Hai cerdikawan, bagaimana dengan mata pelajaran sejarah di sekolah? Apa sudah banyak yang lupa? Salah satu peristiwa penting yang ada dalam sejarah indonesia adalah trikora. Meskipun sudah sering mendengar, jika tidak dibaca lagi mengenai peristiwa tersebut pasti banyak yang lupa bukan?

trikora
ayokegebe.blogspot.com

Trikora merupakan singkatan dari kata tri komando rakyat. Sudah bisa ditebak jika isi komando yang ada terdiri dari tiga bagian, karena tri berarti juga tiga. Jika kamu penasaran dengan apa isi, makna dan tujuan komando rakyat tersebut kamu bisa membacanya di bawah ini.

Nah, cerdikawan apa kamu sudah penasaran dengan trikora dan arti luasnya. Jangan khawatir di bawah ini akan ditulis lengkap mengenai 3 komando rakyat yang sudah tercatat dalam sejarah indonesia.

Pengertian Trikora

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa isi dari trikora adalah komando rakyat. Pelaksanaan komando rakyat ini dilakukan pada tanggal 19 Desember 1961 di alun-alun Yogyakarta. Tidak hanya 3 komando rakyat saja, Soekarno juga membentuk komando mandala, dan Soeharto diangkat sebagai panglima.

Tugas yang diberikan dalam komando ini adalah merencanakan, mempersiapkan, dan penyelenggaraan operasi militer untuk menggabungkan papua barat dengan indonesia.

Isi Trikora

Berikut ini isi dari tiga komando rakyat:

  1. Gagalkan Pembentukan Negara Boneka Papua Buatan Belanda.
  2. Kibarkan Sang Merah Putih Di Iriat Barat , Tanah Air Indonesia .
  3. Bersiaplah Untuk Mobilisasi Umum Guna Mempertahankan Kemerdekaan Dan Kesatuan Tanah Air Dan Bangsa.

Jadi pada intinya isi dari komando rakyat ini adalah untuk mengembalikan papua barat ke indonesia.

Tujuan Trikora

Banyak upaya yang dilakukan untuk mengembalikan irian barat kepada indonesia. Tidak hanya sebatas itu saja, ada tujuan lain yaitu mencari bantuan senjata dari luar untuk mengatasi konflik dengan belanda.

Selain dari hal di atas ada juga bentuk persiapan lainnya yang dilakukan pemerintah yaitu memberikan kebijakan ekonomi yang lebih baik, menyiapkan pasukan militer dan melakukan diplomasi.

Dalam hal diplomasi yang dilakukan indonesia adalah mendekati negara lain Auatralia, India, Selandia Baru, Thailand, jerman. Tujuan mendekati negara tersebut adalah untuk memberikan dukungan kepada indonesia agar negara tersebut tidak memihak kepada belanda.

Sejarah Trikora

Latar belakang terjadinya komando rakyat ini adalah wilayah papua barat yang di klaim belanda meskipun indonesia telah merdeka. Pada saat ini wilayah indonesia meliputi seluruh wilayah hindia belanda termasuk juga papua barat.

trikora
babe.news

Dari masalah tersebut akhirnya terjadilah perebutan yang kolot dalam pertemuan internasional yang tidak hanya dilakukan sekali. Di tahun 1949 dalam konferensi meja bundar atau yang disingkat KMB masalah ini sempat dibahas. Namun sayangnya tidak menemukan titik temu di dalamnya. Pada akhirnya sidang ditunda satu tahun.

Di tahun 1950 keputusan mengenai papua barat dikeluarkan, yaitu papua barat memiliki hak merdeka atas wilayahnya. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh PBB. Karena masih berat menerimanya belanda mengajak indonesia untuk mengajukan ke mahkamah internasional, namun indonesia menolak.

Dari putusan PBB yang memberikan kemerdekaan kepada papua barat, indonesia dan belanda sama-sama melakukan upaya. Upaya belanda yakni menonjol ke bidang pendidikan. Sedangkan indonesia saat itu melakukan pembentukan provinsi irian barat.

Operasi komando rakyat yang dilakukan indonesia dalam segi militer yaitu mencari bantuan senjata dari negara lain untuk persiapan konflik. Dalam segi fasilitas yaitu memperbaiki landasan udara yang rusak. Dalam segi ekonomi yaitu proses nasionalisasi semua perusahaan belanda yang ada di indonesia.

Konflik yang terjadi selama perebutan irian barat ini salah satunya pertempuran laut Aru dan operasi penerjunan penerbang indonesia. Dari konflik tersebut akhirnya diakhiri dengan puncak kemenangan indonesia.

Amerika dan Australia yang awalnya mendukung kemerdekaan papua barat akhirnya mendukung papua bergabung ke indonesia. Hal ini karena ketakutan akan kekuasaan komunis atas kejadian ini.

Di tahun 1969 akhirnya Jendr Sarwo Edhi mengatur perpera yang memberikan Hasil Papua bergabung dengan indonesia. Namun hal ini menimbulkan kecurigaan Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Komando Mandala

Meskipun dibahas sekilas namun dalam sejarah trikora, komando mandala juga tak kalah pentingnya. Komando ini memiliki titik pusat di kota Makassar pada tanggal 2 januari 1962. Pemimpin komando mandala yaitu Ir. Soekarno itu sendiri.

Awal mulanya ada komando mandala ini adalah sikap belanda yang tidak melakukan dengan segera pengembalian papua barat ke indonesia. Akhirnya dibentuklah komendo ini dengan dua tugas utama.

Tugas komando mandala yaitu:

  • Merencanakan, mempersiapkan, dan menyelanggarakan operasi militer untuk mengembalikan papua barat ke dalam kekuasaan indonesia.
  • Mengembalikan situasi militer papua barat.

Soeharto sebagai panglima dalam kasus ini memperlihatkan usahanya dengan menyiapkan tiga tahapan yang berbeda sebagai strategi.

1. Infiltrasi

Yaitu tahapan dalam hal penyusupan. Strategi ini cukup kuat yakni memasukkan 10 kompi ke dalam setiap sasaran yang dituju agar menjadi daerah yang kuat dan sulit dihancurkan musuh.

2. Eksploitasi

Melakukan perlawanan terbuka kepada musuh sehingga pos penting bisa diduduki oleh indonesia. Jika hal ini bisa dilakukan dengan sempurna maka kemenangan akan mungkin terjadi.

3. Konsolidasi

Tahapan ini merupakan tahapan terakhir yaitu memperkuat kedudukan di bagian papua barat agar tidak sampai lepas dari indonesia. Kedaulatan juga sudah ditegakkan dalam kota tersebut sehingga posisi papua barat sudah semakin aman.

Kisah Singkat Trikora

Sebagai pengetahuan, tahukah kamu bahwa dalam trikora terdapat beberapa kisah menarik. Kisah tersebut adalah keterlibatan masyarakat indonesia dalam kemerdekaan papua barat. Berikut beberapa kisahnya.

Salah satu kisah datang dari herlina kasim. Ia adalah salah satu pejuang yang mendapat julukan pending emas. Beliau adalah anak lulusan SMA yang suka berpetualang ke seluruh indonesia. Ia adalah aktivis muda perempuan yang rela ikut pasukan ke irian barat demi memperjuangkan kemerdekaan wilayah tersebut.

Keterlibatan herlina yang memiliki kepandaian bahasa inggris melancarkan proses mencapai kemerdekaan irian barat. Ia juga turun langsung ke papua barat dengan mengajar baca tulis, dandan, dan juga menyanyikan lagu indonesia raya.

Kisah lain datang dari seorang pria bernama legimin. Ia adalah orang yang ikut terjun langsung ke operasi komando rakyat meskipun saat itu ia hanya sebagai pengantar pasukan. Ia ikut ke dalam rombongan ketika hari gelap.

Meskipun banyak perjuangan lainnya namun dua tokoh tersebut bisa dijadikan contoh bahwa masyarakat biasa sekalipun bisa untuk andil dalam perjuangan semangat nasionalisme yang tinggi perlu ditumbuhkan dalam jiwa setiap warga indonesia.

Bagaimana cerdikawan? Menarik bukan cerita mengenai trikora ini. Meskipun banyak kisah yang bisa diceritakan namun tentunya apa yang dituliskan di atas sudah lengkap jika dijadikan sumber untuk sejarah.

Jangan sampai lupakan sejarah ya! Karena dengan sejarah kamu bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air lebih tinggi. Ingat, perjuangan pahlawan terdahulu tidaklah mudah, kamu yang hanya menikmati kemerdekaan harus cerdas dalam mengisi kemerdekaan ini.

Baca juga :
1. Kisah Lengkap Perjanjian Linggarjati dan Penyebabnya
2. Mengulik Satu-Satunya Dekrit Presiden di Indonesia