Hai Cerdikawan, bagaimana kabarnya? Baik-baik saja bukan? Kali ini kita akan belajar seputar teks biografi, sudah tak siap untuk belajar kan? Teks biografi adalah salah satu teks di dalam bahasa Indonesia. Teks biografi ini secara khusus akan membahas perjalanan hidup dari orang berpengaruh di dunia. Penasaran?

teks biografi
pixabay.com

Seorang manusia memiliki perjalanan hidup unik. Beberapa bahkan mampu memberi pengaruh besar di dalam kehidupan khalayak. Bila perjalanan hidup itu tidak dibagi, rasanya sayang sekali. Siapa tahu ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah hidup seseorang.

Oleh karena itu, teks ini diciptakan. Yakni untuk memuat kisah hidup seseorang dari kecil hingga sukses untuk diambil pelajaran bagi kehidupan. Sudah siap menuntaskan materi ini? Siapkan diri kalian ya!

Pengertian Teks Biografi

Pada materi bahasa Indonesia, kendati praktik dikatakan lebih penting, tetapi pengertian juga tidak kalah penting. Ketika seorang sudah mahir membuat biografi, terkadang ia lupa bahwa ada aturan tertentu yang tersimpan di balik pengertian.

Maka sebelum membuat teks ini kamu harus pahami dulu konsep teks biografi dari pengertian. Nah, apa sih pengertian dari teks ini? Teks biografi adalah sebuah teks berisi tentang kisah hidup seseorang dari ia kecil hingga dewasa.

Isi dari teks ini seputar kisah hidup dari seorang tokoh. Bisa berisi kisah bagus maupun pilu dan cara bagaimana tokoh itu lepas dari berbagai masalah dalam rangka untuk diambil pelajaran. Jadi, tidak sembarang orang akan dibuatkan biografi terkecuali ia memiliki dampak bagi lingkungan.

Entah itu dampak baik maupun dampak buruk. Sebab dari kebaikan dan keburukan seseorang bisa mendapat pelajaran sekaligus. Selain disebut dengan biografi, terkadang teks ini disebut juga dengan autobiografi. Lantas apa bedanya?

Biografi ditulis oleh orang lain. Orang dengan profesi menulis ini akan melakukan riset total terhadap tokoh yang hendak ditulis. Kemudian hasil riset itu ia jadikan sumber untuk membuat biografi. Dan ada nama penulis itu dari buku biografi yang telah dicetak.

Sedangkan autobiografi dibuat sendiri oleh tokoh yang mau menceritakan kisah hidupnya. Dengan catatan, tokoh tersebut masih hidup dan memiliki kemauan untuk menulis sendiri kisah hidupnya. Dengan bantuan editor profesional, maka buku itu akan berhasil ditulis oleh tokoh itu sendiri.

Ciri Teks Biorafi

Ada beberapa ciri yang mampu membedakan teks ini dengan teks lain, yakni:

  • Harus memuat informasi berdasarkan fakta yang diceritakan oleh tokoh sendiri. Tidak boleh ada tambahan-tambahan yang bukan merupakan fakta.
  • Ditulis dalam bentuk narasi oleh penulis maupun oleh tokoh itu sendiri
  • Berisi tentang pengalaman hidup seorang tokoh dalam menghadapi setiap masalah hingga sukses dan patut dijadikan contoh atau dapat diambil pelajaran
  • Struktur teks jelas, yakni memuat seluruh kisah hidup

Tujuan Teks Biografi

Seperti dibahas diatas, teks ini memiliki tujuan untuk memberi pelajaran kepada pembaca. Selalu ada pelajaran dari kehidupan orang lain terlebih bila orang tersebut terkenal. Nah, dengan membaca teks ini seseorang akan mendapat pelajaran hidup lebih banyak.

Jenis-Jenis Biografi

teks biografi
pixabay.com

Ada berbagai jenis dari teks biografi, antara lain:

Berdasarkan Penulis

  • Autobiorafi
    Kisah hidup ditulis sendiri oleh tokoh
  • Biografi
    Kisah hidup dari seorang tokoh dituliskan oleh orang lain yang berprofesi penulis atau memiliki kemampuan untuk menulis.

Berdasarkan Izin Penulisan

  • Authorized Biography
    Biografi dengan penulisan yang telah mendapat izin dari tokoh yang hendak ditulis kisah hidupnya.
  • Unauthorized Biography
    Sebuah tulisan tentang kisah hidup yang ditulis tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari tokoh yang hendak ditulis. Biasanya penulis hanya akan meminta izin pihak keluarga karena tokoh terkait telah wafat.

Berdasarkan Isinya

  • Biografi Perjalanan Hidup
    Berisi tentang perjalanan hidup seorang tokoh atau pada bagian-bagian tertentu yang memiliki kesan mendalam.
  • Biografi Perjalanan Karier
    Isi dari biografi ini tidaklah dari seluruh segi kehidupan, melainkan terbatas pada perjalanan karir. Mulai dari memulai sebuah karier hingga mencapai titik kejayaan yang sayang bila tidak dibagikan kepada orang lain.

Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi Politik
    Berisi tentang cerita hidup tokoh dari sudut pandang politik. Biasanya biografi seperti ini ditulis karena ada unsur kepentingan dari penulis maupun tokoh yang hendak ditulis.
  • Biografi Intelektual
    Hampir sama dengan biografi politik, tetapi penulisan dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Biografi Jurnalistik
    Penulisan didapat dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh lain yang menunjang dari biografi tersebut.

Struktur Teks Biografi

Ketika hendak menulis teks ini, kamu tidak bisa sembarangan dalam menulis. Kamu harus memperhatikan struktur penulisan agar mampu menuliskan dengan cermat. Struktur dari teks ini antara lain:

  1. Orientasi
    Tahap pertama membahas mengenai pengenalan tokoh, berisi tentang gambaran awal mengenai tokoh.
  2. Peristiwa dan Masalah
    Tahap ini mulai dilakukan pengenalan masalah. Tiap tokoh pasti memiliki permasalahan dan teks ini membahas mengenai bagaimana cara tokoh dalam menghadapi tiap masalah yang mendera kehidupannya.
  3. Reorientasi
    Tahap ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang dikisahkan. Ini bersifat opsional, boleh memuat boleh pula tidak.

Unsur Kebahasaan Teks Biografi

pixabay.com

Dalam teks ini terdapat unsur kebahasaan yang harus dipatuhi. Beberapa unsur bahasa itu antara lain:

1. Penggunaan kata penghubung

Kata penghubung berfungsi sebagai penghubung antara satu kata dengan kata lain dalam sebuah kalimat. Kata penghubung ini berfungsi sebagai penyambung kata agar kalimat lebih enak dibaca.

Kata hubung yang sering digunakan antara lain tetapi, dan, kemudian, lalu, selain itu, akan tetapi, meskipun demikian, dan lain-lain.

2. Rujukan Kata

Rujukan kata adalah kata yang merujuk pada kata lain yang diungkapkan sebelumnya. Kata rujukan dapat dibagi ke dalam beberapa bagian, antara lain:

  • Kata rujuk benda, contoh: ini, itu, tersebut.
  • Kata rujuk tempat, contoh: disitu, disini, disana
  • Kata rujuk orang, contoh: ia, dia, beliau, mereka, -nya

3. Penggunaan Kata Kerja

Kata kerja pasti selalu digunakan dalam teks bentuk apapun. Ada kata kerja dasar dan kata kerja berimbuan. Atau kata kerja aktif maupun pasif. Kamu bisa gunakan kata kerja jenis apapun dalam teks biografi.

Contoh Teks Biografi

Berikut adalah contoh teks biografi. Silahkan kalian simak dan pahami dengan seksama ya!

Dzawin Nur Ikram adalah seorang stand up comedian. Ia mulai dikenal publik setelah berhasil menjadi juara ketiga di dalam ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 7 di Kompas TV.

Hidup tidak selalu mulus. Harapan Dzawin akan sukses seperti orang lain hanya harapan. Penawaran acara untuk Dzawin tidak semasif teman-teman komedian lain. Alhasil ia merasa amat galau.

Namun, ia tidak pernah berhenti. Ketika ada penawaran untuk mengikuti ajang komedi di Malaysia, ia sanggupi tawaran itu. Ia kembali berjuang kendati sudah pernah menjadi pemenang.

Tidak disangka, Dzawin kembali menjadi pemenang juara ketiga. Setelah itu, tawaran pekerjaan pun banyak, tetapi dari Malaysia. Meski ada banyak pekerjaan, Dzawin memutuskan pulang.

Daripada tidak ada pekerjaan, ia memulai langkah untuk membuat channel Youtube. Bermula dari sini, kesuksesan pribadi dirinya sudah bisa ia dapatkan.

Itulah materi yang bisa kamu gunakan untuk menulis teks biografi. Semoga materi ini bermanfaat ya!

Baca juga :
1. Cara Mudah Membuat Teks Editorial, Kamu Pasti Bisa!
2. Saatnya Belajar Teks Prosedur Kompleks dengan Menyenangkan!

Author