freepik

Mempelajari Excel bisa sangat menyenangkan, jika kamu memahami rumusnya. Salah satunya yakni VLOOKUP, rumus yang digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal.

Bentuk penulisan fungsinya yakni dengan =VLOOKUP (lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom).

VLOOKUP adalah bagian dari sebuah fungsi LOOKUP, HLOOKUP, INDEX, dan MATCH. Di mana VLOOKUP mempunyai fungsi untuk mencari sebuah nilai dari sekumpulan data atau tabel (lookup_array) yang nantinya jika nilainya sudah ditemukan maka akan menampilkan nilai yang ada pada kolom lainnya.

Nah, dari tabel tersebut muncul data didasarkan pada urutan sebuah kolom (Vertikal) yang dibutuhkan (col_index_num) .

VLOOKUP pada rumus excel mempunyai empat argumen yaitu:

1. NilaiYangDiCari : Sebuah nilai yang akan kita cari pada kolom pertama dalam suatu tabel atau kolom paling kanan dari TabelReferensi. Argument satu ini bisa berupa angka, teks, tanggal dan juga nilai tertentu baik ditulis secara langsung atau sebuah referensi sel. Dapat juga berupa nilai yang akan dihasilkan oleh rumus excel lainnya.

2. TabelReferensi : Tabel referensi data yang terdiri dari sebuah 2 kolom atau bisa lebih, dimana NilaiYangDicari berada didalam kolom pertama pada tabel data ini.

3. NomorKolom : Suatu nomor kolom dari argumen TabelReferensi yang mengandung nilai data dan ingin kita ambil nilai yang sebaris menggunakan posisi NilaiYangDicari dalam kolom pertama.

4. RangeLookup : Diisi menggunakan nilai Boolean TRUE atau FALSE. Nilai logika True/false ini bersifat mencari. Nilai logika dalam rumus Vlookup dipakai sebagai acuan untuk menetapkan apakah kita ingin VLOOKUP menemukan hasil yang sama persis atau juga hanya menemukan nilai yang mendekati.

  • TRUE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari dalam TabelReferensi pencarian yang sama atau hanya       mendekati. Jika pada Nilai yang sama tidak dapat ditemukan maka nilai terbesar selanjutnya yang kurang         dari NilaiYangDiCari untuk dihasilkan.
  • FALSE: Vlookup akan menemukan NilaiYangDiCari dalam TabelReferensi pencarian yang hanya sama. Jika     tidak dapat ditemukan maka Vlookup akan menghasilkan pesan terakhir yaitu error #NA!
Cara Penulisan Rumus Vlookup

Penulisan Syntax  =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Keterangan :

  • VLOOKUP = Fungsi / Rumus Vlookup untuk mengambil data secara vertical (vertical lookup).
  • lookup_value = adalah nilai yang akan dicocokan dengan nilai yg ada pada table_array.
  • table_array = adalah tabel sumber yang akan diambil datanya.
  • col_index_num= adalah nomor kolom yg ada pada table_array
  • range_lookup = Metode pencarian dalam table sumber yang bernilai TRUE “1” atau FALSE “0”
Rumus vlookup
Penggunaan Rumus vlookup excel

Penggunaan Rumus Vlookup

Pada tabel diatas kita diminta untuk mengisi kolom gaji dan bonus dengan dengan mengambil data pada table array/tabel sumber menggunakan Rumus Vlookup. Dari tabel diatas kita dapat analisa terlebih dahulu sebelum menuliskan formula untuk kolom gaji dan bonus.

Perhatikan gambar dibawah ini, sebemenggunakan Vlookup yang paling utama adalah kita harus menguasai cara pembacaan datanya.

col_Index_num vlookup excel
Cara Pembacaan column_Index_number

  • Lookup_value harus berada paling kiri pada tabel array dan pada kasus ini adalah kolom golongan yang nilainya akan dicocokan.
  • Column_index_number  dcara membacanya dimulai dari kolom paling kiri ke kanan. dari gambar diatas dapat kita pahami bahwa Kolom Golongan adalah Column_index_number  yang ke 1, Kolom Gaji adalah Column_index_number yang ke 2, dan kolom Bonus adalah Column_index_number yang ke 3.
  • Range lookup adalah metode pencarian data, nilainya TRUE atau FALSE. jika kita gunakan FALSE artinya jika data pada tabel array tidak ditemukan atau tidak ada yang cocok maka akan ditampilkan errorr N/A (exact match), jika kita gunakan TRUE maka ketika data tidak ditemukan maka akan ditampilkan nilai terdekatnya (approximate match).
Penyelesaian Rumus VLOOKUP:
  1. Letakan pointer pada cell “J24
  2. Tuliskan Formula =VLOOKUP(
  3. Masukan Lookup value adalah “I24” karena kolom golongan sebagai acuan/nilai yang akan dicocokan dengan kolom golongan pada tabel array.
  4. Blok tabel array C24:E26, agar referensinya tidak berubah saat autofill kita dapat kunci atau absolutkan menggunakan shortcut F4, Refensinya menjadi $C$24:$E$26jika anda belum tahu paham dengan pemahaman cell absolut dapat anda pelajari penguncian cell pada materi sebelumnya.
  5. Karena kita akan mengisi kolom gaji maka column_index_Number adalah kolom yang ke 2, tuliskan angka 2.
  6. Gunakan Range_lookup dengan type FALSE atau 0.
  7. Secara lengkap formulanya adalah =VLOOKUP(I24,$C$24:$E$26,2,FALSE)
  8. Tekan Enter untuk menjalankan formula. gunakan autofill atau copy paste Formula untuk cell dibawahnya.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

Untuk mengisi kolom Bonus langkahnya sama yang membedakan hanya nilai colom_index_Numbernya saja yaitu yang ke 3. secara lengkap Formulanya adalah :  =VLOOKUP(I24,$C$24:$E$26,3,FALSE)

Berbagai Kesalahan dalam Penggunaan VLOOKUP

Bagi kamu yang menggunakan Vlookup pada ms. Excel, tentu tidak menyadari bahwa masih ada beberapa kesalahan dalam penggunaannya.  Mungkin kamu salah mengetik symbol, atau ada kesalahan lainya.

Oleh sebab itu, coba kamu hindari kesalahan dengan menyimak penjelasan ini.

1. Pada range tabel, banyak yang tidak dibuat absolut atau mutlak dan tidak menggunakan simbol $. Dengan demikian, data akan bergerak ketika dicopy. Seperti misalnya A1:E20 seharusnya dituliskan $A$1:$E$20.

2. Kemudian pada format nilai yang digunakan untuk melookup tidak sama. Seperti misalnya, pada salah satu nilai yang telah memiliki format number sedangkan di tabel yang digunakan adalah format text.

Dengan menggunakan fungsi vlookup yang efektif ini, maka akan mendapatkan kemudahan ketika akan mencari data serta mengambil data dari sebuah tabel yang referensinya berdasarkan nilai tertentu.

Gimana? Coba yuk praktekkan dengan Excelmu!

Author