Cerdikawan, kita tidak pernah bisa lepas dari benda kimia. Setiap hari di dalam kehidupan, zat kimia selalu kita jumpai. Termasuk salah satunya NaOH. Bila kamu mendengar soda api, maka itulah NaOH. Materi kimia ini terdiri atas Natrium dan Hidroksida. Kali ini kita akan bahas NaOH dengan lebih detail. Sudah siap?

Material kimia sudah menjadi satu hal biasa. Kehidupan kita menjadi lebih berwarna atas peran zat kimia. Kamu mau mencari apapun ada, sebab bisa dibuat dari reaksi kimia. Contohnya saja plastik, benda keseharian ini ada karena reaksi kimia lho!

Nah, begitu pun dengan soda api. Kamu bisa mengamati pengertian, ciri-ciri, dan manfaat soda api dari artikel ini. Jangan lewatkan artikel ini ya!

Pengertian NaOH

Pernah kamu mendengar tentang soda api? Dengan sebutan ini pasti kamu sudah familiar. NaOH adalah sejenis basa logam kaustik. Basa logam ini terbentuk dari oksida basa dan mampu larut di dalam air.

naoh
wikipedia.org

Benda yang sering disebut soda kaustik atau sodium hidroksida ini akan membentuk alkalin kuat bila dilarutkan di dalam air. Peran zat ini di dalam kehidupan amatlah nyata. Nanti akan kita bahas lebih detail. Tetapi yang jelas, soda api sering sekali digunakan untuk berbagai macam bidang industri.

Zat ini bisa dianggap sebagai komponen industri yang penting. Bila kamu tertarik dengan dunia industri, kamu harus mengenal material satu ini. Sudah siap untuk membahas lebih lanjut?

Bentuk NaOH

Bentuk dari soda api adalah putih padat dan tersedia dalam berbagai bentuk baik itu serpihan, pelet, butiran, maupun larutan jenuh 50% yang sering disebut larutan Sorensen.

Larutan Sorensen bersifat lembab, cair, dan mampu menyerap karbondioksida secara spontan dari udara bebas. Soda api sangat cepat larut di dalam air dan sangat mudah melepaskan panas saat dilarutkan. Mengapa demikian? Karena pada proses pelarutan, ia akan bereaksi secara eksotermis terhadap air.

Soda api pun mampu larut ke dalam metanol dan etanol. Namun, kelarutan soda api terhadap kedua cairan itu lebih kecil daripada terhadap cairan KOH. Soda api tidak larut di dalam dietil eter dan pelarut non polar lain.

Bila larutan NaOH mengenai kain dan kertas, ia akan meninggalkan noda kuning. Jadi jangan pernah meninggalkan larutan itu ke dalam pakaian dan kertas yang masih digunakan. Pasti akan membuat kesal sendiri kan Cerdikawan.

Rumus NaOH (Natrium Hidroksida)

Mari kita bahas rumus kimia dari senyawa satu ini. Simaklah informasi di bawah ini:

Jenis Senyawa Ion
Bentuk Kristal, bubuk berwarna putih, dan tidak berbau
Densitas 2,13 gr/cm
Titik Leleh 3180 C
Titik Didih 13880 C
Kelarutan dalam Air Suhu 00 C, 418 gr/L, suhu 200 C, 1150 gr/L
Massa Molekul Relatif 40 mr
Larut dengan cairan: Air, methanol. Ethanol, eter, dan larutan ammonia
Dampak Bersifat korosif
Tingkat Kebasaan 0,2 (ranking 4)
Rivalitas Asam HCl

Itulah berbagai informasi penting seputar NaOH. Kamu sudah paham bukan bagaimana karakter dari senyawa ini? Jadi pastikan untuk melakukan perhatian lebih agar tidak terkena dampak maupun akibat bila berinteraksi dengan senyawa ini.

Fakta NaOH

Kamu harus tahu betapa senyawa satu ini sudah begitu familiar untuk orang kebanyakan. Bahkan bisa dijual bebas di sekitar kamu. Bisa dibilang senyawa ini tidak berbahaya meskipun memang memiliki dampak bila terjadi kesalahan dalam menggunakan.

Reaksi ini pun paling umum dan digunakan dalam reaksi asam basa, seperti pada reaksi penetralan. NaOH mampu bereaksi dengan asam lemah maupun asam kuat untuk membentuk garam.

Kamu bisa melihat reaksinya di bawah ini:

HCl + NaOH -> NaCl + H2O (reaksi dengan asam kuat)
CH3COOH + NaOH -> CH3COONa + H2O (reaksi terhadap asam lemah)

Reaksi soda api terhadap asam kuat dan asam lemah sama-sama menghasilkan garam. Bedanya, satu termasuk garam kuat dan yang satunya tidak terlalu kuat. Ini tergantung dari komponen penyusunnya.

Selain mampu bereaksi dengan asam lemah dan asam kuat, ia juga bisa bereaksi sama oksida pembentuk asam seperti CO2 dan SO2. Simak reaksi di bawah ini:

NaOH + CO2-> Na2CO3 + H2O
NaOH + SO2-> Na2SO3 + H2O

Reaksi dengan asam dan oksida sudah, lantas apakah soda api mampu bereaksi terhadap logam? Atau apakah soda api mampu melarutkan logam? Jawabannya adalah iya. NaOH mampu melarutkan logam seperti aluminium dan logam transaksi lain. Coba simak persamaan reaksi di bawah ini:

2 NaOH + 2 Al + 6 H2O -> 2 NaAl(OH)4 + 3 H2

Itulah hasil reaksi soda api dengan logam. Ia mampu melarutkan logam tersebut. Mari kita simak reaksi NaOH dalam berbagai bentuk reaksi.

Reaksi Pengendapan oleh NaOH

NaOH mampu dimanfaatkan untuk mengendapkan senyawa logam dengan tingkat kelarutan amat rendah. Seperti halnya logam pada golongan transisi maupun golongan utama seperti timah dan timbal. Inilah reaksi pengendapan yang bisa dilakukan oleh soda api:

ZnCl2 + NaOH -> Na2ZnO2 + H2O
CuSO4 + NaOH -> Cu(OH)2 + H2O
PbSO4 + NaOH -> Na2PbO2+ H2O

Manfaat NaOH

Senyawa ini memiliki manfaat besar untuk kehidupan manusia. Mari kita simak manfaat dari senyawa NaOH di bawah ini:

  1. Digunakan untuk mengendalikan tingkat keasaman pada pengolahan air (water treatment).
  2. Dimanfaatkan untuk membuat desinfektan dalam pengelolaan air.
  3. Digunakan untuk prosese regenerasi anion resin pada anion exchanger pada unit pembuatan air bebas mineral (purified water).
  4. Dimanfaatkan untuk memisahkan tinta dari serat kertas sebelum digunakan kembali pada industri kertas daur ulang.
  5. Bila dicampur dengan natrium sulfida, soda api mampu membersihkan selulosa kayu dari material tidak diinginkan.
  6. Menjadi bahan kimia anti mampet karena mampu membersihkan saluran pembuangan air karena mampu meluruhkan minyak atau lemak yang bisa menyumbat saluran air.
  7. Mengendalikan alkalinitas dan pH pada penguraian material organik. Dan mampu menghilangkan gas pengotor pada industri minyak bumi dan gas alam.
  8. Dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam obat dan produk farmasi antikoagulan, untuk obat kolesterol dalam darah, dan obat penghilang rasa sakit.
  9. Berperan dalam proses produksi fuel cell.
  10. Digunakan dalam proses produksi epoxy resin.

Bahaya NaOH adalah ketika kamu tidak mampu menggunakan sesuai dengan petunjuk. Bahkan bisa mengakibatkan besi berkarat karena NaOh bersifat korosif. Selain itu, noda kuning akan tertinggal di baju dan kertas bila ia bereaksi di atasnya.

Bila penasaran dengan harga NaOH, kamu bisa cek berbagai market place. Sebab senyawa ini dijual dengan bebas sehingga tidak ada kesulitan bila hendak membelinya. Atau kamu bisa pula membeli di toko kimia di dekat rumah. Semoga bermanfaat informasinya.

Baca juga :
1. Inilah Manfaat Minyak Bumi bagi Manusia
2. Pengertian Larutan Penyangga, Komponen, dan Fungsinya

Author