, suatu tujuan bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Tanpa diatur dengan baik, suatu organisasi tidak bisa berjalan dengan lancar. Sebab manusia memiliki potensi masing-masing, alhasil perlu dikelola agar mampu memberi manfaat maksimal.

Inilah pengertian manajemen secara umum. Intinya manajemen yakni seni untuk mengatur sebuah kelompok manusia. Bila tidak diatur, potensi manusia tidak bisa terorganisir dengan baik. Oleh karena itu, manajemen sangat penting untuk diterapkan dalam organisasi tertentu.

Pengertian Manajemen menurut Para Ahli

Tadi sudah dibahas pengertian secara umum, sekarang mari kita bahas pengertian menurut para ahli. Tentu para ahli ini memiliki pendapat berbeda, tetapi kurang lebih tetap memegang prinsip sama.

Sebab pengertian secara umum didapatkan dari kesimpulan para ahli. Lantas apa saja sih pengertian dari para ahli? Simak di bawah ini:

1. George R. Terry

Pengertian manajemen adalah proses khas terdiri dari tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan, dan mengawasi. Proses manajemen ini dilakukan untuk mencapai suatu target tertentu dengan memanfaatkan sumber daya, baik itu dari manusia maupun alam.

2. Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan kontrol terhadap sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu

3. Mary Parker Follet

Pengertian manajemen menurut Mary Parker Follet adalah seni menyelesaikan suatu pekerjaan dengan mengatur orang lain. Yang bertugas mengatur dalam proses manajemen dinamakan manajer.

4. Lawrence A. Appley

Manajemen ialah sebuah keahlian yang dimiliki oleh seseorang untuk menggerakkan orang lain agar mau melakukan suatu hal tertentu untuk mencapai tujuan tertentu.

5. Ricky W. Griffin

Pengertian manajemen ialah proses perencanaan, organisasi, koordinasi, dan kontrol terhadap sumber daya yang ada demi mencapai satu tujuan tertentu secara efektif dan efisien. Efektif berarti terlaksana sebuah rencana, sedangkan efisien berarti dilakukan dengan benar.

6. Hilman

Manajemen adalah fungsi untuk mencapai satu tujuan melalui suatu kegiatan untuk mengawasi usaha tiap individu untuk mencapai tujuan yang sama.

7. Oey Liang Lee

Manajemen ialah ilmu/seni dalam hal perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

8. Renville Siagian

Menurutnya, manajemen ialah satu bidang usaha untuk bergerak di dalam bidang jasa yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

9. Dr. Ahuja

Menurut Dr. Ahuja, manajemen adalah pihak yang menyediakan jasa untuk mencapai suatu tujuan tertentu berhubungan dengan pihak manajemen.

10. James A.F Stoner

Manajemen yakni proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian dari anggota sebuah organisasi dan pengelolaan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu sesuai kesepakatan.

Fungsi Manajemen

manajemen adalah
pixabay.com

Ada 5 fungsi utama dari manajemen yang harus kita pelajari. Inilah akar dari praktik manajemen yang diterapkan oleh semua orang saat ini. Penasaran kan? Fungsi manajemen adalah:

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Inilah hal paling penting dari sebuah manajemen. Ketika hendak ingin mencapai suatu tujuan, pastilah diperlukan rencana-rencana tertentu. Rencana ini bisa dirumuskan oleh manajer saja tetapi lebih baik bila dirumuskan oleh satu tim.

Perencanaan sangat penting untuk melakukan segala sesuatu. Pada setiap tujuan, pasti ada aksi yang harus dilakukan. Semua harus dipikirkan tepat sebelum dilakukan. Dan ini akan dibahas pada tahap perencanaan.

Jadi dalam membuat rencana harus sangat cermat. Manajer dan anggota harus jeli melihat situasi agar realita nanti tidak jauh dari harapan.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Setelah rencana disepakati, tentulah ada beragam detail pekerjaan yang harus dikelola. Nah, sekarang giliran manajer unjuk gigi demi melaksanakan fungsi ini. Mengorganisasi orang sesuai dengan potensi dan sumber daya bukanlah pekerjaan mudah.

Tiap anggota harus diberikan tugas sesuai dengan kemampuan dan potensinya. Dengan begitu, detail pekerjaan yang ditetapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Salah dalam memberikan tugas akan membuat tujuan sulit tercapai.

3. Fungsi Penempatan (Staffing)

Hampir sama dengan pengorganisasian, tetapi bersifat lebih holistik. Staffing lebih mengarah kepada pembagian suatu posisi berdasarkan sumber daya secara umum, meliputi manusia, perlengkapan, dan berbagai sumber daya lain.

4. Fungsi Pengarahan (Directing)

Ketika semua sudah berjalan sesuai rencana, manajer kemudian harus mengarahkan anggotanya. Manajer harus mampu memastikan agar semua hal berjalan dengan baik sesuai dengan kesepakatan.

Bilamana terjadi kendala, manajer harus mampu segera memberi pengarahan kepada anggota untuk melakukan rencana tambahan. Manajer harus selalu siap untuk menghadapi berbagai situasi karena arahan dari manajer yang sangat diperlukan pada fungsi ini.

5. Fungsi Pengawasan (Controlling)

Ketika satu rencana sudah berjalan dan mulai menampakkan hasil, manajer belum boleh beristirahat. Manajer harus mampu memantau proses itu agar terus berjalan sesuai dengan keinginan.

Karena suatu hal tidak selalu bisa berjalan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, suatu proses manajemen harus terus diawasi.

Unsur-Unsur Manajemen

manajemen adalah
pixabay.com

Berikut adalah unsur-unsur dari manajemen, yaitu:

1. Man (Manusia)

Unsur paling penting dari manajemen. Tanpa manusia, manajemen tidak diperlukan dan tidak akan berjalan.

2. Money (Uang)

Ketika manusia bersedia melakukan suatu bentuk manajemen, pada tiap aksinya membutuhkan uang. Jadi uang sangat penting setelah manusia.

3. Materials (Bahan)

Ketika uang sudah di tangan, manusia bisa membeli bahan dengan uang untuk melakukan hal apapun sesuai keinginan.

4. Machines (Mesin)

Bahan sudah ada maka kini giliran untuk mengolah maupun mengelolanya. Nah, dengan bantuan mesin, pekerjaan manusia bisa menjadi lebih mudah.

5. Methods (Metode)

Dalam melakukan suatu hal diperlukan metode paling tepat. Kesalahan dalam memilih metode akan memperlambat suatu tujuan untuk tercapai.

6. Market (Pasar)

Organisasi komersial pasti membutuhkan keuntungan/penghasilan untuk terus bertahan. Saat produk/jasa sudah dihasilkan, harus segera menemukan pasar tepat untuk melempar produk. Bila tidak, suatu usaha bisa gulung tikar.

Itulah berbagai penjelasan seputar manajemen. Semoga bermanfaat.

Author