Halo Cerdikawan! Kali ini kita akan belajar materi bahasa Inggris. Kita akan bahas contoh passive voice. Apakah kamu sudah familiar bentuk ini? Bentuk pasif memang sering digunakan pada konteks kalimat tertentu. Suatu saat kamu akan menggunakan bentuk ini, maka penting untuk belajar contoh passive voice. Bila kamu ingin belajar lebih lanjut, contoh passive voice versi Pinter Kelas bisa kamu jadikan rujukan.

contoh passive voice
pixabay.com

Kalimat ada dua bentuk, yakni aktif dan pasif. Bentuk aktif sering diterapkan di dalam membuat berbagai karangan. Tetapi, pada tiap kesempatan, bentuk pasif pun tetap dibutuhkan untuk memperkaya karangan.

Maka mari kita bahas materi ini dengan tuntas. Yuk simak!

Pengertian Passive Voice

Sudahkah kamu mengerti pengertian dari materi ini? Kalau belum, mari kita bahas disini. Passive voice adalah bentuk kalimat di dalam Bahasa Inggris yang mana subjek kalimat menerima aksi, bukan melakukan aksi. Hal ini berkebalikan dengan bentuk aktif.

Pada kalimat aktif, subjek melakukan aksi terhadap objek. Sementara di bentuk pasif, subjek akan mendapatkan aksi. Untuk membuat bentuk pasif, bisa dilakukan dengan mengubahnya dari kalimat aktif.

Ada rumus yang bisa digunakan untuk mengubah kalimat aktif menjadi bentuk pasif. Kalimat aktif mengandung transitive verbs atau kata kerja yang membutuhkan objek langsung seperti make, bring, write, dan lain-lain. Sedangkan kalimat pasif lebih sering mengandung intansitive verbs atau kata kerja yang tidak butuh objek langsung seperti swim, cry, arrive, dan lain-lain.

Rumus Passive Voice

Di dalam Bahasa Indonesia, kalimat pasif ditandai dengan awalan di-. Di dalam bahasa inggris pun tidak terlalu berbeda. Untuk membuat bentuk pasif, kita bisa gunakan rumus-rumus berikut ini:

Subject + to be (am/is/are) + past participle (pp)

Untuk lebih lengkap bisa lihat tabel di bawah ini:

TenseRumus Passive VoiceContoh Passive Voice
Simple PresentAm/is/are + ppIs created
Present ContinuousAm/is/are being + ppIs being created
Simple PastWas/were + ppWas created
Past ContinuousWas/were being + ppWas being created
Present PerfectHas/have been + ppHas been created
Past PerfectHad been + ppHad been created
Simple FutureWill be + ppWill be created
Future ContinuousAm/is/are going to be + ppIs going to be created
Future PerfectWill have been + ppWill have been created

Penggunaan kalimat pasif pada perfect continuous tense jarang dilakukan karena akan menghasilkan struktur kalimat rumit dan sulit dipahami. Oleh karena itu, sebaiknya tidak kamu gunakan karena memang sulit dimengerti.

Fungsi Passive Voice

Bentuk ini pasti dibuat dengan tujuan. Bila tidak ada fungsi tertentu, pasti orang tidak mau menerapkan bentuk kalimat ini. Lantas apa saja fungsi dari penggunaan kalimat bentuk pasif ini?

1. Menunjukkan ketertarikan pada objek yang dikenai tindakan

Fokus kalimat tertarik pada objek, karena memang objek dianggap lebih menarik. Artinya subjek tidak begitu menarik perhatian dari si pembuat kalimat.

Contohnya:
The building was built in 1900.” Kalimat ini bermakna bahwa kita lebih tertarik kepada bangunan, bukan siapa orang yang telah membangun bangunan itu.

2. Menyampaikan sesuatu yang belum jelas siapa subjeknya

Bila kamu sedang mengalami sebuah hal, tetapi kamu belum mengetahui siapa pelaku atas kejadian itu, maka kamu bisa gunakan bentuk ini untuk mengutarakan.

Contohnya:
My cake has been stolen.” Kalimat ini menceritakan bahwa kue dari penulis dicuri tetapi entah siapa yang telah mencurinya.

3. Membuat kalimat teks berbentuk formal

Kalimat formal cenderung berbeda dengan kalimat biasa. Kalimat seperti ini lebih tepat bila menggunakan bentuk pasif. Coba lihat contohnya di bawah ini.

Contohnya:
Waste materials are disposed of in a variety of ways.” Kata formal akan lebih mantap bila dibuat dalam bentuk pasif, bukan dibuat dalam bentuk aktif.

4. Untuk menyatakan pelaku

Bila tadi sudah dijelaskan bahwa bentuk ini bisa digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang belum diketahui pelakunya, maka bentuk kalimat ini bisa digunakan untuk menjelaskan hal yang sudah jelas pelakunya. Tanda dari kalimat ini adalah penggunaan ‘by’.

Dengan menggunakan kata ‘by’ maka pelaku akan menjadi daya tarik. Bila kamu ingin membuat kalimat lebih baik, bentuk ini bisa diubah menjadi aktif. Dan memang sangat mudah untuk mengubahnya menjadi bentuk aktif. Simak contohnya berikut ini.

Contohnya:
The horror movie was acted by Tara Basro.” Ini adalah kalimat dalam bentuk pasif, sedangkan bila ingin dibuat aktif akan menjadi “Tara Basro acted the horror movie.”

Contoh Passive Voice dengan Tenses

Kita bisa membuat bentuk ini dalam bentuk. Dua unsur penting yang tidak boleh ketinggalan adalah to be dan past participle. Mari kita simak bentuk pasif dengan berbagai macam tenses.

  1. Contoh Passive Voice Simple Present
    The house is cleaned everyday.
  2. Contoh Passive Voice Simple Past Tense
    The house was cleaned two weeks ago.
  3. Contoh Passive Voice Present Perfect
    The house has been cleaned since mom came.
  4. Contoh Passive Voice Present Continuous
    The house is being cleaned at the moment.
  5. Contoh Passive Voice Past Perfect
    The house had been cleaned before they married.
  6. Contoh Passive Voice Future Tense
    The house will be cleaned next week

Contoh Passive Voice dengan Infinitive

Kalimat pasif dengan infinitive diterapkan setelah modal kata kerja dan kata kerja lainnya yang diikuti oleh infinitive.

Contohnya:
Raina wants to be followed everywhere.

Contoh Passive Voice dengan Gerund

Gerund diterapkan setelah preposisi atau kata depan serta kata kerja yang biasanya diikuti oleh gerund.

Contohnya:
Most artists hate being interrupted in their private life.

Contoh Passive Voice dengan to be born

To be born adalah bentuk pasif yang biasa digunakan dalam bentuk past tense. Tetapi, dalam beberapa kasus juga diterapkan dalam bentuk present maupun future tense.

Contohnya:
My brother was born in 1998.

Itulah materi seputar passive voice. Memahami materi ini akan menambah kemampuan kita dalam menulis. Tentu akan terasa bosan bila semua tulisan dibuat dengan format sama. Tidak terlalu banyak variasi.

Nah, menerapkan bentuk pasif adalah sebagai sebuah solusi. Kamu akan mendapat keterampilan baru dalam menulis sehingga tulisanmu akan terlihat hidup. Maka belajar materi passive voice amat penting untuk dipelajari.

Materi ini sangat sederhana bukan? Jadi baca materi ini berulang kali supaya lebih mengerti. Bila sudah paham, coba tulis kalimat pasif dan kumpulkan lalu cocokkan dengan materinya.

Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat ya! Jangan lupa belajar materi-materi pelajaran lain di Pinter Kelas!

Baca juga :
1. Pengertian dan Contoh Pengunaan Simple Present Tense
2. Rumus dan Contoh Penerapan Simple Future Tense

Author