Hai Cerdikawan, masih bersama dengan PinterKelas. Kali ini kita akan belajar materi sosial, yakni mengenai pengertian perubahan sosial. Setiap orang mengalami perubahan, entah itu fisik maupun perilaku. Nah, perubahan sosial pun terjadi karena kedua perubahan itu. Apa pengertian perubahan sosial? Mari kita simak pengertian perubahan sosial dari artikel ini. Yuk!

pixabay.com

Selalu ada perubahan di dalam kehidupan. Entah itu ditemukan pada diri sendiri, orang lain, keluarga, maupun teman sebaya. Tiap orang memiliki fase perubahan tersendiri. Yang mungkin tidak bisa ditolak bahkan oleh dirinya sendiri.

Dari setiap perubahan itu ada dampak. Atau mungkin ada suatu penyebab yang mengakibatkan adanya perubahan sosial. Dan pada kesempatan ini, mari kita simak materi tersebut hingga tuntas. Go ready!

Pengertian Perubahan Sosial

Perubahan sosial itu ada. Kamu bisa melihat sendiri bila memang kamu peka terhadap keadaan. Dulu, sebelum era digital, orang lebih bersosial. Tiap sore orang-orang berkumpul di pinggir jalan sembari mengobrol santai selepas kerja.

Kini kejadian seperti itu langka. Bisa dibilang mulai tidak ditemukan di lingkungan kompleks di perkotaan. Tiap orang sibuk dengan urusan masing-masing. Sebab mereka telah memiliki dunia sendiri di dalam layar gawai. Ini sebuah perubahan yang amat signifikan bukan?

Lantas apa pengertian dari perubahan sosial? Perubahan sosial (social change) adalah sebuah perubahan yang terjadi di dalam masyarakat berhubungan dengan sikap sosial, pola pikir, norma, nilai-nilai, dan berbagai pola perilaku tertentu. Nah, perubahan ini bisa dianggap amat kompleks.

Perubahan bisa muncul dari faktor internal maupun eksternal. Dari internal, misalnya karena peningkatan pendapatan. Maka ia akan berbeda dan mengalami perubahan. Kalau dari eksternal misalnya dengan ada modernisasi. Mau tidak mau masyarakat harus mengikuti dan mengalami perubahan signifikan.

Yang jelas, perubahan pada tiap masyarakat tentulah berbeda. Ini tergantung dari kondisi masyarakat itu sendiri. Yang bisa dipengaruhi oleh sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Tetapi yang jelas, tiap masyarakat pasti mengalami yang namanya perubahan sosial.

Pengertian Perubahan Sosial menurut Para Ahli

Pendapat para ahli mengenai pengertian perubahan sosial antara lain:

  1. Selo Soemardjan
    Perubahan sosial adalah semua jenis perubahan yang terjadi di berbagai lembaga masyarakat dalam sebuah masyarakat yang meliputi nilai sosial, pola perilaku, dan sikap antara kelompok masyarakat.
  2. Emile Durkheim
    Fenomena perubahan sosial terjadi akibat faktor ekologis dan demografis yang jelas akan mempengaruhi kehidupan masyarakat dari tradisional dengan solidaritas mekanistik menuju modern yang solidaritas organistik.
  3. William F. Ogburn
    Social change adalah perubahan mencakup unsur kebudayaan baik itu material maupun immaterial yang menciptakan pengaruh besar dari unsur kebudayaan terhadap unsur immaterial.
  4. Mac Iver
    Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi di dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.
  5. John Lewis Gillin dan John Philip Gillin
    Menurut Gillin dan Gillin, perubahan sosial adalah variasi cara hidup yang diterima sebagai akibat dari perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk, ideologi, kebudayaan material, maupun difusi atau penemuan baru di dalam masyarakat.

Ciri-Ciri Perubahan Sosial

pengertian perubahan sosial
pixabay.com

Apakah sebuah perubahan selalu termasuk ke dalam perubahan sosial? Oh belum tentu. Mungkin perubahan itu hanya berkutat pada diri sendiri dan sama sekali tidak membuat kondisi sosial terpengaruh.

Nah, itulah mengapa kamu harus tahu ciri-ciri dari perubahan sosial. Penasaran? Simak di bawah ini:

1. Terjadi di Banyak Tempat

Sebuah fenomena bisa dikatakan sebagai perubahan sosial bila telah terjadi di berbagai tempat. Baik masyarakat desa maupun kota akan sama-sama merasakan dampaknya. Kendati masyarakat desa akan mengalami perubahan yang relatif lambat, tetapi paling tidak tetap akan merasakan dampaknya.

2. Dilakukan dengan Sengaja

Bukan dianggap perubahan sosial bila perubahan terjadi secara tanpa sengaja. Yang dianggap perubahan sosial adalah bila perubahan itu ada karena kesengajaan. Atau dilakukan dengan tujuan tertentu. Termasuk pada era digitalisasi ini.

Semua hal yang semula ribet dibuat lebih sederhana. Kemudian semua lapis masyarakat mengikuti karena menganggap hal itu lebih efektif. Kemudian sistem kehidupan berubah akibat perubahan itu.

3. Ada Hubungan Kausalitas

Selalu ada hubungan timbal-balik dari sebuah perubahan masyarakat. Pasti ada hubungan sebab akibat. Mengapa perlu membuat jalan raya? Sebab akses transportasi ingin dibuat lebih cepat. Dan apa dampak dari pembuatan jalan raya?

Banyak lahan dialihfungsi, sehingga kegiatan bercocok tanam pun berkurang. Jumlah produksi pangan ikut berkurang. Tetapi di satu sisi transportasi lebih lancar. Begitulah!

4. Sifatnya Imitatif

Sekarang ini, mencari sebuah hal yang sifatnya original amatlah sulit. Pasti selalu ada unsur imitatif tetapi disertai dengan ciri khas. Nah, perubahan sosial pun demikian. Pasti ada pengaruh dari produk/perubahan sebelumnya untuk memformulasikan yang baru.

5. Proses Berkelanjutan

Proses perubahan sosial berjalan terus-menerus. Selama manusia hidup, perubahan akan terus terjadi. Persoalannya terletak pada cepat lambatnya saja. Ini karena manusia memiliki kemampuan berpikir untuk menciptakan segala kreativitas terbaru. Dan hasil kreasi ini memicu social change.

Bentuk Perubahan Sosial

pengertian perubahan sosial
pixabay.com

Ada beberapa bentuk dari perubahan sosial, yakni:

1. Perubahan Struktural

Yakni perubahan mendasar yang terjadi di dalam masyarakat sehingga mampu mempengaruhi kehidupan masyarakat seutuhnya. Contoh dari perubahan ini adalah perubahan sistem pemerintahan dari monarki menjadi republik. Otomatis kehidupan masyarakat akan berubah total.

2. Perubahan Cepat dan Lambat

Sebuah perubahan bisa berlangsung dalam waktu cepat dan lambat. Perubahan cepat disebut revolusi, sedangkan lambat disebut evolusi. Perubahan cepat contohnya pada revolusi industri. Setelah ditemukan mesin uap, dimulailah era industri. Semua menjadi serba cepat.

Sedangkan evolusi terjadi pada pendidikan di Indonesia. Dari zaman dulu hingga sekarang belum terjadi perubahan signifikan. Semoga setelah ini segera ditemukan perubahan yang positif.

3. Perubahan Besar dan Kecil

Perubahan besar pastilah memiliki dampak besar. Seperti pada era industri tadi, ketika era ini dimulai, pertanian mulai ditinggalkan. Perubahan kecil terjadi pada gaya berpakaian yang kini sudah mulai merambah ke modernisasi barat.

4. Perubahan Dikehendaki dan Tidak Dikehendaki

Sebuah perubahan bisa terjadi karena dikehendaki maupun tidak dikehendaki. Perubahan yang diinginkan pastilah dibuat range rencana. Pasti dipikirkan berbagai strategi untuk mencapai tahap itu. Ini terjadi pada penemuan robot yang memang sejak dulu diidam-idamkan.

Perubahan tanpa dikehendaki tiba-tiba terjadi begitu saja. Meskipun begitu tetap berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat.

Itulah materi perubahan sosial yang dipaparkan dalam sebuah artikel padat, singkat, dan jelas. Dari materi ini kita bisa memahami bahwa perubahan itu mutlak terjadi. Kita tidak bisa menolak perubahan ini.

Daripada menolak dan menghindari, alangkah lebih baik ikut serta. Tetapi pastikan untuk memilah dan memilih tiap perubahan yang terjadi. Sebab perubahan tidak selalu berdampak baik. Dan hanya manusia yang mampu mengontrol hal itu.

Baca juga :
1. Penjelasan Bentuk Bentuk Interaksi Sosial
2. Teori dan Contoh Perubahan Sosial

Author