Hai Sobat PinterKelas! Kalau sudah selesai masa sekolah dan kuliah, langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan tidak semudah itu ternyata. Kamu harus melewati berbagai tahap tes. Salah satu bentuk tes yang sering diberikan adalah tes wartegg.

Pernahkah kamu mendengar tentang tes wartegg? Kalau belum tahu, kebetulan kamu sudah membaca artikel ini. Karena bila kamu memahami tes ini, kamu akan mampu mengerjakan tes ini dengan baik dan bisa masuk kerja.

Hampir semua perusahaan menerapkan tes wartegg untuk menjaring para pencari kerja. Karena dengan tes ini, perusahaan akan mendapatkan sumber daya manusia sesuai yang diinginkan.

Pengertian

Sebelum membahas lebih lanjut, pertama-tama mari kita bahas mengenai pengertiannya dulu. Nah, pengertian dari tes wartegg adalah sebuah tes psikologi/psikometri ketika peserta diminta untuk melengkapi sebuah gambar.

Biasanya akan disajikan gambar tertentu yang masih sangat mentah. Kemudian kamu diminta untuk melengkapi gambar itu sesuai dengan imajinasi kamu. Tes ini dibuat untuk mengetahui kepribadian seseorang dari segi imajinasi, dinamisme, emosi, reality function, dan kemampuan seseorang dalam mengontrol sesuatu.

Tes ini diciptakan oleh Krugger dan Sander dari Universitas Leipzig (University of Leipzig). Lalu tes ini dikembangkan oleh Ehrig Wartegg dan Marian Wartegg seperti yang kita lihat sampai sekarang ini.

Tes ini disajikan dalam 8 kotak. Ada gambar-gambar kecil belum tuntas pada gambar itu. Kemudian tiap peserta diminta untuk melengkapi gambar. Gambar belum tuntas itu berisi berbagai bentuk seperti titik, garis, dan gabungan dari keduanya.

Kamu harus menyelesaikan gambar tersebut sesuai dengan imajinasi kamu. Sebab nanti hasil gambarmu akan dianalisis menggunakan ilmu psikologi. Kamu diminta menyelesaikan gambar secara acak. Tidak harus dari baris paling atas menuju bawah.

Namun, pastikan untuk memberi nomor gambar yang kamu selesaikan duluan. Gambar dulu yang menurut kamu paling mudah baru ke paling sulit. Kemudian kamu harus menuliskan gambar paling mudah, paling sulit, dan paling disukai. Waktu untuk menuntaskan tes ini selama 30 menit.

Tes Wartegg dan Penjelasannya

Penasaran dengan bentuk tes ini? Silakan simak gambar di bawah ini.

test wartegg

Gambar tes wartegg terdiri atas 8 kotak. Masing-masing kotak memiliki unsur gambar tertentu. Nah, kamu nanti harus melengkapi gambar ini sesuai dengan kemampuan kamu.

Kamu diperbolehkan mengerjakan sesuai dengan kemauan kamu. Tidak harus dikerjakan secara berurutan. Namun, pastikan untuk memberi nomor yang dikerjakan paling awal hingga akhir.

Penasaran dengan maksud gambar-gambar tersebut? Simak di bawah ini ya!

1. Gambar 1

Gambar pertama paling kiri berupa titik (.) yang terletak di tengah kotak. Makna dari titik ini berkaitan dengan karakter seorang dalam melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungan baru. Perusahaan mencari seorang yang mudah beradaptasi terhadap tempat atau lingkungan baru. Itulah mengapa gambar titik ini diujikan dalam tes ini.

2. Gambar 2

Gambar kedua berupa coretan garis berliku seperti gelombang. Makna dari garis ini menggambarkan pada fleksibilitas perasaan seseorang. Dari gambar ini bisa diperoleh karakter orang yang sangat fleksibel hingga kaku.

Kedua karakter ini tetap dibutuhkan dalam perusahaan tergantung dari jabatan. Perusahaan bebas menentukan sesuai dengan kebutuhan. Dan tidak ada jawaban bagus atas hal ini.

3. Gambar 3

Gambar ketiga berupa garis vertikal lurus dan sejajar dengan pola tinggi menyerupai tangga yang semakin tinggi. Gambar ini menggambarkan mengenai seberapa besar ambisi seseorang dalam meraih hal tertentu.

Beberapa jabatan membutuhkan orang berambisi tinggi. Namun, ada pula perusahaan yang ingin mempekerjakan orang dengan ambisi tidak tinggi.

4. Gambar 4

Gambar keempat berupa persegi panjang yang diblok warna hitam dan terletak di sebelah kanan bagian atas. Gambar keempat ini ditujukan untuk mengetahui pola pikir seseorang dalam memecahkan masalah.

5. Gambar 5

Gambar kelima berada di bagian paling kiri. Terdapat dua garis diagonal mirip huruf T miring tetapi terpisah. Gambar ini digunakan untuk menguji bagaimana seseorang akan bertindak dalam menyelesaikan masalah.

6. Gambar 6

Gambar 6 berupa gars vertikal dan horizontal terpisah. Gambar ini ditujukan untuk mengetahui cara berpikir dan cara seseorang menganalisis sebuah masalah. Kemampuan analitik bisa didapatkan setelah mendapat hasil dari tes ini.

7. Gambar 7

Gambar ketujuh berupa kumpulan titik (.) membentuk garis lengkung. Gambar ini memiliki kaitan seputar kehidupan dan perasaan seseorang. Apakah seseorang memiliki sifat stabil dan dewasa, ataukah masih kekanakan.

8. Gambar 8

Gambar terakhir berupa garis lengkung mirip payung. Fungsi dari gambar ini digunakan untuk menguji sifat seseorang dalam kehidupan sosial. Sebab, sikap seseorang dalam dunia kerja dan sosial cenderung berbeda.

Penilaian tes wartegg akan diserahkan kepada ahli psikologi. Berbagai tes psikologi ditujukan untuk mengetahui karakter asli dari seseorang. Bila karakter seseorang itu sesuai dengan keinginan perusahaan, maka tanpa ragu pasti akan dipekerjakan.

Calon pekerja cerdas dan berprestasi tidak selalu bisa diterima di sebuah pekerjaan. Biasanya asalan mendasar penolakan itu adalah karena ketidakcocokan dari karakter calon pekerja itu.

Jadi kamu tidak perlu merasa risau bila kamu belum diterima bekerja di sebuah pekerja. Bukan berarti kamu tidak layak, melainkan karaktermu kurang cocok dengan perusahaan. Kelak kamu akan menemukan perusahaan yang menerimamu apa adanya.

Tips Mengerjakan Tes Wartegg

Ketika pertama kali mengerjakan tes ini, kamu pasti akan merasa bingung. Hal ini wajar karena semua orang mengalami hal sama. Dan tenang saja, tes ini tdak memerlukan belajar kok. Kamu cukup mempersiapkan mental saja.

Serta simak tips mengerjakan tes wartegg di bawah ini:

  1. Pastikan kertas dalam keadaan bersih
  2. Kerjakan tes dengan menggambar secara acak tetapi tetap dinamis. Pastikan untuk mengerjakan secara terkonsep dan tidak begitu melompat-lompat nomornya. Pilihan pengerjaan yang tersistem mampu menimbulkan kesan diri stabil dan konsisten.
  3. Kerjakan dari yang menurut kamu paling mudah dan tidak perlu banyak berpikir. Kerjakan saja.
  4. Kalau kamu laki-laki, jangan kerjakan nomor 5 dulu karena bisa memberi kesan adanya kelainan seksual.
  5. Untuk kotak no 1,2,7, dan 8 isi dengan gambar bersifat hidup. Sedangkan no 3,4,5, dan 6 berupa benda mati.
  6. Gambarlah dengan mantap dan jangan mudah menghapus. Terlalu sering menghapus gambar menandakan bahwa kamu orang tidak tegas dan tidak terencana. Hindari menggambar terlalu menekan pensil karena menunjukkan kalau kamu orang keras kepala.

Itulah penjelasan seputar tes wartegg. Tes ini murni untuk mengetahui karakter dari seorang pelamar kerja. Bila kepribadian cocok dengan keinginan perusahaan, pastilah akan diterima.

Kalau belum, kamu harus mencari perusahaan lain yang cocok dengan kepribadianmu. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan yang sangat cocok dengan kepribadianmu.

Baca juga :
1. 5 Jenis Soal Psikotes dan Tips Jitu untuk Memecahkannya
2. 7 Contoh Soal Psikotes dan Tips Mudah Mengerjakannya

Author