Cerdikawan, dalam proses seleksi pemilihan calon karyawan atau seleksi kerja, terdapat banyak tahap dan banyak tes yang harus dilewati calon pelamar kerja. Misalnya tahap pertama adalah proses registrasi yang berkaitan dengan dokumen-dokumen yang calon pekerja miliki seperti surat lamaran kerja, Curriculum Vitae, dan masih banyak lagi. Tes psikotes, tes kesehatan, wawancara dan tes-tes lainnya adalah tahapan selanjutnya yang wajib dilewati oleh pelamar. Tes psikotes dianggap menjadi salah satu tahapan yang tidak mudah untuk dilalui. Alasannya karena pelamar yang menjadi peserta psikotes, sering kali tidak dilengkapi dengan bekal pengetahuan yang matang mengenai segala prosedur proses seleksi tersebut. Tes psikotes gambar adalah salah satu jenis tes yang diujikan dalam psikotes. PinterKelas pada kesempatan kali ini akan berbagi sedikit rangkuman mengenai tes psikotes gambar. Dalam pembahasan kali ini akan memaparkan rangkuman dari berbagai sumber mengenai contoh-contoh soal tes psikotes gambar. Bagaimana contoh tes psikotes gambar? Langsung saja simak pembahasannya!

Contoh 1: Tes Wartegg

Tes Wartegg adalah salah satu jenis dari tes psikotes gambar yang sering diujikan. Wartegg adalah sebuah yang pertama kali ditemukan oleh seorang psikolog asal Jerman yang bernama Ehrig Wartegg. Sehingga, nama tes ini diberi nama dengan nama penemunya.

Dalam soal tes wartegg, pelamar akan dihadapkan dengan 8 kotak yang dilengkapi pola berbeda-beda pada masing-masing kotaknya. Bentuk polanya pun bermacam-macam. Instruksi dalam soal tes wartegg ini adalah menggambarkan lanjutan dari pola-pola yang terdapat pada soal. Gambarlah pola-pola tersebut sesuai dengan imajinasi dan kreativitas. Kemudian peserta akan diminta memberi angka sesuai urutan saat menggambar. Angka-angka tersebut diurutkan berdasarkan dari yang paling awal dipilih untuk digambar hingga yang paling akhir.

Tes Wartegg

Contoh 2: Tes Menggambar Manusia (Draw a Person atau Goodenough-Harris)

Pada Draw a Person, tes ini adalah salah satu cara untuk mengetahui refleksi peserta terhadap dirinya sendiri yang merujuk pada sisi profesionalitasnya. Pada soal Goodenough ini, peserta akan diminta oleh penguji untuk menggambarkan manusia dengan figur yang lengkap dan wajib diberikan deskripsi usia, jenis kelamin, dan hal apa yang sedang dilakukan manusia dalam gambar yang peserta gambar pada lembar kertas ujian.

Meskipun tes ini memberi perintah untuk menggambar secara lengkap, hal utama yang paling dinilai dari soal tes ini bukan terletak pada keahlian menggambar perserta. Melainkan komponen-komponen yang peserta sisipkan dalam gambarnya. Pada setiap komponen yang disisipkan pada gambar, memiliki makna yang tersirat.

tes psikotes gambar
Tes Menggambar Manusia

Contoh 3: Tes Logika Deret Gambar (Penalaran)

Tes logika deret gambar adalah soal tes yang memiliki konsep serupa dengan tes logika artimatika. Namun, hal yang membedakan keduanya adalah dalam soal tes logika deret gambar, penggunaan gambar menggunakan gambar 3 dan 2 dimensi.

Tes ini membutuhkan ketelitian yang tinggi dan fokus yang tajam dalam pengerjaannya. Alasannya adalah karena gambar-gambar yang ada pada soal tersebut dibuat dengan konsep gambar yang hampir mirip atau serupa satu dengan lainnya, yang dapat menjebak peserta psikotes.

tes psikotes gambar
Tes Logika Deret Gambar

Contoh 4: Tes Gambar Pohon (Baum)

Hampir sama dengan tes Goodenough, pada tes gambar pohon ini, pihak penguji akan memberi perintah kepada para peserta untuk menggambar sebuah pohon pada selembar kertas yang diberikan oleh penguji. Tes ini merupakan sebuah tes dengan instruksi menggambar sebuah pohon berkambium. Perseta dapat menggambar mulai dari bagian akar, badan pohon, cabang, batang, ranting dan daun. Maka dalam tes ini, kelengkapan bagian-bagian pohon dalam gambar milik peserta adalah poin utama yang penting!

Peraturan yang harus ditaati adalah jenis gambar pohon yang harus digambar. Pohon yang digambar harus berjenis dikotil atau pohon yang berkambium. Hindari menggambar pohon yang monokotil atau tidak berkambium seperti pohon kelapa, bambu dan pisang.

test psikotes gambar
tes menggambar pohon

Sumber Referensi:

Fransiska Ardela. Ini Dia Contoh Soal Psikotes Gambar dan Tips Menghadapinya. Finansialku.com. https://www.finansialku.com/psikotes-gambar/

Sumber Gambar:

Tes Wartegg – http://bit.ly/2kWbzwF

Tes Logika Deret Gambar – http://bit.ly/2n3CVSn

Tes Menggambar Manusia (Draw a Person / Goodenough–Harris) – http://bit.ly/2kWBJQ1

Tes Menggambar Pohon (Baum) – http://bit.ly/2kUBXac

Author