Halo Cerdikawan! Kali ini kita akan belajar tentang konsep paling dasar dari fisika maupun matematika. Yakni membahas mengenai jarak, kecepatan, dan waktu atau bisa disingkat dengan JKW. Pertama, kita pelajari rumus jarak terlebih dahulu. Setelah kita tahu rumus jarak, maka akan lebih mudah untuk mengetahui rumus kecepatan dan waktu. Intinya, rumus jarak adalah kunci untuk membuka semuanya.

rumus jarak

Membahas materi sederhana ini tidak butuh waktu lama. Jadi nanti kita akan lebih banyak membahas mengenai contoh soalnya. Tidak sulit untuk membahas materi ini. Kamu tidak perlu merasa khawatir sama sekali.

Kamu pasti merasa tertantang dong dengan materi semudah ini. Jadi mari kita bahas bersama-sama. Check it out!

Pengertian Jarak

Sebelum membahas rumusnya, terlebih dahulu kita bahas pengertian dari jarak. Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh sebuah benda tanpa mempertimbangkan arahnya. Jarak ini termasuk besaran scalar karena tidak memperhatikan arah dan hanya memiliki nilai saja.

Bila berbicara mengenai jarak, pastilah berkaitan dengan kecepatan dan waktu. Mari kita membahas pengertian kedua variabel ini pula. Kecepatan adalah besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat sebuah benda bisa berpindah dari satu titik ke titik lain.

Besaran vektor ini sering disebut dengan kelajuan dan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s). Jangan sampai keliru dalam mendefinisikan besaran ini ya! Sementara waktu adalah lama sebuah benda berpindah dari satu titik ke titik lain.

Ketiga komponen ini berkaitan satu sama lain. Jadi kamu harus memahami ketiganya dan tidak boleh sampai keliru. Dan untuk mengetahui rumus ketiganya pun sangat mudah. Dengan memahami salah satu rumus saja kamu sudah mampu menguasai tiga rumus sekaligus. Mudah sekali bukan?

Rumus Jarak, Kecepatan, dan Waktu

Kita akan bahas ketiga rumus itu sekaligus. Tapi pertama, mari dimulai dengan rumus jarak terlebih dahulu.

rumus jarak

1. Rumus Jarak

Untuk mengetahui nilai sebuah jarak, kamu bisa menggunakan rumus seperti di bawah ini:

S = v x t

Keterangan:

  • S = jarak (km)
  • t = waktu tempuh (jam)
  • v = kecepatan (km/jam)

Untuk satuan cgs, kamu bisa menuliskan jarak dengan satuan meter, kecepatan dengan satuan meter per sekon (m/s), dan waktu dengan satuan sekon. Mudah sekali bukan? Kamu bisa menyesuaikan dengan informasi yang tersedia.

2. Rumus Kecepatan

Untuk memprediksi kapan tiba di sebuah tempat atau berapa jarak yang hendak ditempuh, kamu bisa lakukan dengan menggunakan informasi kecepatan. Nah, untuk mencari kecepatan kamu bisa gunakan rumus di bawah ini:

V = S / t

Keterangan:

  • v = kecepatan (km/jam atau m/sekon)
  • S = jarak (km atau m)
  • t = waktu tempuh (jam atau sekon)

Sangat mudah sekali. Untuk mencari kecepatan, kamu cukup dengan membagi jarak dengan waktu. Sangat sederhana dan mudah diterapkan.

3. Rumus Waktu

Untuk mengetahui waktu tempuh, kamu bisa gunakan rumus di bawah ini:

t = S / v

Keterangan:

  • t = waktu tempuh (jam atau sekon)
  • S = jarak (km atau m)
  • v = kecepatan (km/jam atau m/s)

Pastikan untuk memahami ketiga rumus itu. Rumus itu sangatlah sederhana, jadi kamu pasti akan segera menguasainya dalam waktu singkat. Pun rumus ini akan sangat berguna ketika kamu hendak bepergian ke luar kota.

Kamu bisa mencari jaraknya di Google Maps. Tetapkan lokasi tujuan terlebih dahulu. Nanti ada kisaran waktu yang bisa ditempuh di laman Google. Kamu boleh memodifikasi sesuai selera kamu.

Bila kamu ingin pergi dengan kecepatan tertentu, kamu bisa memperkirakan waktu tempuh dengan rumus di atas. Atau bila kamu ingin sampai dengan waktu tertentu, kamu bisa mencari kecepatan yang harus kamu capai menggunakan rumus di atas pula. Sangat bermanfaat kan?

Contoh Soal Rumus Jarak

Berbicara saja sih mudah, tetapi bagaimana cara menerapkan rumus ini di dalam soal? Apakah semudah seperti yang dikatakan?

Tenang, tidak sulit kok untuk mengoperasikan rumus ini. Daripada bingung, coba simak contoh soalnya di bawah ini:

  1. Arman mengendarai mobil dari rumah ke kantor yang jaraknya 25 km dalam waktu 2 jam perjalanan. Berapa kecepatan yang ditempuh Arman selama perjalanan?

    Jawab:
    S = 25 km
    t = 2 jam

    v = S/t
    v = 25 km/2 jam
    v = 12,5 km/jam
    Jadi Arman menempuh kecepatan sebesar 12,5 km/jam.
  2. Irma menaiki sebuah mobil dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Ia berangkat dari Bandung pukul 04.00 dan sampai di Jakarta pukul 07.00. Berapa jarak yang telah ditempuh oleh Irma?

    Jawab:
    v = 60 km/jam
    t = jam 07.00 – jam 04.00
    t = 3 jam

    S = v. t
    S = 60 km/jam x 3 jam
    S = 180 km
    Jadi jarak yang telah ditempuh oleh Irma sejauh 180 km.
  3. Jarak dari Bogor ke Jakarta adalah 60 km. Risa berangkat ke Bogor mengendarai sepeda motor dengan kecepatan 40 km/jam. Berapa waktu tempuh Risa dan pukul berapa ia sampai di Jakarta?

    Jawab:
    S = 60 km
    v = 40 km/jam

    t = S/v
    t = 60/40
    t = 1,5 jam

    Bila berangkat pukul 07.30, maka 1,5 jam kemudian berarti pukul 09.00. Berarti Risa sampai di Jakarta pada pukul 09.00.
  4. Bapak pergi ke rumah paman mengendarai mobil. Bapak berangkat pukul 12.30 dan sampai di tujuan pukul 13.00. Mobil bapak berjalan dengan kecepatan 48 km/jam. Berapa jarak yang telah ditempuh Bapak untuk sampai di rumah paman?

    Jawab:
    t = dari pukul 12.30 sampai pukul 13.00
    t = 30 menit = 0,5 jam
    v = 48 km/jam

    S = v x t
    S = 48 x 0,5
    S = 24 km.
    Jadi jarak yang telah ditempuh Bapak untuk sampai di rumah paman adalah sejauh 24 km.
  5. Mobil-mobilan Arya menempuh jarak 50 meter dalam waktu 25 detik. Berapa kecepatan yang ditempuh oleh mobil Arya?

    Jawab:
    S = 50 meter
    t = 25 detik

    v = S/t
    v = 50/25
    v = 2 m/s
    Jadi, kecepatan mobil mainan Arya adalah 2 m/s.
  6. Rino mengayuh sepeda dengan kecepatan 5 m/s. Berapa waktu tempuh untuk mencapai jarak 120 meter?

    Jawab:
    S = 120 m
    v = 5 m/s

    t = S/v
    t = 120/5
    t = 24 sekon
    Jadi, waktu yang dibutuhkan oleh Rino adalah selama 24 sekon.

Itulah materi singkat mengenai jarak. Tadi pun kita sekaligus membahas mengenai rumus jarak dan perpindahan, rumus kecepatan fisika, dan rumus kecepatan rata-rata. Cara untuk mencarinya sangatlah mudah, kamu bisa segera menguasai.

Semoga materi sederhana ini bermanfaat untuk kamu ya!

Baca juga :
1. Belajar Rumus Perpindahan dan Mengerjakan Contoh Soalnya!
2. Inilah Rumus Cepat Rambat Gelombang

Author