Pada umumnya pengertian remunerasi adalah upah atau imbalan atau pembayaran gaji kepada seorang karyawan sebagai penghargaan atas hasil kerja serta kontribusi yang rutin bagi organisasi tempat karyawan tersebut bekerja. Secara garis besar, pengertian remunerasi adalah sesuatu yang diterima oleh seorang pekerja dari tempatnya bekerja sebagai bentuk upah atas hasil kerja dan kontribusi lainnya pada tempat ia bekerja yang dilakukan secara rutin.

Nah, Cerdikawan! Simak yuk pembahasan seputar pengertian remunerasi menurut para ahli beserta contoh bentuk penerapannya seperti apa!

Remunerasi Adalah?

Istilah ini berkaitan dengan pekerja atau karyawan dalam dunia kerja. Selain itu remunerasi birokrasi adalah sebuah proses dari sistem penggajian tenaga kerja. Istilah remunerasi ini juga dapat diartikan sebagai hadiah yang berupa uang atau hadiah lainnya yang diberikan kepada pekerja sebagai hadiah, karena telah menyelesaikan tugas-tugas serta kewajiban yang diberikan tempat ia bekerja sebagai seorang pekerja atau karyawan.

Istilah ini dapat ditemui dan sering berkaitan dengan proses penggajian tenaga kerja seperti remunerasi Pegawai Negeri Sipil, Tentara Nasional Indonesia, karyawan dan lain sebagainya. Istilah ini pun tidak dapat dipisahkan dengan gaji, upah dan imbalan. Gaji adalah imbalan yang diberikan kepada pekerja atau karyawan atau pegawai berdasarkan kurun waktu tertentu, misalnya harian, mingguan, bulanan atau bahkan per jasa yang diberikan pekerja tersebut. Sedangkan, upah adalah imbalan yang diterima pekerja atau karyawan atau pegawai sesuai dari hitungan waktu yang tetap, jadi bisa menggunakan istilah seperti tarif per jam, tarif per dokumen dan lain-lain yang memang bisa dihitung secara satuan.

Di samping beberapa pengertian remunerasi yang telah dijelaskan sebelumnya, beberapa ahli telah menjelaskan arti dari istilah ini, antara lain adalah:

Rosenberg (1983)

Remunerasi menurut Rosenberg upah dan segala bentuk lain dari manfaat finansial yang diberikan oleh suatu organisasi yang ditujukan kepada karyawan untuk pekerjaan atau pencapaian tertentunya.

Mochammad Surya (2004)

Remunerasi menurut Mochammad Surya sesuatu yang diterima seorang karyawan sebagai hadiah atas kontribusi yang telah diberikan kepada organisasi tempatnya bekerja.

Komarrudin (1983)

Pengertian istilah ini menurut Komarrudin adalah bentuk pemberian prestasi dalam rangka membalas jasa atau hasiah khususnya untuk jasa yang sudah dipergunakan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Remunerasi adalah pemberian imbalan / hadiah / hadiah kepada seseorang untuk layanan dan kontribusinya bagi organisasi.

Contoh Remunerasi Karyawan

Untuk dapat membedakan antara gaji dengan remunerasi dapat dilihat dari contoh remunerasi. Salah satu contohnya dapat dilihat berdasarkan prosedur pembayaran yang dilakukan tempat kerja yang menyusun sistem gaji bagi para pekerja atau karyawannya.

Terdapat setidaknya 3 hal yang harus dipertimbangkan oleh tempat kerja dalam memberikan jumlah remunerasi kepada karyawannya, antara lain adalah:

1. Pembayaran Karyawan Berdasarkan Hasil Kinerja

Beberapa posisi pekerjaan meminta pekerjanya untuk mengerjakan pekerjaan yang memiliki perhatian, perlakuan dan kemampuan khusus. Bagi para karyawan dengan tanggung jawab khusus tersebut, akan sangat lazim untuk mendapatkan bayaran yang lebih besar. Pembayaran dengan jumlah yang besar ini merupakan bentuk penghargaan yang layak untuk mencakup besarnya tanggung jawab atau tingginya risiko kerja kepada karyawan.

remunerasi
currency foto oleh Annie Spratt

2. Bonus Bagi Karyawan Pilihan yang Berprestasi

Pemberian bonus kepada karyawan yang berprestasi lazim dilakukan oleh banyak perusahaan. Saat karyawan dianggap telah banyak berkontribusi dan menunjukkan kinerja di luar dari tanggung jawab dalam memajukan perusahaannya, sering kali perusahaan memberikan penghargaan berupa uang tambahan atau bonus saat mencapai keberhasilan. Dengan adanya uang tambahan atau bonus ini akan menumbuhkan nilai moral, dedikasi, saling menghargai dan loyalitas pada para karyawan.

3. Kenaikan Gaji

Selain memberikan bonus atau uang tambahan, memberikan kenaikan gaji bagi karyawan telah banyak berkontribusi dan menunjukkan hasil kerja di luar dari tanggung jawab dalam memajukan perusahaannya, merupaka salah satu cara untuk mempertahankan hasil kerja yang bagus dan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

Sebab tak dapat dipungkiri bahwa kenaikan gaji bagi karyawan dapat berdampak pada motivasi kerja para karyawan. Nominal bayaran kerja pun dapat menjadi salah satu tolak ukur kualitas dari kemampuan yang dimiliki oleh pekerja pada perusahaan.

Apa Pentingnya Remunerasi?

Setelah membahas banyak mengenai pengertian remunerasi, dapat disimpulkan bahwa sistem ini sangat penting bagi perkembangan perusahaan. Remunerasi karyawan adalah langkah yang penting untuk dipertimbangkan bagi para pelaku bisnis kepada para pekerjanya. Alasannya adalah karena dengan ditiadakannya sistem ini di dalam sebuah perusahaan, dapat mengakibatkan penurunan kualitas kinerja atau bahkan menurunnya kuantitas tenaga kerja yang kompeten pada perusahaan tersebut.

Author