Cerdikawan, kamu pasti sudah tahu bahwa saat ini teknologi informasi sangat berkembang cepat. Bahkan, menurut berbagai media zaman sekarang adalah era teknologi ini.

Teknologi ini dituding mempunyai banyak pengaruh negatif pada generasi muda. Namun, di pendidikan tinggi jurusan yang dimaksud sangat diminati.

Hmm.. Apa dan bagaimana sebenarnya teknologi informasi ini? Pinter Kelas akan membahasnya secara tuntas dari mulai pengertian menurut para ahli, manfaat, komponen, dan contohnya.

Pengerian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Tidak lengkap rasanya jika Pinter Kelas membahas sesuatu tidak dari akarnya. Pemahaman yang diperoleh dapat menjadi parsial atau gagal sama sekali.

Untuk materi kali ini, akan lebih baik jika diungkapkan pula pengertiannya menurut para ahli.

1. Mc Keown

Menurut Mc Keown, pengertian teknologi yang berkaitan dengan informasi adalah segala bentuk teknologi yang dapat digunakan untuk menciptakan, mengubah, menyimpan, dan menggunakan informasi. Cakupannya adalah teknologi dengan segala bentuk.

2. Haag dan Keen

Haag dan Keen mengemukakan bahwa teknologi yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai information technology, adalah seperangkat atau satu set alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi. Selain itu disebutkan pula bahwa alat yang dimaksud dapat juga melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

3. Lucas

Lucas mendefinisikannya dengan lebih terbatas, yaitu segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi. Informasi tersebut haruslah dalam bentuk elektronik.

Jika informasi yang dikirimkan atau diterapkan bukan elektronik, tidak disebut sebagai teknologi di bidang informasi.

4. William dan Sawyer

Wiliiam dan Sawyer juga mendefinisikan teknologi yang sedang dibahas ini dengan sangat terbatas, semua yang berhubungan dengan komputer saja.

Menurut kedua ilmuan tersebut, definisnya adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi lain. Jalur komunikasi tersebut mempunyai kecepatan tinggi membawa data, suara, dan video. Akhirnya suatu informasi dapat diterima oleh orang lain yang berada ribuan kilometer hanya dalam beberapa detik saja.

5. Oxford English Dictionary

Menurut para ahli penyusun Kamus Oxford English juga berhubungan dengan komputer. Mereka menyebutnya sebagai komponen hardware dan software.

Jadi, pengertiannya adalah perangkat hardware dan software yang segala sesuatu yang bisa masuk dalam jaringan kedua komponen. Komunikasi yang terjadi melalui cara ini biasanya berupa bisnis atau usaha.

6. Kenneth C. Loudon

Menurut Kenneth teknologi ini adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer atau pengelola bisnis untuk dapat mengatasi perubahan yang terjadi. Perubahan informasi yang sudah diproses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya dalam komputer agar lebih aman dari kerusakan atau hilang.

7. Wikipedia

Jika di atas kamu sudah mengetahui pengertiannya menurut kamus Oxford, yuk dilihat menurut Wikipedia. Laman berbagai informasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Pengertiannya adalah sebuah istilah umum untuk teknologi dan semua yang dapat membantu manusia dalam membuat, mengomunikasikan, mengubah, menyimpan, dan menyebarkan informasi.

Fungsi Teknologi Informasi

Secara umum, ada 6 fungsi teknologi informasi bagi manusia. Keenamnya berkaitan dengan alat yang digunakan oleh teknologi ini, yaitu sistem elektronik.

Enam fungsi tersebut, yaitu:

1. Menangkap (Capture)

Teknologi dapat menangkap atau digunakan untuk mengompilasi catatan-catatan secara terperinci dari berbagai aktivitas.

Contoh kegiatan yang dilakukan menggunakan komputer, misalnya menerima input data dari keyboard, scanner, dan mic.

2. Mengolah (Processing)

Teknologi dapat mengolah dan memproses data yang masuk atau diterima dan mengubahnya menjadi informasi baru.

Pengolahan data dapat dilakukan dalam berbagai bentuk konversi, analisis, perhitungan, dan penggabungan berbagai bentuk informasi dan data.

3. Menghasilkan (Generating)

Teknologi dapat menghasilkan atau mengorganisir atau mengatur informasi menjadi bentuk yang berbeda dan bermanfaat.

Misalnya hasil pengolahan data diubah bentuknya menjadi grafik, tabel, perhitungan, dan perhitungan lain.

4. Menyimpan (Storage)

Teknologi dapat merekam informasi dalam betuk data atau lainnya ke dalam suatu media sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain atau dimunculkan kembali.

Contohnya, penyimpanan ke dalam flashdisk, CD, hardisk, dan Google Drive.

5. Mencari Kembali

Teknologi dapat mencari dan menelusuri kembali informasi dan data yang sebelumnya sudah disimpan.

Misalnya, Anda ingin mengetahui data konsumen dua tahun sebelumnya.

6. Transmsi (Transmission)

Teknologi sebagai transmisi atau penghubung, yaitu dapat mengirimkan data dan informasi dari stau lokasi ke lokasi lainnya dengan memanfaatkan jarinya yang ada dengan waktu cepat.

Tujuan

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia umumnya menggunakan teknologi ini atau yang disebut denga TI untuk tiga tujuan utama. Tujuan tersebut, yaitu:

  • Membantu memecahkan masalah, seperti yang sudah disebutkan di atas untuk mengolah data, menyimpan, dan menghubungkan satu dengan lainnya lebih mudah.
  • Mendukung dan membuka kreativitas, teknologi dapat digunakan untuk memudahkan berbagai desain dan membantu manusia membuat sesuatu dengan petunjuk dari orang lain yang berjauhan.
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan pekerjaan yang juga terlihat dari manfaat yang dihasilkan, yaitu menyimpan, mengolah, dan mentransfer data secara lebih cepat. Bahkan, melalui jaringan internet dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Peranan Teknologi Informasi

Di atas telah disebutkan bahwa teknologi ini mempunyai fungsi yang diwujudkan dalam berbagai bidang. Hal tersebut menjadikan peranannya menjadi sangat penting.

Di bawah ini beberapa manfaat teknologi di bidang informasi yang juga sering disebut teknologi komunikasi di berbagai bidang.

1. Bidang Pendidikan

Di bidang pendidikan ada pelajaran khusus yang disebut sebagai Teknologi Informasi dan Komputer. Bidang ini mengajak siswa seperti kamu untuk lebih kreatif. Misalnya, membuat desain, menampilkan data, dan kreativitas lainnya.

Sementara di bidang pelajaran lain ini, teknologi dapat memudahkan mencari info-info penting.

2. Bidang Industri dan Manufaktur

Di bidang ini, teknologi dapat membantu membuat rancangan desain produk dan mengontrol atau mengendalikan mesin produksi agar berjalan baik. Di sini, teknologi juga dapat berguna pada bidang marketing produk.

3. Bisnis dan Perbankan

Pada bidang perbankan peranannya lebih dirasakan karena teknologi dapat membantu transaksi lebih mudah. Selain itu, teknologi dapat menyimpan berkas lebih aman.

4. Militer

Tidak banyak yang mengetahui peranan teknologi dalam bidang militer.

Padahal, manfatnya tidak kalah banyak. Dengan teknologi, militer lebih mudah mengatur navigasi kapal selam, mengendalikan pesawat tanpa kemudi dan pesawat luar angkasa.

5. Kedokteran

Dunia kedokteran termasuk bidang yang semakin maju dengan adanya teknologi di bidang informasi dan sistemnya. Peranan paling minimal yang dapat dilakukan adalah mengambil gambar organ tubuh secara utuh langsung dihubungkan dengan komputer dan deteksi masalah yang terjadi.

6. Bidang Pemerintahan

Meski belum dimanfaatkan benar, teknologi informasi di bidang pemerintahan seharusnya dapat mempermudah mengambil informasi atau data dari masyarakat. Dengan demikian, pemerintah dapat mengolahnya dan mengetahui apa kebutuhan masyarakat sehingga hubungan menjadi lebih baik.

7. Bidang Entertaiment

Di bidang ini, komputer digunakan untuk membuat animasi film, desain grafis, membantu mengedit video, dan lain-lain agar lebih menarik.

8. Bidang Kriminal

Di Indonesia teknologi informasi termasuk belum banyak digunakan di bidang penyelidikan kriminal. Namun, teknologi ini dapat mengumpulkan data dari seluruh warga negara, termasuk sidik jari. Akibatnya, jika ada pelanggaran dengan mudah ditemukan pelakunya.

Yang paling terbaru, di jalan-jalan kota besar kini ditempatkan kamera lalu lintas.

So, Cerdikawan itulah pembahasan menarik Pinter Kelas kali ini tentang teknologi informasi. Dapatkan kamu menyebutkan manfaat dan peranan di bidang lainnya?

Author